Meningitis TB, Benarkah Vaksinnya Haram?

0
124
meningitis tb

Meningitis TB – Beberapa hari yang lalu terdengar kabar bahwa salah satu penyanyi kawakan Indonesia meninggal dunia. Penyanyi bernama Glenn Fredly meninggal karena menderita penyakit Meningitis TB. Sebenarnya Glenn sudah mengidap penyakit ini sudah sejak lama, tetapi ia harus menjalani rawat inap selama seminggu ini.

meningitis tb

Tentang Penyakit Meningitis TB

Meningitis TB (Tuberculosis) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang ditularkan melalui saluran pernapasan atau cairan air liur. Penyakit meningitis menyebabkan radang pada selaput otak dan selaput sumsum tulang belakang.

Penyakit meningitis TB termasuk penyakit yang ganas. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian bagi penderita. Kalaupun sembuh, si penderita akan mengalami cacat organ tubuh, seperti tuli, buta, sampai kerusakan fatal pada otak.

Gejala-gejala penyakit meningitis adalah kepala terasa nyeri, kulit kemerah-merahan, tubuh kejang-kejang, dan leher terasa kaku. Sobat Cahaya Islam harus mengenali gejala-gejala lebih awal supaya dapat mengambil tidakan pencegahan. Meningitis adalah penyakit yang sangat mematikan dan harus dicegah dari awal.

meningitis tb

Penggunaan Vaksin Meningitis Saat Ibadah Haji

Penyakit meningitis sering dikaitkan dengan ibadah haji. Ibadah haji ditunaikan oleh banyak muslim dari berbagai negara. Peserta haji yang datang dari berbagai wilyah itulah yang berpotensi membawa virus penyebab meningitis. Oleh karena itu peserta haji wajib diberi vaksin meningitis. Tujuannya untuk mencegah agar virus meningitis tidak menyerang para jamaah haji.

Namun ada kontroversi terkait penggunaan vaksin meningitis. Ada yang menyatakan bahwa vaksin tersebut terbuat dari babi sehingga haram digunakan, ada juga yang mengatakan bahwa penggunaan vaksin meningitis diperbolehkan.

meningitis tb

Vaksin Meningitis Halal atau Haram?

Vaksin digunakan sebagai bentuk perlindungan kesehatan para jamaah haji. Hal tersebut sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Indonesia Nomor 62 Tahun 2016, tentang penyelenggaraan haji. Masalah muncul saat vaksin meningitis yang digunakan adalah vaksin yang diproduksi Belgia.

Vaksin dari Belgia dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti enzim dari pankreas babi dan gliserol dari lemak babi. Bahan-bahan tersebut dianggap haram dalam pandangan hukum Islam. Babi memang haram dikonsumsi oleh muslim. Telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an Surah Al Maidah ayat 3

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.” (QS. Surah Al Maidah ayat 3)

Pendapat pro dan kontra mengenai penggunaan vaksin meningitis terus menggaung di Indonesia sampai sekarang. Bahkan ada calon jamaah haji yang tidak mau divaksin karena berpendapat vaksin tersebut haram dimasukkan tubuh. Meskipun demikian, pemerintah Indonesia tetap mewajibkan jamaah yang akan berangkat haji harus divaksin meningitis lebih dulu.

Masih banyak pihak yang berpandangnan bahwa penggunaan vaksin meningitis TB dalam Islam hukumnya mubah atau diperbolehkan, karena mendesak. Pernyataan ini mengacu pada firman allah di Al-Quran di Surah Al Baqarah ayat 173.

“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dari ayat di atas dapat disimpulkan bahwa vaksin meningitis TB boleh digunakan oleh kaum muslimin yang akan beribadah haji. Ayat pada surah Al-Baqarah tersebut juga dapat diartikan bahwa Allah selalu memberikan jalan keluar bagi hamba-hamba-Nya yang selalu mengingat-Nya. Selama belum ditemukan vaksin meningitis yang bukan dari babi, Sobat Cahaya Islam boleh menghukumi bahwa penggunaan vaksin meningitis adalah mubah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY