4 Aksesori OOTD Saat Hari Idul Fitri

0
395
hari idul Fitri

cahayaislam.id – Saat hari idul Fitri tiba, acara silaturahmi menjadi salah satu agenda yang  tidak boleh dilewatkan oleh umat Islam. Umumnya acara silaturahmi ini, semua orang ingin memberikan tampilan terbaik dalam menyambut hari  lebaran.

Hal ini karena akan bertemu dengan dengan sanak saudara, kerabat serta teman-teman. Selain pakaian, ada benda lain yang dapat melengkapi busana Lebaran.

Dalam Islam pun, diperintahkan bagi kita untuk menghias diri dengan syariat yang sudah ditentukan. Agar tidak sampai mendatangkan dosa. Misalnya, memakai pakaian yang menutup aurat.

وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا

Artinya: dan jangan lah mereka menampakkan perhiasannya (aurat), kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. (QS. An-Nur:31)

يَا بَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْاٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ

“Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat.” (QS. Al-A’raf:26)

Aksesori OOTD yang Dapat Digunakan Saat Idul Fitri 2019

Perlengkapan lain yang dapat digunakan untuk bersilaturahmi, harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing setiap orang. Berikut ini sudah ada beberapa perlengkapan busana hari idul Fitri untuk bersilaturahmi yang nyaman dipakai.

1.   Tas

Tidak ada salahnya, jika Anda memilih tas berdasarkan trend saat ini. Namun, alangkah baiknya bila Anda lebih memprioritaskan fungsi dari tas tersebut.

Hal ini dilakukan, karena melihat melakukan kegiatan seharian yang bisa saja sampai malam untuk berkunjung ke rumah kerabat. Pastikanlah model tas lebaran idul Fitri yang Anda pilih mudah dibawa dan tidak merepotkan.

Tas tangan terlihat lebih cantik, namun tangan Anda tidak bebas karena harus menggenggamnya. Alangkah baiknya, pilih yang sudah dilengkapi dengan tali. Jadi, saat Anda tidak memegangnya, tas masih terus tersampir di pundak.

2.   Sepatu atau Sandal

Selanjutnya, perhatikanlah faktor kenyamanan dan keamanan karena Anda akan menggunakannya ke banyak tempat. Pilihlah sepatu dengan bahan yang lembut pada kulit.

Hindari untuk model sepatu atau sandal yang rumit,  contohnya heels yang terlalu tinggi sehingga membuat kaki terasa cepat lelah. Bahkan, lebih risiko tergelincir yang dapat menyebabkan cedera.

Sepatu yang memiliki banyak tali memang terlihat cantik, namun Anda dapat kerepotan saat melepasnya. Apalagi Anda akan bertamu ke rumah sehingga akan sering membuka dan memasang sepatu.

3.   Perhiasan

Anda bebas menggunakan perhiasan untuk mempercantik tampilan. Namun, sebaiknya jangan berlebihan, Anda bisa memilih perhiasan yang memiliki fungsi lain untuk membantu dalam berpakaian.

Contohnya, Anda dapat menggunakan bros untuk memperindah, dan merapikan tampilan busana Lebaran. Selain itu, Anda dapat mengganti gelang dengan jam tangan yang akan membantu untuk mengetahui waktu.

4.   Kerudung

Jika Anda ingin menggunakan salah satu dari syal, kerudung, atau selendang, maka pilih bahan yang tidak terlalu panas dan dapat menyerap keringat. 

Dengan begini, Anda tidak akan mudah merasa gerah. Acara silaturahmi yang terjadi pun dapat berjalan lancar dan nyaman.

Selain itu, Anda bisa pilih bahan yang tidak licin agar tidak perlu sering membetulkannya karena berkali-kali jatuh ke pundak.

Kerudung yang dikenakan pun harus yang berbahan tebal dan dapat menutupi anggota tubuh yang terpenting. Supaya tidak tampak bagian mana yang bisa mendatangkan mudharat.

Allah SWT berfirman dalam Quran surat Al Ahzab ayat 59:

يَآأَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلاَبِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

Artinya: Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Itu saja informasi yang bisa disampaikan terkait beberapa aksesoris yang dapat digunakan saat hari idul Fitri. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi dan menambah wawasan Anda terkait aksesoris yang pas digunakan saat lebaran.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY