BCA Salah Transfer 51 Juta, Ini Yang Harus Dilakukan Seorang Muslim!

0
67
BCA Salah Transfer 1

BCA salah transfer – Seorang pria bernama Ardi Pratama ditahan karena telah menggunakan uang yang merupakan salah transfer dari bank BCA. Pihak BCA melakukan setoran kliring sebesar 51 juta yang akhirnya justru masuk ke rekening Ardi. Pria ini yang mengira bahwa uang tersebut adalah komisi dari penjualan mobil kemudian menggunakan uang tersebut untuk keperluan dan membayar hutang. Pihak BCA meminta pengembalian utuh namun ia hanya mampu membayar dengan cara mencicil.

BCA Salah Transfer 1

Salah transfer dari bank BCA yang kemudian justru digunakan oleh penerima dana tersebut membuat kasus ini berlanjut ke jalur hukum. Ini karena Ardi tidak mampu membayarkan uang yang telah digunakan secara cash. Dalam islam, menggunakan uang yang bukan menjadi haknya tentu saja perbuatan yang tidak dibenarkan. Apalagi jika kita menerima uang yang belum jelas asal-usulnya. Lalu bagaimana pandangan islam mengenai hal ini?

BCA Salah Transfer, Begini Yang Seharusnya Dilakukan Seorang Muslim Jika Terima Dana Tidak Jelas

BCA Salah Transfer 2

BCA salah transfer ke rekening seorang pria bernama Ardi Pratama kini berujung ke jeruji besi. Ini karena ia menggunakan uang yang tidak seharusnya. Dalam islam pun kita diajarkan untuk tidak menggunakan uang yang bukan miliknya dan apalagi uang yang tidak jelas. Ini karena islam selalu menegaskan perihal halal dan haram dalam hukumnya. Sementara dalam kasus salah transfer ini, kuasa hukum Ardi mengatakan soal kesalahpahaman.

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Ini merupakan salah satu ayat yang memerintahkan kaum muslimin untuk memakan apa yang halal dan baik untuknya. Itu artinya, sangat penting memperhatikan rezeki yang kita dapatkan apakah halal atau tidak. Lalu apa yang harus dilakukan seorang muslim jika menerima uang yang tidak jelas?

Memastikan Uang Halal

BCA Salah Transfer 3

Jika seorang muslim menerima uang yang tidak jelas, seperti halnya adanya salah transfer. Tentu saja sangat penting untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu. Ini untuk mengetahui apakah uang tersebut benar menjadi haknya dan halal atau tidak. Jangan sampai kita bahkan tidak tahu asal usul uang yang kita dapatkan. Karena ini kaitannya dengan pertanggung jawaban di akhirat nanti tentu saja ya sobat CahayaIslam.

Tidak Menggunakan Yang Bukan Haknya

Saat kita menerima uang yang tidak jelas atau sekiranya bukan haknya, maka yang perlu dilakukan adalah hindari menggunakannya. Dari kasus salah transfer yang berujung di jalur hukum, ini menjadi pelajaran untuk kita agar lebih berhati-hati. Jangan asal menggunakan uang yang bahkan kita sendiri tidak tahu apakah ini hak kita atau bukan. Maka dari itu sobat CahayaIslam, saat kita menerima uang yang tidak diketahui dari mana sebaiknya dipastikan kembali.

BCA salah transfer – yang berlanjut ke jalur hukum bisa menjadi pelajaran bagi kita ya sobat CahayaIslam, agar tidak menggunakan uang yang bukan haknya. Apalagi jika kita tidak mengetahui asal dari uang yang kita terima.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al Baqarah Ayat 168

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY