YouTuber Bobon Santoso Edukasi Tentang Bahaya Narkoba

0
259
YouTuber Bobon Santoso

YouTuber Bobon Santoso – Bobon Santoso merupakan salah satu YouTuber populer yang ada di Indonesia. Baru-baru ini, YouTuber Bobon Santoso menjadi viral karena unggahannya di sosial media.

YouTuber tersebut menjadi viral setelah beredar postingan tengah menggunakan baju tahanan oranye. Bukan hanya itu, tangannya juga diborgol oleh petugas BNNP Bali.

Viral Postingan YouTuber Bobon Santoso

Postingan Bobon Santoso viral setelah ada di postingan akun Instagram bernama @bobonsantoso. Dalam postingan tersebut juga tertulis ia memohon maaf dan keterangan war on drugs, nantikan segera.

Pada postingan YouTuber Bobon Santoso, akun tersebut juga memposting dua file. Di slide pertama, ada foto Bobon dengan temannya menggunakan baju berwarna oranye.

Dalam unggahan itu, Bobon tampak menggunakan baju tahanan yang bernomor 11, sementara itu temannya memakai baju nomor 18.

Slide kedua berupa file yang diposting berupa video. Bobon dan temannya terlihat menghadap ke belakang lalu berputar sampai menghadap ke depan.

BNNP Bali memberikan keterangan terkait postingan akun Instagram @bobonsantoso. Made Dwi Widya Saputra selaku Humas BNNP Bali menuturkan bahwa Bobon berkegiatan di BNNP Bali pada 14 Juli kemarin.

Menurut keterangannya, kegiatan Bobon Di BNNP Bali merupakan konten untuk mengedukasi masyarakat terkait bahaya narkoba.

Pengaruh Narkoba dalam Kehidupan

Sobat Cahaya Islam, edukasi dari YouTuber Bobon Santoso bersama BNNP Bali merupakan hal yang positif. Mengingat narkoba merupakan hal yang sudah jelas berdampak negatif bagi kehidupan.

Bagaimana tidak, narkoba bisa merusak akal dan jiwa orang yang menggunakannya. Bermacam efek bahaya telah banyak dijelaskan oleh kalangan pakar kesehatan.

Begitu juga tentang hukum pemakaian narkoba yang sudah ada dalam penjelasan ulama madzhab sejak masa lalu. Islam pun melarang dengan tegas pemakaian narkoba dalam bentuk apapun.

Apalagi jika narkoba tersebut sampai merusak kehidupan penggunanya. Islam pun mengharamkan narkoba dan melarang umatnya untuk menggunakannya.

Penggunaan Narkoba dalam Pandangan Islam

Sobat Cahaya Islam, hendaknya simak beberapa hal di bawah ini jika Sobat sampai tergabung dalam jerat narkoba:

1.       Narkoba Merusak dan Membinasakan Diri

Allah SWT berfirman:

وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu” (QS. An Nisa’: 29).

Ayat di atas menunjukkan tentang haramnya merusak diri sendiri ataupun membinasakan dirinya sendiri. Sebab yang namanya narkoba pastinya merusak badan serta akal seseorang.

YouTuber Bobon Santoso

Dari ayat itulah, Sobat bisa mengetahui bahwa narkoba itu hukumnya haram.

2.       Ancaman Keras untuk Orang yang Mengkonsumsi Narkoba

Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ تَرَدَّى مِنْ جَبَلٍ فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَهُوَ في نَارِ جَهَنَّمَ يَتَرَدَّى فِيهَا خَالِدًا مُخَلَّدًا فيهَا اَبَدًا, وَ مَنْ تَحَسَّى سُمَّا فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَسُمَّهُ في يَدِهِ يَتَحَسَّاهُ في نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فيهَا أَبَدًا, و مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِحَدِيْدَةٍ فَحَدِيْدَتُهُ فِي يَدِهِ يَتَوَجَّأُ في بَطْنِهِ فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيْهَا أَبَدًا

“Barangsiapa yang sengaja menjatuhkan dirinya dari gunung hingga mati, maka dia di neraka Jahannam dalam keadaan menjatuhkan diri di (gunung dalam) neraka itu, kekal selama lamanya. Barangsiapa yang sengaja menenggak racun hingga mati maka racun itu tetap di tangannya dan dia menenggaknya di dalam neraka Jahannam dalam keadaan kekal selama lamanya. Dan barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besi itu akan ada ditangannya dan dia tusukkan ke perutnya di neraka Jahannam dalam keadaan kekal selama lamanya” (HR Bukhari no. 5778 dan Muslim no. 109). 

Hadits tersebut menunjukkan ancaman sangat keras untuk orang yang membuat dirinya sendiri binasa. Konsumsi narkoba tentunya menjadi sebab yang dapat mengantarkan kepada kebinasaan.

YouTuber Bobon Santoso

Pasalnya narkoba hampir sama seperti mengkonsumsi racun. Hadist tersebut pun termasuk dalil haramnya konsumsi narkoba.

3.       Konsumsi Narkoba Sama dengan Melanggar Perintah Allah SWT

Allah SWT berfirman:

وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ

“Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk” (QS. Al A’rof: 157). 

Setiap yang khobits hukumnya terlarang dalam ayat tersebut. Di antara makna dari khobits yaitu yang memberikan dampak negatif, termasuk narkoba.

Sobat Cahaya Islam, hendaknya banyak sekali dampak negatif dari narkoba. Semoga semakin banyak edukasi YouTuber Bobon Santoso agar tak ada lagi pecandu. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY