Angin Kencang Melumpuhkan Kota Kupang, Inilah Doa Agar Terhindar dari Angin Kencang!

0
31

Kupang – Cuaca ekstrem yang melanda kawasan Kupang, Nusa Tenggara Timur, tanggal 4 April lalu membuat kota ini menjadi lumpuh. Pasalnya, angin kencang menumbangkan banyak pohon hingga berbagai ruas jalan banyak yang yang tertutup. Hingga kini, warga senantiasa melakukan evakuasi terhadap pohon-pohon yang melintang di beberapa ruas jalan.

Sobat Cahaya Islam, kini cuaca tidak bisa diprediksi bahkan beberapa kawasan mengalami cuaca ekstrem. Hal ini tentunya amat membahayakn. Seperti halnya yang terjadi di kota Kupang yang dilanda angin kencang. Terdapat beberapa doa yang bisa diamalkan ketika terjadi angin kencang.

Angin Kencang Melanda Kupang, Inilah Doa yang bisa diamalkan!

Kawasan Kupang hingga kini masih lumpuh, angin kencang yang melanda membuat beberapa jalan tertutup. Selain itu, listrik dan internet pun tidak bisa dioperasikan.  Dalam situasi ini, seorang muslim hendaknya bersabar dan sennatiasa berdoa pada yang Maha Kuasa.

Dengan membaca doa, Sobat Cahaya Islam akan lebih tenang. Salah satu yang bisa diamalkan yakni doa ketika angin kencang, guna selamat dari berbagai bahaya dengan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Adapun doa yang bisa dilantnkan yakni sebagai berikut:

1.   Doa Pertama

Dalam salah satu hadits Rasulullah SAW menyatakan bahwa ketika diterpa angin kencang, hendaknya meminta perlindungan Allah SWT. Hindari sikap memaki, sehingga bisa mendapatkan syafaat dari Allah SWT. adapun doa yang bisa dilantunkan yaitu:

“Allahumma innii as’aluka khairahaa wa a’uudzubika min syarriha”

Artinya: Ya Allah, sungguh aku mohon kepadaMu kebaikan angin ini, serta aku berlindung kepadaMu dari keburukannya.(HR. Abu Dawud No. 5079 & Ibnu Majah No. 3727).

Para ulama menyatakan , angin juga merupakan satu rahmat Allah SWT. Namun, tidak sedikit pula, angin yang menerpa berujung pada sebuah azab. Berdoalah agar sennatiasa berhusnudzan terhadap angin yang Allah SWT turunkan di muka bumi ini.

2.   Doa Kedua

Adapun doa lainnya yang bisa dilafalkan ketika diterpa angin kencang, yakni sebagai berikut:

“Allahumma innii as’aluka khairahaa wa khaira maa fiiha wa khaira maa ursilat bihi wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiiha wa syarri maa ursilat bihi”

Artinya: Ya Allah, sungguh aku mohon kepada Mu kebaikan angin ini, kebaikan apa yang ada padanya, dan kebaikan pada tujuan angin ini dihembuskan. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan angin ini, keburukan apa yang ada padanya, dan keburukan tujuan angin ini dihembuskan.(HR. Imam Muslim No. 899 dan At-Tirmidzi No. 3449).

Doa di atas sebagai salah satu doa yang bisa dilafalkan ketika angin kencang terjadi. Hal ini dilakukan guna mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, sehingga terhindar dari bahaya yang timbul dari angin kencang. Selain itu, seberapa besar musibah yang menimpa senantiasa melaksanakan apa yang diperintahkan Allah SWT.

Demikianlah Sobat Cahaya Islam, ulasan singkat terkait doa yang bisa diamalkan ketika angin kencang terjadi. Sebagai salah satu bentuk permintaan kepada Allah SWT senantiasa terhindar dari berbagai bahaya. Semoga angin kencang di kota Kupang segera mereda dan masyarakat pun bisa beraktivitas kembali. AAmiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY