4 Tips Membeli Baju Raya Idul Fitri

0
679
raya idul Fitri

cahayaislam.id – Hari raya idul Fitri selalu identik dengan berbagai macam hal yang menyenangkan, salah satunya dengan membeli pakaian baru. Hal ini sudah menjadi tradisi yang kental dan wajib yang dijalankan.

Tidak ada salahnya membeli baju baru untuk merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa.

Tips Membeli Baju Raya Idul Fitri

Nah, Sobat Cahaya Islam, bagi kita yang bingung membeli baju ketika lebaran, berikut ini sudah ada beberapa tips ketika membeli baju raya idul Fitri.

1.   Memilih Pakaian Fungsional

Saat pandemi pasti kita akan banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Oleh karena itu, memilih pakaian fungsional menjadi salah satu pilihan. Hal karena ini dapat digunakan saat di rumah maupun meeting atau ketika di luar rumah.

Pakaian fungsional sendiri sudah lama menjadi satu kekuatan brand fashion. Mereka memiliki prinsip bahwa setiap pakaian yang digunakan harus memiliki fungsi untuk memudahkan hidup pemakainya

Hal ini yang menjadi dasar dari filosofi brand tersebut, agar membuat pakaian yang nyaman, saat dikenakan dalam berbagai kesempatan. Jadi setiap individu busa bereksplorasi dengan gaya khas masing-masing, dan membuat hidupnya menjadi lebih baik.

Kita bisa langsung memilih pakaian lebaran seperti tunik, Blus, kemeja linen, dengan bawahan seperti skirt, celana legging, serta celana.

Namun tetap jangan membeli secara berlebihan, ya. Sebab hal tersebut bisa mendekatkan kita dengan sifat sombong dan riya’.

Sebagaimana dalam ayat suci Al Quran berikut ini:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya’. (QS. Al-Ahzab: 33)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنْفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا ۖ لَا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِمَّا كَسَبُوا ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir’. (QS Al Baqarah: 264)

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri”. (QS. Lukman: 18).

2.   Mengutamakan Kenyamanan

Berikutnya, kita harus lebih memperhatikan bahan baju yang akan digunakan, dengan memilih bahan yang mudah menyerap keringat. Bila kita terinspirasi dari hangatnya suasana Ramadhan, maka harus menggunakan pakaian yang nyaman dan kain berkualitas.

Untuk warna, kita bisa memilih yang ceria, sehingga memberikan penampilan dengan kenyamanan maksimal.

Selain nyaman, syariat juga harus diprioritaskan. Tujuannya agar kita tidak tergiur dengan model namun tetap mengedepankan fungsi pakaian itu sendiri.

3.   Manfaatkan Promo

Pada bulan Ramadhan, banyak brand yang sudah menggelar festival promo terbesar selama bulan Ramadhan sampai idul Fitri. Selama periode tersebut, para pelanggan bisa mendapatkan penawaran khusus dari berbagai macam produk esensial Hari Raya untuk seluruh anggota keluarga.

Misalnya saja: berbagai macam katun linen, kemeja extra fine cotton, koleksi kemeja kerah tegak, kemeja. Sementara itu, ada gaun kaftan sampai koleksi celana smart ankle bagi pria maupun perempuan serta blus batik motif, blus dan tunik rayon.

4.   Mematuhi Protokol Kesehatan

Alangkah lebih baiknya, kita membeli pakaian lebaran hari idul Fitri melalui aplikasi online. Hal ini, karena sudah banyak sekali brand fashion yang memiliki situs belanja online untuk membuat nyaman dan mempermudah konsumen.

Namun, apabila kita harus membeli pakaian ke store, sebaiknya selalu menerapkan protokol kesehatan. Misalnya saja, dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan hand sanitizer. Selain itu, jangan lama-lama di dalam store pakaian tersebut.

Saran lainnya, kita bisa membeli pakaian lebaran jauh-jauh hari sebelum hari H agar tidak terlalu ramai. Itu saja informasi yang bisa disampaikan mengenai hari raya idul Fitri.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY