3 Manfaat Doa, Yuk Sering-sering Berdoa!

0
42
Manfaat Berdoa

Manfaat Doa – Berdoa adalah memohon dan meminta keinginan, dengan harapan agar Allah mengabulkannya. Ternyata, manfaat berdoa bukan hanya sebatas hal meminta keinginan. Ada keutamaan tersendiri di balik doa yang senantiasa kita panjatkan. Apa saja?

Doa Adalah Senjatanya Umat Mukmin

Ada banyak senjata ampuh di dunia ini. Tapi, senjata utama umat mukmin sejatinya adalah doa. Sebagaimana sabda Nabi:

الدعَاءُ سِلَاحُ الْمُؤْمِنِ

“Doa adalah senjata orang mukmin.” (1)

Dengan doa, seorang mukmin bisa meminta apa saja kepada Allah dan Allah berkuasa mengabulkan sesuai kemauan-Nya. Oleh karena itu, jangan pernah anggap remeh kekuatan doa. Apalagi doa seseorang yang terdzalimi, seperti kita tahu sangat mustajab.

Doa Memberi Manfaat untuk Keberlangsungan Hidup

Selain itu, doa juga bermanfaat untuk keberlangsungan hidup, baik yang telah lampau maupun yang belum terjadi di waktu mendatang. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

 إِنَّ الدُّعَاءَ يَنْفَعُ مِمَّا نَزَلَ وَمِمَّا لَمْ يَنْزِلْ

“Sungguh doa itu bermanfaat untuk apa yang telah dan belum terjadi.” (2)

Misalnya, jika kita berbuat dosa di masa lalu, kita dapat berdoa agar Allah mengampuni. Begitu juga untuk masa mendatang, kita berdoa untuk kebaikan dunia dan akhirat. Setiap orang mungkin punya doa masing-masing sesuai harapan dan kebutuhannya.

Manfaat Doa: Dapat Mengubah Takdir

Tak hanya itu saja, bahkan doa dapat “mengubah” takdir. Rasulullah bersabda:

لاَ يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلاَّ الدُّعَاءُ

“Tidak ada yang dapat merubah takdir kecuali doa.” (3)

Seperti kita tahu, Allah sudah mencatatkan takdir bagi setiap makhluknya di lauhul mahfudz sejak dulu. Namun, takdir masih bisa berubah jika Allah mau mengubahnya. Oleh karena itu, manusia boleh berdoa agar terhindar dari takdir buruk.

Dalam hal ini, bukan manusia yang mampu mengubah takdir. Namun, Allah-lah yang melakukannya. Hanya saja, kita bisa “merayu” Allah dengan cara berdoa. Pasalnya, Allah menyukai hamba-Nya yang suka berdoa, karena berdoa adalah tanda seorang hamba yang mengingat Tuhannya.

Itulah beberapa rahasia manfaat dari doa. Dalam Islam, doa adalah ibadah. Bahkan, doa adalah inti dari ibadah. Oleh karena itu, hendaknya setiap umat muslim tidak pernah lupa berdoa karena berdoa adalah bentuk penghambaan seorang manusia terhadap Tuhan.

Orang yang tidak mau berdoa berarti sombong. Dan orang yang sombong akan berada di neraka di akhirat kelak. Dalam Islam, hampir setiap perbuatan ada doanya. Bahkan, banyak ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits Nabi yang berisi doa. Mudah-mudahan sobat Cahaya Islam termasuk golongan umat muslim yang tidak pernah lupa berdoa dan dapat merasakan manfaat dari doa tersebut.


Referensi:

(1) Musnad Abi Ya’la Hadits No 439

(2) Jami’ at-Tirmidhi 3548

(3) Sunan Ibn Majah 90

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY