Video Asusila Mirip Gisel Viral! Begini Cara Menyikapi Berita Viral Sesuai Syariat Islam

0
91
Video Asusila Mirip Gisel Viral dan Cara Menyikapinya Sesuai Syariat Islam

Video asusila mirip Gisel – Media sosial kembali dihebohkan oleh video asusila seorang perempuan yang diyakini mirip artis Gisel. Penampakan wajah yang terlihat familiar dan sangat mirip seketika menjadi perbincangan panas di media sosial. Banyak orang menganggap dan percaya bahwa perempuan yang beradegan panas dengan seorang laki-laki di video tersebut adalah Gisel. Terlebih lagi media sosial merupakan sarana pemberitaan dan tempat berbagai informasi. Sehingga menyebabkan berita semacam ini cepat sekali tersebar.

Video Asusila Mirip Gisel Viral dan Cara Menyikapinya Sesuai Syariat Islam

Dalam bersosial media, kita dianjurkan untuk bijak. Apalagi dengan banyaknya informasi dan pemberitaan yang ada. Tentu saja kita harus pandai dalam memilah-milah mana berita yang layak diterima dan disebarkan. Namun sayangnya, pemberitaan seperti video asusila justru yang menghebohkan jagad raya saat ini. Di berbagai media sosial juga sudah tersebar cuplikan isi dari video seorang perempuan yang dianggap adalah Gisel. Dalam islam sendiri, pemberitaan atau menyebarkan berita juga ada etika dan adabnya lho.

Video Asusila Mirip Gisel Viral! Begini Kaum Muslimin Menyikapi Berita Viral Sesuai Syariat Islam

Video Asusila Mirip Gisel Viral dan Ini Menurut Islam

Video asusila mirip Gisel menjadi perbincangan panas di media sosial. Banyak komentar, hujatan bahkan beberapa orang yang mencoba menelisik kebenaran video tersebut. Seperti dengan menyamakan tempat dalam video tersebut dengan suasana rumah Gisel, baju yang digunakan, model rambut dan lain sebagainya. Dalam islam sendiri, seorang muslim dilarang untuk sembarangan menerima dan mempercayai berita yang beredar. Itu sebabnya, dalam ajaran islam ada beberapa adab atau etika dalam menyebarkan berita.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.(1)

Lalu bagaimana menyikapi berita viral dengan tepat sesuai syariat islam?

Memastikan atau Memeriksa Kebenaran Berita

Video Asusila Mirip Gisel Viral dan Ini Cara Menyikapinya Dalam Islam

Sebagai seorang muslim, tentu saja perlu adanya etika atau adab dalam menyikapi berita viral yang seringkali menghebohkan media sosial. Jangan sampai berita viral yang ada justru menyebabkan kita terjerumus dalam perbuatan dosa. Itu sebabnya, memastikan atau menverifikasi kebenaran dari berita yang beredar adalah sikap yang tepat. Dalam ajaran atau syariat islam, kita dianjurkan untuk memeriksa dengan teliti kebenarannya sebelum menyebarkan berita.

Tidak Ikutserta Menyebarkan Berita Yang Simpang Siur

Cara menyikapi berita viral yang beredar, agar tidak menyebabkan kita terjerumus ke dalam perbuatan dosa adalah dengan tidak ikut-ikutan menyebarkannya. Jika kita bahkan tidak mengetahui dengan pasti kebenarannya, alangkah baiknya tidak ikut menuduh atau menyebarkan berita tersebut.

إِنَّ الَّذِينَ جَاءُوا بِالْإِفْكِ عُصْبَةٌ مِنْكُمْ ۚ لَا تَحْسَبُوهُ شَرًّا لَكُمْ ۖ بَلْ هُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ مَا اكْتَسَبَ مِنَ الْإِثْمِ ۚ وَالَّذِي تَوَلَّىٰ كِبْرَهُ مِنْهُمْ لَهُ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar.(2)

Berprasangka Baik Terhadap Sesama

Cara menyikapi berita viral menurut syariat islam adalah dengan berprasangka baik. Ini adalah sikap yang dianjurkan saat kita menerima atau mendengar suatu berita. Alangkah lebih baik berprasangka baik terhadap sesama, daripada justru ikut menyebarkan berita yang tidak jelas kebenarannya. Jika ternyata berita bohong, maka kita akan ikut menanggung dosanya lho sobat CahayaIslam.

لَوْلَا إِذْ سَمِعْتُمُوهُ ظَنَّ الْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بِأَنْفُسِهِمْ خَيْرًا وَقَالُوا هَٰذَا إِفْكٌ مُبِينٌ

Mengapa di waktu kamu mendengar berita bohon itu orang-orang mukminin dan mukminat tidak bersangka baik terhadap diri mereka sendiri, dan (mengapa tidak) berkata: “Ini adalah suatu berita bohong yang nyata”.(3)

Video asusila mirip Gisel – ramai menjadi perbincangan warga media sosial. Maka sobat CahayaIslam, sebagai seorang muslim mari kita menyikapi berita viral ini dengan bijak. Dan tidak melanggar ajaran atau syariat islam yang ada.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 6

(2) – Surat An-Nur Ayat 11

(3) – Surat An-Nur Ayat 12

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY