Syarat Wajib Puasa yang Perlu Diketahui Setiap Muslim

0
77

Syarat Wajib Puasa – Menjalankan puasa ramadan merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Dengan berpuasa maka seseorang akan semakin mampu mengendalikan diri, bertaqwa kepada Allah, mendapatkan ampunan Allah serta rahmat-Nya. Momen puasa menjadi momen yang begitu istimewa karena pada saat berpuasa seseorang benar-benar melatih diri agar nantinya bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Setiap muslim yang sudah memenuhi syarat wajib puasa maka akan mendapatkan dosa apabila tidak melakukannya. Meninggalkan puasa wajib dengan sengaja termasuk perbuatan dosa yang cukup besar sehingga nantinya dapat mengundang murka Allah.

Berpuasa memiliki banyak sekali manfaat bagi siapa saja yang menjalankannya. Memang ketika sedang menjalankan puasa maka kita akan merasa lemas karena menahan lapar dan haus selama seharian.

Namun dibalik itu semua ada banyak sekali manfaat baik itu bagi kesehatan jasmani maupun rohani. Selain itu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan emosional kita serta semakin mendekatkan diri kita kepada Allah sang Maha Penyayang.

Syarat Wajib Puasa

Bagi siapa saja yang mengaku beriman kepada Allah sebaiknya jangan sampai meninggalkan puasa tanpa ada uzur. Berikut ini adalah beberapa syarat wajib puasa yang harus diketahui oleh setiap muslim:

1. Beragama Islam

Hal pertama yang menjadi syarat wajib puasa adalah seseorang beragama Islam. Syarat ini sudah sangat jelas dan tidak perlu banyak dijelaskan lagi. Orang yang beragama Islam harus menjalankan puasa apalagi yang memenuhi semua syarat wajib yang ada.

2. Baligh

Syarat yang selanjutnya adalah sudah baligh. Tanda dari orang yang baligh adalah sudah mengetahui dan mampu membedakan mana yang baik dan buruk. Jika laki-laki sudah mengalami mimpi basah dan jika perempuan sudah mengalami menstruasi.

3. Berakal sehat

Seseorang yang berakal sehat sudah tentu wajib menjalankan puasa. Orang yang gila atau mengalami gangguan mental tentu saja tidak diwajibkan menjalankan puasa. Hal ini juga sudah jelas sehingga siapapun yang sehat jiwanya jangan sampai meninggalkan puasa karena mereka yang boleh tidak berpuasa adalah orang-orang yang kurang berakal.

4. Kuat dan mampu menjalankan puasa

Bagi orang muslim yang baligh, berakal sehat dan memiliki tubuh yang kuat sudah memenuhi 4 syarat wajib berpuasa. Jika seseorang sudah tua, sakit-sakitan atau tidak mampu menjalankan puasa maka tidak diwajibkan menjalankan puasa.

Allah memberi keringanan bagi orang-orang yang mengalami uzur semacam ini untuk tidak berpuasa namun dengan syarat harus tetap membayar fidyah atau memberi makan orang miskin sesuai dengan jumlah puasa yang ditinggalkan.

” (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Q.S. Al Baqarah:184)

5. Suci (tidak haid/nifas)

Syarat wajib puasa yang selanjutnya yakni suci dari haid dan nifas. Jika seseorang sedang haid atau nifas maka dilarang menjalankan puasa karena justru jika melakukannya akan menyebabkan dosa. Sebagai ganti tidak menjalankan puasa dibulan ramadan maka seseorang yang haid atau nifas harus mengganti di hari lain. Bagi yang nifas setelah melahirkan maka biasanya membayar fidyah karena biasanya wanita nifas juga sedang menyusui anaknya.

6. Mengetahui waktu puasa

Syarat yang berikutnya yakni mengetahui waktu puasa. Jika seseorang sudah tahu bawha hari ini adalah bulan puasa maka sudah sepatutnya menjalankan puasa. Begitu juga dengan puasa sunah. Jika ingin menjalankan puasa senin kamis maka harus tahu harinya.

Itulah syarat wajib puasa yang sobat cahaya Islam perlu untuk ketahui. Jika kita sudah memenuhi semua syarat tersebut maka kita wajib menjalankan puasa ramadhan.Semoga artikel ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!