Haul ke-544 Sunan Ampel, Inilah Manfaat Haul dalam Islam!

0
31

Sunan Ampel – Tepat pada hari Senin, tanggal 5 April 2021, nama Sunan Ampel menjadi salah satu trending Google. Pasalnya memasuki haul ke-544. Acara haul yang berlangsung di Makam Sunan Ampel Surabaya, dihadiri para kiai dan habib. Mengingat masih dalam masa pandemic Covid-19, tidak semua undangan diperkenankan masuk area makam.

Sobat Cahaya Islam, keberadaan haul pada dasarnya bukan tradisi semata. Hal ini dilakukan tidak lepas dari berbagai manfaat yang bisa diraih. Pelaksanaan haul bertujuan untuk mengenang jasa mereka yang sudah tiada serta pengingat kematian untuk semua manusia. Lalu, apa saja manfaat dari haul?

Haul di Makam Sunan Ampel, Apa Saja Manfaat dari Haul?

Secara bahasa, haul diartikan satu tahun, sedangkan secara istilah, haul merupakan peringatan dalam setahun sekali bertepatan dengan wafatnya seorang tokoh masyarakat. Terdapat beberapa manfaat yang bisa diraih, yakni sebagai berikut:

1.   Mendoakan Mereka yang Wafat

Haul bermanfaat bagi mereka yang dihaulkan? Mengapa demikian? Orang yang telah meninggal tidak membutuhkan apa pun, kecuali doa dari mereka yang masih hidup. Orang yang telah meninggal tidak membutuhkan harta kekayaan yang berlimpah, melainkan satu yakni doa.

Firman Allah SWT:

  وَٱلَّذِينَ جَآءُو مِنۢ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ  

“Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”.(Qs. Al-Hasyr: 10)”

Melalui ayat di atas dapat diketahui bahwa salah satu hal yang bisa dilakukan oleh manusia yang masih hidup yakni mendoakannya. Perintah mendoakan saudara-saudara bukan hanya ketika masih hidup juga ketika mereka sudah tiada.

2.   Senantiasa Bermanfaat Bagi yang Melakukan Haul

Selanjutnya, haul menjadi salah satu momen untuk mengenang yang dihaulkan. Pada kesempatan tersebut, siapa saja yang mengadakan haul akan menyadari bahwa kematian pasti akan tiba. Tentunya tanpa mengenal waktu, usia, dan kapan ajal akan menjemput, masih rahasia illahi.

Allah SWT menjelaskan dalam ayat suci Al-Qur’an bahwa setiap manusia memiliki batas waktunya. Maka dari itu, haul menjadi pengingat bahwa kematian juga akan menghampiri. Adapun yang bisa dilakukan yakni senantiasa berbekal amal perbuatan yang baik.

3.   Memperkuat Tali Silaturahmi

Selanjutnya, haul akan memperkuat tali silaturahmi sesama manusia. Dalam haul, biasanya berkumpul bersama saudara, teman, dan tetangga untuk berkumpul bersama guna melakukan doa bersama. Silaturahmi pada dasarnya akan memperpanjang umur seseorang serta dimudahkan dalam rezekinya. Maka dari itu, haul sangat bermanfaat untuk dilakukan.

4.   Mendatangkan Hikmah untuk Setiap Umat

Manfaat lainnya yakni mendatangkan hikmah untuk setiap umat. Hikmah apa? Salah satu pelajaran untuk bisa menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat bagi semua orang. Senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan, sehingga kelak saat wafat meninggalkan kesan yang baik.

Demikianlah Sobat Cahaya Islam, ulasan singkat terkait manfaat dari haul. Begitu pun haul Sunan Ampel semoga senantiasa mendapatkan hikmah yang bisa dipetik. Untuk selanjutnya, diterapkan dalam kehidupan sehari-hari guna menjadi muslim yang baik dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar serta nusa dan bangsa. Aamiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY