Film Killer Toon Berbicara tentang Pembunuhan, Ketahui Macam-Macam Pembunuhan dalam Islam

0
181

Film Killer Toon – Film bergenre horor garapan perfilman Korea Selatan ini disutradarai oleh Kim Yong-gyun dengan dibintangi aktor Lee Si-young  dan Um Ki-joon.

Film yang mulai tayang di  Trans7 mulai Minggu, 1 November 2020 yakni film Killer Toon bercerita tentang horor yakni pembunuhan dengan ditemukannya editor Ji Yoon komikus webtoon terkenal  bernama Seo Mi Sook yang tewas di kantornya setelah menerima draft terakhir dari Ji Yoon.

Membahas terkait pembunuhan tidak dibenarkan secara hukum di Indonesia melihat Indonesia sendiri sebagai negara hukum yang menjunjung tinggi harkat martabat manusia. Tetapi, media massa tidak pernah sepi dengan berita-berita pembunuhan.

Itu menunjukkan masih banyak orang yang menyalahi hukum yang memiliki kewajiban untuk saling melindungi sebagai masyarakat sosial. Padahal, mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam yang mengajarkan nilai-nilai muamalah serta ibadah.

Sobat Cahaya Islam, pembunuhan dalam Islam dapat dikategorikan menjadi beberapa macam pembunuhan, yang setiap macamnya memiliki hukuman yang berbeda-beda bagi pelakunya. Mari kita telusuri bersama macam-macam pembunuhan dalam Islam.

Film Killer Toon tentang Pembunuhan, 5 Macam Pembunuhan dalam Islam

Pembunuhan dengan maksud tidak untuk membela agama dan negara, maupun untuk menetapkan hukum, jelas pembunuhan tidak diperbolehkan secara agama. Adapun pembunuhan terbagi menjadi tiga macam pembunuhan menurut agama Islam.

  1. Pembunuhan Sengaja

Orang yang sengaja menghilangkan nyawa orang lain dengan cara membunuh dilarang. Seperti kasus pembunuhan berencana yang telah dibahas tak-tik pembunuhan jauh-jauh hari. Pembunuhan semacam ini dilarang oleh agama, sebagaimana dalam Al-Qur’an surah  An-Nisa ayat 93.

وَمَنْ يَقْتُلْ مُؤْمِنًا مُتَعَمِّدًا فَجَزَاؤُهُ جَهَنَّمُ خَالِدًا فِيهَا وَغَضِبَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهُ وَأَعَدَّ لَهُ عَذَابًا عَظِيمًا

Dan barang siapa membunuh seorang Mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah jahanam. Ia kekal di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.[An-Nisa`/4:93]

Tampak dalam ayat di atas balasan yang diperoleh bagi yang melakukan pembunuhan sengaja yakni neraka jahanam. Sedangkan hukuman di dunia bisa berupa qishas (nyawa dibalas nyawa).

Akan tetapi bila pihak keluarga memaafkan maka bisa diganti dengan membayar diyat mughaladhah.

  1. Pembunuhan Semi Sengaja

Pembunuhan semi sengaja adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan maksud tidak berniat membunuh korban, dengan artian tidak menggunakan alat-alat tajam untuk membunuh.

Alat yang digunakan di pembunuhan ini seperti benda ringan seperti lidi, kerikil tapi malah membuat hilangnya nyawa seseorang. Pelaku pembunuhan ini dikenai hukuman membayar diyat kepada pihak keluarga.

  1. Pembunuhan Tidak Disengaja

Pada pembunuhan ini tergolong pembunuhan paling ringan sebab dilakukan tanpa kesengajaan pelaku. Misalnya, disebabkan karena peluru yang salah sasaran, atau kejatuhan durian yang sedang dipanen, dan lainnya.

Hukuman yang dikenakan bagi pelaku dengan membayar diyat ringan sekitar seratus ekor unta dan membayar kafarat. Kafarat dapat berupa memerdekakan budak muslim, jika tidak mampu diganti dengan berpuasa dua bulan berturut-turut.

Macam-macam pembunuhan dengan hukuman yang ditetapkan sesuai ajaran Islam ini, biasanya diterapkan di negara-negara yang menerapkan hukum Islam di negaranya.

Negara tersebut di antaranya Arab Saudi, di Indonesia tepatnya Daerah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) juga menerapkan hukum Islam yang berlaku di daerah itu dengan bukti berlakunya hukum cambuk bagi yang berzina.

Tiga macam pembunuhan di atas semoga bisa memberikan pengetahuan bagi umat Islam. Semoga lewat melihat film Killer Toon bisa diambil hikmahnya, dan tidak terjadi pembunuhan layaknya di film itu. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY