4 Tujuan Perayaan Hari Raya Idul Fitri

0
651
tujuan perayaan hari raya idul fitri

cahayaislam.id – Momen lebaran selalu dirayakan umat muslim sebagai salah satu bentuk kemenangan akan ibadah yang telah dilakukan di bulan Ramadhan. Namun, apakah Sobat tahu tujuan perayaan hari raya idul fitri?

Umumnya, selama tiga puluh hari seluruh umat muslim diwajibkan untuk mencari pahala yang sebanyak-banyaknya. Namun, sayangnya masih banyak yang tidak tahu tujuan dari perayaan Idul Fitri.

Tujuan Perayaan Hari Raya Idul Fitri

Pasalnya, orang yang tidak paham dengan tujuan Idul Fitri yaitu anak-anak. Hal ini karena mereka menjadi pengikut atas tindakan orang-orang dewasa disekitarnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila kita memberitahu mereka tentang tujuan yang sebenarnya.

Nah, Sobat Cahaya Islam, berikut ini sudah ada beberapa tujuan perayaan hari raya idul fitri yang harus kita ketahui diantaranya adalah:

1.   Momentum Silaturahmi Umat Muslim

Salah satu tujuan perayaan idul fitri Fitri yakni mempererat tali silaturahmi. Di mana tali persaudaraan yang dimiliki sesama umat Islam. Jadi pada saat lebaran tiba seluruh umat muslim di dunia akan saling bermaafan-maafan

Dengan begitu, tidak ada rasa canggung yang memperburuk keadaan. Hendaknya memang saling percaya satu sama lain, dan mendoakan sesama muslim. Sehingga akan terjalin tali silaturahmi yang selalu baik.

2.   Kembali Ke Fitrah

Pasalnya, tujuan perayaan hari raya idul fitri adalah umat muslim akan  kembali kepada jati diri sendiri. Suasana jiwa yang suci akan menjelma ke dalam jiwa kepada tauhid (ideologi). Selanjutnya, jiwa akan kembali tunduk serta penghambaan hanya kepada Allah SWT.

Hal yang paling penting adalah memelihara kesucian diri sebagai hamba Tuhan Maha Penyayang dan Maha Pengasih. 

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam QS. Ar-Rum ayat 30,

فَاَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّيْنِ حَنِيْفًاۗ فِطْرَتَ اللّٰهِ الَّتِيْ فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَاۗ لَا تَبْدِيْلَ لِخَلْقِ اللّٰهِ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُۙ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَۙ

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,”

3.   Momen Berakhirnya Puasa

Tentunya sangat penting bagi umat Islam untuk introspeksi diri, apalagi bulan Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk membenahi diri. Sementara itu, juga menjadi momentum atas kesadaran diri agar urgensi kembali menjadi manusia yang fitrah.

4.   Mengokohkan Tauhid

Selanjutnya, di dalamnya idul Fitri juga  terdapat rasa yang senantiasa menjaga fitrah kehambaan lurus. Jadi umat muslim akan selalu berharap kepada Tuhan untuk dijauhkan dari berbagai macam sikap yang menghina diri kepada makhluk Tuhan lainnya.

Inti utama ajaran Islam adalah mengesakan Allah SWT dalam segal- hal. Mulai dari hati, lisan, bahkan perbuatan.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Imran ayat 112,

ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ اَيْنَ مَا ثُقِفُوْٓا اِلَّا بِحَبْلٍ مِّنَ اللّٰهِ وَحَبْلٍ مِّنَ النَّاسِ وَبَاۤءُوْ بِغَضَبٍ مِّنَ اللّٰهِ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الْمَسْكَنَةُ ۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَيَقْتُلُوْنَ الْاَنْبِۢيَاۤءَ بِغَيْرِ حَقٍّۗ ذٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَّكَانُوْا يَعْتَدُوْنَ

“Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka (berpegang) pada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia. Mereka mendapat murka dari Allah dan (selalu) diliputi kesengsaraan. Yang demikian itu karena mereka mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi, tanpa hak (alasan yang benar). Yang demikian itu karena mereka durhaka dan melampaui batas.”

Selain itu juga tercantum dalam QS. Al-Anbiya ayat 25,

وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا نُوْحِيْٓ اِلَيْهِ اَنَّهٗ لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنَا۠ فَاعْبُدُوْنِ

“Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum engkau (Muhammad), melainkan Kami wahyukan kepadanya, bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Aku, maka sembahlah Aku.”

Tujuan dari perayaan Idul Fitri sebagai momen untuk merayakan berakhirnya puasa dan ibadah lainnya selama bulan suci Ramadhan.

Perayaan yang penuh suka cita dan rasa sungkan, akan membuat saudara sesama muslim terlihat bahagia.

Sebenarnya, masih banyak tujuan dari perayaan idul Fitri lainnya yang bisa Anda ketahui.

Nah, Sobat, Itu saja beberapa tujuan perayaan hari raya idul fitri. Semoga adanya informasi terkait tujuan Idul Fitri di atas bisa memberi manfaat dan menjadi referensi untuk memberikan penjelasan kepada anak-anak.

Selamat menyambut hari raya idul Fitri semoga senantiasa tercurah Rahmat dan hidayah kepada kita semua.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY