Pesawat Jatuh Terjadi Lagi, Ini Doa untuk Menghindarinya

0
59

Pesawat Jatuh – Dua jenazah pilot yang menjadi korban kecelakaan pesawat jatuh milik TNI Angkatan Laut telah ditemukan pada hari Kamis, 8 september 2022.

Seperti yang telah dilaporkan sebelumnya, pesawat latih Bonanza G-36 t-2503 dikemudikan oleh Letnan Satu Laut Judistira Eka Permadi dan Co-Pilot Letnan Dua Laut Dendy Kresna bhakti. Telah jatuh di sekitar selat madura pada hari Rabu, 7 september di pagi hari.

Kecelakaan itupun terjadi pada saat kedua pilot yang nama nya telah disebutkan di atas terbang dalam latihan anti serangan udara atau Air Defense Exercise (Adex) Siaga Armada II.

Di mana kedua jenazahnya telah ditemukan dan masih berada di dalam bangkai pesawat.

Nah, Sobat Cahaya Islam, kecelakaan pesawat yang jatuh tiba-tiba seperti ini bukan pertama kali. Lantas bagaimana Islam menanggapinya?

5 Doa untuk Menghindari Pesawat Jatuh

Allah SWT telah berfirman dalam Q.S Al Mu’min ayat 60 sebagai berikut,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya:”Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Ketika hendak melakukan sebuah perjalanan yang menggunakan transportasi umum maupun pribadi, alangkah baiknya jika membaca doa terlebih dahulu.

Jika Sobat ingin melakukan perjalanan dengan menaiki pesawat, maka sempatkan waktu untuk membaca doa dulu. Tujuannya agar mendapatkan perlindungan dan terhindar dari berbagai ancaman marabahaya.

وَاِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا فَأْتُوْا بِسُوْرَةٍ مِّنْ مِّثْلِهٖ ۖ وَادْعُوْا شُهَدَاۤءَكُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

Dan jika kamu meragukan (Al-Qur’an) yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. (QS. Al-Baqarah:23)

Ada beberapa doa yang bisa kita panjatkan ketika akan bepergian menggunakan pesawat terbang sebagaimana diajarkan oleh syariat agama Islam.

1.      Doa Keluar Rumah

Dalam Islam, telah diajarkan dengan tegas bahwa kita dianjurkan untuk membaca doa setiap kali akan meninggalkan rumah.

Terlebih lagi jika tujuannya adalah bepergian jauh, maka doa ini diharapkan bisa membawa kita pulang kembali ke rumah dalam keadaan selamat tidak kurang suatu apapun.

Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

“Bismillaahi, tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain Allah”.

2.      Doa Ingin Bepergian Jauh

Baik itu bepergian menggunakan transportasi umum maupun pribadi: darat, udara maupun laut. Kita sebaiknya tetap membaca doa untuk memohon perlindungan dari Allah SWT.

pesawat jatuh

Dengan membaca doa, maka kita senantiasa dijaga oleh Allah SWT dari berbagai macam kejadian yang tidak diharapkan.

Seperti apa doanya?

“Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl.”

Artinya:

“Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

3.      Doa Ketika Naik Pesawat Terbang

Untuk menghindari pikiran yang berkecamuk dan hati yang tidak tenang, maka sebelum lepas landas kita juga dianjurkan membaca doa ini saat akan bepergian.

Doa yang bisa kita baca di dalam pesawat sebelum terbang adalah:

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli.”

Artinya:

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah-lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridai. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.”

4.      Doa Menghilangkan Kecemasan dan Takut

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa bepergian menggunakan pesawat terbang maka sering kali merasakan kecemasan dan takut. Terutama saat pesawat sudah berada di udara.

Dalam ajaran Islam, ada doa yang dibaca untuk menghilangkan rasa cemas dan takut dalam hati seseorang. Sehingga lebih tenang saat melakukan perjalanan.

Adapun doanya adalah sebagai berikut:

“Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali.”

Artinya:

“Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

5.      Doa Ketika Sudah Sampai Tujuan dengan Selamat

Usai menempuh perjalanan panjang dan telah sampai tujuan dengan selamat, maka kia juga harus membaca doa sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT.

pesawat jatuh

Doanya adalah seperti yang ada di bawah ini:

“Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii.”

Artinya:

“Segala puji milik Allah yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai kabar terbaru pesawat jatuh di Selat Madura serta doa yang perlu dibaca untuk menghindarinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY