Baca Surah Yasin Adakah Faedahnya?  

0
36

Baca Surah Yasin – Surah Yasin, surah yang familiar di telinga kita, bahkan banyak yang hafal. Surah ini biasa dibaca ketika Kamis malam Jumat karena sebagai andalan untuk mengirim doa kepada orang yang meninggal.

Surah yang terdiri dari 83 ayat dengan urutan ke-36 di mushaf Al-Qur’an ini berisi tentang rahasia alam semesta. Membaca tiga kali surah Yasin pahalanya sama halnya dengan mengkhatamkan Al-Qur’an 30 juz.

Menyisihkan waktu barang seperempat jam, membaca satu surah Yasin dapat terlaksana. Sesibuk apa pun pekerjaan kita, sempatkan baca surah ini untuk menjadikan pengingat bila dunia ini hanyalah fana yang akan hancur seketika jika Allah SWT menghendaki.

Sobat Cahaya Islam, sudahkah kalian baca surah Yasin hari ini? Jika sudah Istikamahkan, bila belum mari dimulai sekarang juga. Alihkan waktu yang tersisa atau kegabutan sebentar saja, dapat pahala waktu tak sia-sia.

Lanjut, membaca surah ini yang tergolong surah Makkiyah (diturunkan di Kota Mekah) pasti akan memberikan faedah bagi pembacanya di dunia sampai akhirat. Beruntung orang yang bisa membacanya saban hari, mengingat banyak faedahnya.

Biasakan Baca Surah Yasin dan Dapatkan Faedahnya

Membaca Al-Qur’an yang merupakan kalamuAllah  tentu memberikan faedah yang banyak. Berikut beberapa faedah membaca surah ini.

  1. Diampuni Dosa-dosanya

Dosa, namanya manusia pasti punya dosa entah karena tergelincirnya lidah menjadi ghibah (mengunjungi) atau main fisik. Diriwayatkan dari sebuah hadis bilamana orang membaca surah ke-36 ini di setiap malam dengan mengharap ridho Allah SWT, maka akan diampuni dosa-dosanya.

  1. Terhindar dari Siksa Kubur

Setiap orang akan meninggal itu pasti, bagi orang yang telah lebih dahulu ditinggalkan kerabat sering membacakan surat ini. Tujuannya agar jenazah terhindar dari siksa kubur apabila saat di dunia berbuat salah.

Selain itu, juga memberi kebaikan bagi jenazah yang dimakamkan di TPU itu. Berikut dalil dengan banyak riwayat berisi perintah untuk membaca surah ini ketika ada orang yang meninggal.

Diriwayatkan dari Ma’qol bin Yasar, bahwa Nabi SAW bersabda:

اِقْرَءُوْا عَلَى مَوْتاَكُمْ يس

“Bacalah untuk orang mati di antara kamu, surat Yasin”

(Hadits Shohih Riwayat Ibnu Hibban/3064, juga diriwayatkan oleh Abu Daud/2714, Ibnu Majah/1438, Ahmad/19416, 19427, Nasai/10913, Alhakim/2028, Aththobroni/16904, Albayhaqi/2356, 8930)

  1. Dimudahkan Saat Sakaratul Maut

Sakaratul maut adalah detik-detik diambilnya ruh manusia dari jasadnya. Disunnahkan membaca surah ini di samping orang yang akan meninggal dengan harapan memudahkan keluarnya ruh dan memberi Rahmat.

  1. Dipermudahkan Urusannya

Urusan di dunia tidak ada habis-habisnya bila dituruti terus, sebagai umat Islam disarankan untuk membagi waktu antara urusan dunia dan akhirat secara seimbang. Dalam menopang segala urusan Allah SWT menyediakan surah Yasin untuk dibaca agar urusan dipermudah.

  1. Doanya Dikabulkan

Doa yang diharapkan yakni doa yang segera dikabulkan. Namun, kembali lagi kepada Sang Kuasa yang jauh tahu-menahu waktu paling tepat doa terjawab. Muslim sejati hanya diperkenankan berusaha dan berdoa. Surah Yasin dapat menjadi perantara dia segera dikabulkan jika dibaca setiap hari secara konsisten alias istikamah.

Sobat Cahaya Islam, itu lima faedah baca surah Yasin yang sangat mendukung kehidupan kita baik di alam dunia, alam kubur, hingga alam akhirat. Mumpung masih di dunia kita amalkan demi bekal kepak di akhirat. Semoga kita dapat mengamalkan ilmunya. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!