Alex Marquez Sebut Yamaha Curang, Ini Hukumnya Berbuat Curang Dalam Islam

0
646
Alex Marquez Sebut Yamaha Curang dan Hukumnya Berbuat Curang Menurut Islam

Alex Marquez – menyebut bahwa Yamaha curang dan meyakini para pembalap Yamaha tahu bahwa mesin yang digunakan pada MotoGP Spanyol ini ilegal. Yamaha sendiri diketahui telah memodifikasi mesin motor yang mereka gunakan tanpa izin. Sementara MotoGP menetapkan aturan dimana setiap tim tidak diperbolehkan mengubah desain mesin setelah awal musim. Namun karena pelanggaran yang dilakukan oleh Yamaha ini, mereka dikenakan hukuman pinalti 50 poin. Pembalap Yamaha pun mengaku tidak mengetahui pelanggaran ini.

Alex Marquez Sebut Yamaha Curang

Perbuatan curang tentu saja bukan perbuatan yang tepat. Bagaimanapun, ini adalah cerminan dari sikap tidak jujur atau ambisi yang menyebabkan menghalalkan segala cara untuk mencapai kemenangan yaitu berbuat curang. Dalam islam, perbuatan curang adalah sikap yang tidak dianjurkan. Selain bukan sikap yang terpuji, ini juga menyimpang dari ajaran islam yang tidak mencerminan sikap seorang muslim.

Alex Marquez Sebut Yamaha Curang, Begini Hukumnya Berbuat Curang Dalam Islam

Alex Marquez Sebut Yamaha Curang dan Begini Hukumnya Dalam Islam

Alex Marquez menyatakan bahwa Yamaha berbuat curang dan yakin bahwa para pembalapnya juga mengetahui hal ini. Meskipun ini disangkal oleh para pembalap Yamaha. Tahukah sobat CahayaIslam, perbuatan curang adalah cerminan dari sikap tidak jujur. Sehingga ini dilarang dalam islam dan bahkan tidak disukai oleh Allah SWT.

قَالَ اللَّهُ هَٰذَا يَوْمُ يَنْفَعُ الصَّادِقِينَ صِدْقُهُمْ ۚ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Allah berfirman: “Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka. Bagi mereka surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; Allah ridha terhadap-Nya. Itulah keberuntungan yang paling besar”.(1)

Dalam ayat diatas mencerminkan bahwasanya orang yang benar atau jujur adalah orang yang akan memperoleh keberuntungan. Itu sebabnya, kaum muslimin dianjurkan untuk bersikap jujur dan menjauhi perbuatan curang. Yang artinya kecurangan adalah suatu perbuatan yang dilarang dalam islam. Sobat CahayaIslam, tahukah bahaya dan akibat dari perbuatan curang ini?

Menjadi Sebab Perbuatan Dzalim

Alex Marquez Sebut Yamaha Curang dan Hukumnya Berbuat Curang Menurut Islam

Perbuatan curang termasuk perbuatan yang dilarang dalam islam. Selain bukan cerminan sikap seorang muslim, curang juga menjadi sebab perbuatan dzalim lho. Dari perbuatan curang ini bisa menyebabkan kerugian atau kesusahan bagi orang lain. Dan artinya kita sedang berbuat dzalim terhadap orang lain. Padahal Allah menganjurkan kaum muslimin untuk bersikap baik dengan sesama. Dan melarang berbuat dzalim terhadap sesama muslimin.

وَالْكَافِرُونَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.(2)

Menyebabkan Terbiasa Tidak Jujur atau Dusta

Curang yang tidak lain adalah sikap tidak jujur, maka perbuatan ini akan menghantarkan kita pada kebiasaan untuk melakukan tindakan tidak jujur. Atau dengan kata lain dusta. Sobat CahayaIslam tentu tahu bahwa tidak jujur  atau dusta ini adalah salah satu sebab perbuatan dosa. Maka dari itu, berbuat curang tidak diperbolehkan dalam islam dan harus dihindari. Agar kita juga terhindar dari perbuatan dosa.

Alex Marquez – menyebut Yamaha berbuat curang. Dalam islam sendiri, berbuat curang hukumnya adalah dilarang. Sobat CahayaIslam juga perlu mengetahui bahaya dari sikap curang ini jika dipelihara dalam diri kita.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ma’idah Ayat 119

(2) – Surat Al-Baqarah Ayat 254

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY