Aisyah Istri Rasulullah dan 3 Fakta Beliau

0
62
aisyah istri rasulullah

Aisyah Istri Rasulullah – Beliau adalah salah satu istri Rasulullah yang memiliki keistimewaan-keistimewaan. Aisyah RA adalah suri tauladan bagi setiap perempuan di dunia, khususnya muslimah. Banyak wanita yang ingin seperti dirinya. Tapi apakah Sobat Cahaya Islam sudah benar-benar mengenalnya?

Untuk bisa meneladani akhlak dan laku hidup Sayyidah Aisyah RA, sebelumnya kita harus mengenalnya lebih dulu. Berikut akan disajikan fakta-fakta kehidupan beliau, agar kemudian bisa diambil pelajaran dan suri tauladan buat Sobat Cahaya Islam.

aisyah istri rasulullah

1. Orang yang Paling Dicintai Oleh Rasulullah SAW

Kita sebagai umat Islam harus mencontoh kehidupan  rumah tangga antara Rasulullah SAW dan Aisyah. Kisah rumah tangga yang sakinah dan romantis mereka berdua bisa menjadi ilmu buat Sobat Cahaya Islam dalam menjalani bahtera rumah tangga bersama pasangan masing-masing.

Masyallah, keromatisan rumah tangga mereka justru dari hal-hal yang sering kita anggap remeh. Padahal, hal-hal tersebut adalah satu resep bagaimana rumah tangga bisa harmonis dan langgeng. Ambil saja contoh saat Rasulullah meminum susu dengan meletakkan bibirnya di bekas minum Aisyah pada gelas tersebut.

Aisyah RA memang seorang wanita yang paling dicintai oleh Rasulullah. Bisa kita lihat dari riwayat hadis shahih berikut ini:

Amr bin Al-Ash bertanya pada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling engkau cintai?”  Beliau menjawab, “Aisyah.” Jawab beliau. (HR. Bukhari No. 3662 dan Muslim No. 2384)

2. Wanita Paling Alim Pada Jamannya

Tahukah sobat Cahaya Islam kalau Aisyah Istri Rasulullah adalah wanita yang paling alim dari wanita-wanita lainnya? Bunda Aisyah merupakan satu-satunya wanita pada jamannya yang memiliki wawasan ilmu paling tinggi, daripada wanita lainnya. Sejak kecil beliau selalu mencari tahu tentang apa yang belia diketahuinya.

Ilmu pengetahuannya yang sudah tinggi semakin tinggi apalagi saat menjadi istri Rasulullah. Menjalani kehidupan rumah tangga bersama Rasulullah menjadi pelecut semangatnya dalam mencari ilmu-ilmu baru. Beliau selalu senantiasa mendukung dan menemani Sang Rasul Allah dalam berdakwah.

Aisyah RA menguasai tiga bidang ilmu, yaitu ilmu fiqih, ilmu kesehatan, dan ilmu syair atau sastra. Sobat Cahaya Islam bisa mencontoh beliau dalam berjihad mencari ilmu. Ilmu sangatlah penting sebagai bekal kehidupan kita di dunia dan terutama bekal akhirat. Tanpa ilmu, bagaikan hidup dalam kegelapan. Sebab ilmu adalah cahaya bagi kehidupan kita.

3. Aisyah Istri Rasulullah, wanita yang dibela kesuciannya Oleh Allah

Tuduhan zina pernah ditujukan kepada Aisyah oleh orang-orang munafik. Tujuan mereka melakukan tuduhan tak beradab itu ialah untuk menjatuhkan martabat Rasulullah. Namun tuduhan itu segera dibalas oleh Allah melalui turunnya 16 ayat secara berurutan dan bisa dibaca oleh setiap muslim sampai hari kiamat.

Lewat ayat-ayat yang diturunkan oleh Allah sendiri, menjadi bukti bahwa Allah mempersaksikan kesucian Aisyah dan menjanjikannya dengan ampunan serta rezeki yang baik. Maka, siapapun yang menuduh beliau berzina, maka secara otomatis ii telah menjadi kafir. Karena ia menentang ayat-ayat yang telah diturunkan oleh Allah secara langsung untuk membela Aisyah RA.

Sobat Cahaya Islam, kita bisa mengikuti akhlak beliau dan mencontoh kehidupan beliau. Itulah 3 fakta tentang Sayyidah Aisyah Istri Rasulullah. Semoga para muslimin dan muslimah bisa menjadikannya suri tauladandalam kehidupan kita semua.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!