Asmaul Husna Artinya Penuh dengan Kemuliaan Allah, Ini Makna serta Manfaat Membacanya!

0
36

Asmaul Husna artinya – Dalam Asmaul Husna terdapat 99 nama-nama yang baik bagi Allah sang penguasa langit dan bumi. Asmaul Husna artinya gambaran sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah dan tertulis di dalam kitab suci Al-Quran.

Nama-nama Allah ini berjumlah 99, melalui ini Allah menggambarkan bagaimana sifatnya agar bisa diteladani oleh umat muslim. Dan bagi kita seorang muslim, mengamalkan Asmaul Husna akan memberikan banyak manfaat serta menjadi bagian dari keimanan kepada Allah SWT.

Sebagai seorang muslim, ada 6 keimanan yang wajib kita yakini dengan hati, dilafadzkan melalui lisan serta di amalkan dengan perbuatan. Salah satu diantara 6 keimanan tersebut adalah iman kepada Allah SWT.

Sobat Cahaya Islam, tahukah Anda bagaimana cara kita untuk menunjukkan keimanan kepada Allah SWT? Selain beribadah dan bertaqwa kepada Allah, salah satu wujud mengamalkan iman kepada Allah adalah dengan mengetahui, menghafalkan, memahami serta mengamalkan 99 nama-nama Allah ini.

Asmaul Husna Adalah Nama-Nama Baik Allah, Ini Manfaat Ketika Mengamalkannya!

Sebenarnya ada banyak nama-nama mulia lagi indah milik Allah SWT, tetapi yang Allah sebutkan dalam Al-Quran hanyalah 99 buah nama dan dikenal dengan Asmaul Husna, firman Allah dalam Surah Thaha ayat 8,

“Tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dialah Allah yang memiliki Asmaul Husna atau nama-nama yang terbaik.”

Dengan memaknai Asmaul Husna artinya ini, diharapkan seorang muslim semakin paham mengenai kekuasaan Allah serta meningkatkan keimanan dalam dirinya masing-masing. Adapun fadilah atau manfaat dari mengamalkan Asmaul Husna ini sebagai berikut:

  1. Membuka Pintu-Pintu Rizki

Sudah menjadi ketetapan dari Allah bahwasanya setiap manusia yang ada di muka bumi ini terlahir dengan rezekinya masing-masing. Namun, bukan berarti rezeki ini akan datang begitu saja tanpa adanya usaha dari setiap manusia untuk mendapatkannya.

Tak hanya berusaha menggunakan tenaga, salah satu cara menjemput rezeki lainnya adalah dengan berdoa dan berikhtiar kepada Allah yang maha pemberi. Salah satu bentuk ikhtiar yang bisa dilakukan setiap muslim adalah dengan mengamalkan Asmaul Husna ini.

Sobat Cahaya Islam, jika Anda menginginkan kemudahan dalam rezeki, Rasulullah SAW menganjurkan untuk menjaga/mengamalkan Asmaul Husna ini dan Insyaa Allah pintu rezeki akan terbuka bagi kita.

  1. Mencerdaskan Otak

Keutamaan lainnya dari menjaga Asma Allah ini adalah mencerdaskan otak kita. Dengan menghafalkan serta mengamalkan Asmaul Husna, kecerdasan antara otak kiri dan otak kanan akan menjadi seimbang.

  1. Membatasi Hawa Nafsu

Sebagai makhluk ciptaan Allah, manusia dibekali dengan hawa nafsu. Hawa nafsu ini akan menjadi musuh dan membawa kita kepada segala bentuk keburukan serta kemaksiatan. Salah satu cara yang bisa dilalukan untuk mengendalikan hawa nafsu adalah dengan melantunkan nama-nama Allah, terutama Al Mumit dan Al Muhsi.

  1. Mendapatkan Ampunan dari Allah

Sungguh, tak ada satupun manusia yang akan luput dari kesalahan serta dosa. Salah satu cara melunturkan dosa yang bisa dilakukan selain berdzikir, adalah melantunkan nama-nama Allah. Sebaiknya kita membaca Asmaul Husna dengan rutin, berikhtiar agar Allah mengampuni segala dosa dan kesalahan yang ada pada diri kita masing-masing, sesungguhnya Allah adalah Al Affuwu yakni yang maha pengampun.

Sobat Cahaya Islam demikianlah, selagi kita diberikan kesempatan untuk hidup di bumi Allah, marilah bersama-sama meningkatkan keimanan dan beramal sholeh dengan harap memohon maaf serta ampunan dari Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!