7 Pahlawan Revolusi Gugur Pada Peristiwa G30S/PKI, Ini Makna Pahlawan Dalam Islam!

0
31
7 Pahlawan Revolusi Gugur Dalam G30S PKI dan Ini Pahlawan Dalam Islam

7 Pahlawan Revolusi – Peristiwa G30S/PKI ini menjadi peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tujuh pahlawan gugur dalam peristiwa ini karena dibunuh dengan sangat keji. Jenazah dari ketujuh pahlawan revolusi ini dimasukkan ke sumur yang dikenal dengan Lubang Buaya yang ada di Jawa Timur. Dengan negara yang kini telah merdeka, tentu saja peristiwa ini cukup memilukan. Dimana para pahlawan rela mengorbankan hidupnya untuk kemerdekaan Indonesia. Itu sebabnya, ini menjadi sebuah peristiwa bersejarah dan dikenang.

7 Pahlawan Revolusi Yang Gugur Dalam Peristiwa G30S PKI

Pahlawan dikenal sebagai seorang yang mempunyai jasa dan memiliki peran penting untuk keberhasilan suatu hal. Begitupun pahlawan revolusi yang gugur dalam perjuangan memerdekakan Indonesia ini. Sungguh luar biasa kemuliaan yang mereka miliki bukan? Dalam islam, pahlawan sudah dikenal dan ada sejak di jaman Rasulullah. Lalu bagaimana makna pahlawan dalam islam?

7 Pahlawan Revolusi Gugur Dalam Peristiwa G30S/PKI, Tahukah? Ini Makna Pahlawan Dalam Islam

7 Pahlawan Revolusi Gugur Dalam G30S PKI dan Ini Pahlawan Dalam Islam

7 Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI menjadi peristiwa yang bersejarah dan sekaligus memilukan. Dimana para pahlawan ini dibunuh dengan keji karena dituduh akan melakukan makar terhadap presiden RI Soekarno. Dalam islam, pahlawan diistilahkan dengan sebutan rajul atau rijal jika jamak. Ini adalah istilah bagi pembela kebenaran dan juga pahlawan yang ada di Al-Quran.

مِنَ الْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللَّهَ عَلَيْهِ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ قَضَىٰ نَحْبَهُ وَمِنْهُمْ مَنْ يَنْتَظِرُ ۖ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلًا

Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya),(1)

Sobat CahayaIslam, pahlawan adalah orang yang berjasa sehingga tentu saja mendapatkan kemuliaan karena jasanya. Dalam islam saja, seseorang yang berbuat kebaikan akan mendapatkan kemuliaan serta pahala. Lalu bagaimana makna pahlawan yang berjasa besar bagi kemerdekaan Indonesia ini menurut islam?

Pahlawan, Golongan Yang Penuh Kemuliaan

7 Pahlawan Revolusi Gugur dan Begini Makna Pahlawan Menurut Islam

Mengapa pahlawan dikatakan sebagai golongan yang penuh kemuliaan? Ini karena jasa dan pengorbanan yang dilakukannya pada masa sebelumnya. Terlebih lagi dalam islam, golongan yang gugur syahid maka akan mendapatkan kemuliaan disisi Allah. Itu artinya, pahlawan adalah golongan yang sungguh Allah muliakan.

وَلَا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتًا ۚ بَلْ أَحْيَاءٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ

Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezeki.(2)

Pahlawan, Pembela Kebenaran Dengan Banyak Kebaikan

Pahlawan adalah seorang yang berani membela kebenaran dan memerangi kebatilan. Tidak peduli apapun, mereka bahkan tidak takut mengambil resiko. Itu sebabnya, pahlawan dikenang dengan segala kebaikannya. Sehingga banyak mengalir doa baik bagi para pahlawan yang telah gugur. Jasa-jasa yang mereka lakukan pun menjadi suatu kebaikan yang tidak sia-sia.

7 Pahlawan Revolusi – gugur pada peristiwa besar G30S/PKI. Dalam islam, pahlawan memiliki makna yang mulia. Ada berbagai kebaikan yang bisa kita jadikan pelajaran dari kisah para pahlawan ini yang gugur demi membela kemerdekaan bangsa Indonesia.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 23

(2) – Surat Ali ‘Imran Ayat 169

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!