3 Hal ini Bisa Bikin Acara Bukber Ramadan Kita Jadi Banyak Mudharatnya

0
34
5 Hal ini Bisa Bikin Acara Bukber Ramadan Kita Jadi Banyak Mudharatnya

Acara Bukber Ramadan – Nggak bisa di pungkiri lagi. Bahwa salah satu hal yang paling orang orang Puasa nantikan adalah waktu berbuka. Terlebih bila waktu iftar itu kita lakukan bersama orang orang terdekat kita. Maka dari itu tak ayal banyak banget resto, hotel dan tempat makan terdekat yang menerima reservasi acara bukber (buka bersama). Karena ya emang begitu sih tradisinya. Kalo Bulan Ramadan nggak ikutan acara bukber tuh kayak ada yang kurang aja.

Bukber ini selain menjadi waktu baik berbuka bareng dan mempererat tali silaturahim. Ternyata oh ternyata, acara ini juga banyak menjadi ajang perilaku dan kegiatan yang banyak mudharatnya. Kita bakal kasih 5 list hal hal yang bikin acara bukber ramadan kita melenceng dan menghasilkan dosa atau lebih banyak mudharatnya daripada kebaikannya.

Acara Bukber Ramadan Kelewat Seru! Malah Skip Ibadah Sholat Kamu?

Kalo tim cahayaislam perhatikan dan pantau acara bukber ramadan dari tahun ke tahun. Hal yang paling sering bikin acara ini jadi BIG NO, adalah saking seru acaranya, Sholat Maghrib jadi lupa. Atau malah sengaja di skip. Memang sih ini tricky sekali, karena waktu sholat Maghrib itu sangat terbatas dan mepet bangets sama waktu sholat isya. Banyak dari kita kadang lalai.

Solusi: Supaya acara buka sobat cahaya islam nggak sampai bikin lalai sholat wajib. Mungkin sejak awal bisa dibikin komitmen bareng sama teman teman yang mengikuti acara. Bahwa bakal ada jeda 10 menit buat sholat maghrib. Pastikan juga tempat bukber itu ada fasilitas Mushola. Lebih baik lagi, sobat dan peserta acara bisa bareng bareng sholat berjamaah.

Bukber jadi ajang Ghibah dan Kata kata yang Tak Beretika

Selama buka bersama, penting untuk menjaga akhlak dan etika Islam, seperti berbicara dengan sopan, memberikan kesempatan kepada yang lain untuk berbicara, dan memberikan perhatian kepada teman atau peserta lain. Namun, fakta di lapangan berkata lain. Bahkan buka bersama dapat menjadi ajang untuk perilaku yang tidak pantas, seperti gossip, perdebatan, atau perselisihan, yang dapat merusak suasana kebersamaan. Sobat cahayaislam jangan sampai kayak gitu ya!

Gunakan acara buka bersama sebagai kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi dengan keluarga, teman, dan tetangga. Berinteraksi secara aktif dengan semua peserta, mendengarkan cerita mereka, dan saling berbagi pengalaman. Bukan membicarakan aib atau hal negatif lainnya.

Acara Bukber Malah Menjadi ajang Pamer

Hal lain yang sering banget kejadian ketika acara bukber adalah para peserta saling berlomba lomba show off satu sama lain. Silaturahim yang baik malah kemudian dicoreng kebajikannya dengan saling pamer yang menimbulkan kedengkian dan penyakit hati lainnya. menghindari menjadikan acara buka bersama sebagai ajang pamer adalah penting untuk menjaga kesucian dan tujuan sebenarnya dari ibadah tersebut. Lebih baik, ajak semua peserta untuk lebih memperhatikan dan peka pada kebutuhan dan keadaan sesama yang mungkin kurang beruntung, daripada terlalu fokus pada diri sendiri atau pamer keberhasilan.

***

Kesimpulannya adalah bahwa sudah seharusnya acara baik bernilai ibadah seperti buka puasa bersama ini menjadi ladang pahala, bukan sebaliknya. Yuk, jadi pribadi yang selalu memperhatikan hal hal kecil agar kita selalu dalam ridho Allah. Semoga Bermanfaat!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY