Arti Al-Falaq Serta Manfaat Bagi Muslim Ketika Mengamalkannya

0
37

Arti Al- Falaq– Al Falaq merupakan salah satu nama dari surat yang terdapat dalam Al-Quran, surat Al-Falaq. Surah Al-Falaq merupakan surat ke-113 dalam Al-Quran, dan dalam urutan turunnya ia adalah surat yang ke- 20. Arti Al-Falaq adalah “yang terbelah” di ambil dari ayat pertama dari surat ini.

Surat Al-Falaq terdri dari lima ayat yang kemudian disebut pula dengan surat Qul a’udzu birabbil falaq. Dan setelahnya ada surat An-Nas yang menjadi surat penutup dalam Al-Quran. Kedunya apabila disandingkan kerap disebut dengan Al Muqasyqisyatain, yakni dua surat yang membebaskan manusia dari kemunafikan.

Asbabun Nuzul Surat Al-Falaq

Asbabun Nuzul, atau sebab musabab dari turunnya surat Al Falaq ini adalah ketika kafir Quraisy Mekkah sedang berupaya untuk melukai Rasulullah SAW menggunakan ‘ain. Penyakit ‘ain ini merupakan salah satu jenis penyakit pandangan mata, tetapi bukan kebutaan.

Penyakit ini memang benar adanya. Penyakit ‘ain ini muncul dari sifat hasad atau dengki yang dimiliki oleh seseorang. Inilah salah satu alasan mengapa Allah meminta umat mulsim agar terhindar dari penyakit hasad (iri hati).

Seorang kafir Quraisy Lubaid bin A’sham menciptakan sihir kepada Rasulullah melalui sebatang pelepah kurma, berisikan beberapa helai rambutnya yang rontok serta beberapa gigi sisir, serta benang yang telah diikat dalam 11 ikatan dan ditusuk dengan jarum.

Sebab inilah Allah kemudian menurunkan surat Al-Falaq beserta surat An-Nas kepada Rasulullah yang kemudian dijadikan sebagai penangkal penyakit ‘ain yang dikirimkan oleh kafir Quraisy tersebut.

Bacaan serta Terjemahan Surat Al-Falaq

قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ () مِنْ شَرَّ مَا خَلَقَ () وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبْ () وَمِنْ شَرِّ آلنَّفَّثَتِ فِى الْعُقَدِ () وَ مِنْ شَرِّ حَا سِدٍ إِذَا حَسَدَ ()

Artinya: “Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai Subuh; dari kejahatan makhluk-Nya; dan dari kegelapan malam apabila telah gelap gulita; dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul; dan dari kejahatan pendengki apabila ia dengki.”

Arti Al-Falaq ini adalah arahan dari Allah SWT kepada Rasul serta umatnya untuk senantiasa memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan dan tipu daya sihir. Dialah Rabb yang menguasai subuh dan menguasai semua makhluk, sungguh tiada satupun yang mustahil baginya apabila ia telah berkata kun fayakun!

Arti Al-Falaq Serta Keutamaannya yang Tak Boleh di Abaikan

Sobat Cahaya Islam, ada beberapa keutamaan yang bisa kita dapatkan dari membaca surat dan arti Al-Falaq ini. Adapun keuatamaan tersebut adalah:

  • Penangkal Kejahatan Sihir

Sebab musabab yang melatar belakangi turunnya surat ini adalah saat seorang kafir Quraisy mengirimkan sihir kepada Rasulullah SAW. Bersamaan dengan surat An-Nas, Al Falaq memang Allah turunkan sebagai obat penangkis dari sihir yang dikirimkan manusia bersama kedengkian yang ia punya.

  • Penyembuh Serta Obat Agar Terhindar dari Kedengkian

Bukan hanya sebagai penangkal sihir, apabila dibaca surat ini juga bisa bertindak sebagai obat dan menjaga diri dari penyakit hasad (kedengkian). Pada saat Rasulullah SAW sakit, beliau akan membacakan surat ini kepada dirinya sendiri dengan mengharap keberkahan serta kesembuhan atas penyakitnya melalui firman Allah yang agung itu.

  • Dzikir Pagi dan Petang

Surat Al Falaq menjadi bagian dari dzikir pagi dan petang. Rasulullah menganjurkan para sahabat untuk membaca arti Al-Falaq dalam dzikir pagi dan petang sebanyak tiga kali, sesungguhnya dengan membaca surat ini telah mencukupkan kita dari segala sesuatu.

Sobat Cahaya Islam, sebagai seorang manusia yang hidup di bumi Allah, kita tak akan pernah tahu kejahatan apa yang telah mengintai kita. Marilah senantiasa berdoa memohon perlindungan kepada Allah dari segala bentuk kejahatan sihir dan tipu daya. Sungguh hanya Allah sebaik-baiknya penolong bagi manusia.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!