Interaksi Ria Ricis – Beberapa hari silam, sebagian portal media mengabarkan tentang fakta interaksi Ria Ricis dengan beberapa teman dekatnya termasuk Harris Vriza, salah satu pemain di channel TV. Sontak saja, perjalanan cintanya menjadi sorotan para fans, sebab ia memang pernah media beritakan sedang dekat dengan seseorang.

Sobat Cahaya Islam, interaksi Ria Ricis yang pernah dekat dengan beberapa aktor maupun selebgram mungkin saja dialami oleh artis lainnya. Hal ini tentu butuh pengkajian detail dalam Islam khususnya dalam hal hukum kebolehan berinteraksi dengan lawan jenis tanpa adanya alasan syar’i. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Bagaimana Hukum Interaksi Ria Ricis dengan Lawan Jenis dalam Islam?

interaksi ria ricis

Sobat cahaya Islam, perlu umat ketahui bahwa hukum antara laki – laki dan perempuan adalah terpisah. Memang terdapat kebolehan, namun hanya ada di beberapa aspek saja seperti aspek ta’awun (tolong menolong).

Dalam aspek tolong – menolong, umat boleh untuk meminta tolong kepada lawan jenis misalnya ketika seorang muslimah meminta tolong temannya untuk membenarkan listrik yang korslet. Kemudian, aspek transportasi, pendidikan, jasa dan aspek lain yang tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Namun hari ini, tampaknya hukum interaksi tersebut tidak banyak umat hiraukan. Alih – alih tidak berinteraksi, malah umat mencoba mengkompromikan agar hukum tersebut tak perlu umat lakukan. Misal, kenal dekat dengan lawan jenis namun tak menginginkan adanya status pacaran, sebab pacaran dilarang dalam Islam. Padahal, sejatinya yang Islam permasalahkan adalah esensi dari pacaran yang dapat menjadikan umat melanggar batasan interaksi antar lawan jenis dalam Islam.

Tips Hindari Cinta Tanpa Ikatan

interaksi ria ricis

Sobat Cahaya Islam, cinta adalah suatu fitrah yang memang Allah SWT berikan untuk manusia. Tanpa cinta, takkan mungkin eksistensi keluarga dapat bertahan, para sahabat rela membela Rasulullah SAW bahkan dengan nyawa sekalipun. Ini adalah bukti ketika cinta berada pada tempat yang semestinya.

Tentu, peletakan cinta ini haruslah sesuai dengan bagaimana akal umat itu sendiri serta keimanan dalam diri. Hanya saja, di zaman sekarang sudah banyak fakta umat terpuruk karena salah menempatkan cinta karena tak ada ikatan di dalamnya. Bagaimana menghindarinya, simak di bawah ini ya!

1.    Perbanyak Aktivitas Produktif

Salah satu hal yang dapat menjadikan umat terhindar dari kondisi mencintai tanpa ikatan yakni dengan sering mengisi dengan aktivitas yang produktif. Dengan adanyya kecnaggihan teknologi, umat dapat memilih apapun aktivitas yang inign mereka lakukan. Hanya saja, sebagai umat muslim yang baik tetap jaga dan kondisikan aktivitasnya bermanfaat bagi islam.

Misal, dengan menulis beberapa artikel islami. Bisa juga dengan mengerjakan pekerjaan maupun bercengkrama dengan keluarga inti. Tentu. Beragam aktivitas tersebut tak akan menjadikan umat berfikir tentang kisah cintanya yang tak kunjung mendapat jawaban.

2.    Pelajari Tsaqofah Islam

Salah satu aktivitas keren lainnya yakni dengan menjadwalkan diri untui mengikuti beragam kelas pembejalaran Islam, misalnya kursus Bahasa Arab maupun ilmu tentang Alquran. Sungguh menyenangkan bukan?

Daripada hati sibuk bermain dengan cinta – cintaan tanpa kepastian, lebih baik fokus untuk mempelajari berbagai khazanah Islam yang sangat luas. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan artikel terkait interaksi Ria Ricis menurut sudut pandang Islam. Semoga ia segera Allah SWT pertemukan dengan jodoh yang shalih dan memiliki keluarga pencetak peradaban gemilang. Aamin yarobbal ‘alamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY