Berburu Takjil, Kemeriahan Ramadan & Belajar Tentang Kepekaan Sosial Manusia

0
116
Berburu Takjil, Kemeriahan Ramadan & Belajar Tentang Kepekaan Sosial Manusia

Berburu Takjil – Ada yang unik dalam riuh ramainya bulan Ramadan kali ini. Lagi banyak banget trending WAR TAKJIL. Ketika saudara saudari kita non muslim ikut memeriahkan suasana Ramadan dengan ikut memborong santapan takjil buka puasa. Sebuah wujud asli bangsa Indonesia yang sarat dengan eratnya toleransi. Nah, kita sebagai orang islam yang memang sedang menjalani ibadah Puasa di bulan suci ini, seharusnya bisa lebih besar lagi mengambil hikmah. Pelajaran tentang Kepekaan sosial manusia dalam kemeriahan Ramadan.

Ikut Berpartisipasi dalam Kegiatan Sosial untuk Memahami Makna Mulianya Ramadan

Yuk, temukan cara dan Mulailah dengan memahami makna dan tujuan utama dari bulan Ramadan dalam agama Islam kita yang rahmatan lil alamin ini. Ramadan Ini adalah bulan suci di mana umat Muslim berpuasa, meningkatkan ibadah, dan memperbanyak amal kebajikan. Memahami hal ini akan membantu Anda menghargai pentingnya berbagi, tolong-menolong, dan kepekaan sosial.

Proses menemukan jalan pemahaman hikmah Ramadan ini bisa kita lakukan dengan beragam cara. Manfaatkan kemeriahan Ramadan untuk berpartisipasi dalam kegiatan berbagi, seperti membagikan takjil kepada orang-orang yang membutuhkan. Atau berkontribusi dalam program pemberian makanan kepada kaum miskin dan keluarga yang kurang mampu. Atau misalnya nggak bisa begitu, sobat cahyaaislam bisa kok ikut berbagi dengan berburu takjil. Yakni membantu saudara kita yang berusaha mencari rezeki dengan berjualan sajian takjil. Ini akan membantu kita merasakan kebahagiaan dan kepuasan yang datang dari memberikan kepada orang lain.

Berburu Takjil adalah Bentuk Sedekah dan Penghargaan Kita Pada Orang Lain yang Berusaha

Seorang alim ulama yang bijak pernah memberikan nasihat:

Ketika kita Membeli dagangan seseorang Pedagang adalah Bentuk Perpanjangan Tangan Allah untuk membuka rezeki mereka, jadi niatkanlah sebagai bentuk Sedekah

Saat sobat cahayaislam berburu takjil atau menikmati hidangan buka puasa bersama teman, keluarga, atau komunitas tertentu, luangkan waktu untuk menghargai upaya dan kerja keras yang dilakukan oleh orang lain dalam mempersiapkan hidangan tersebut. Ini bisa membuat kita lebih sadar akan kontribusi orang lain dalam menciptakan kemeriahan Ramadan. Belilah takjil kepada mereka yang berjualan dengan niyat karena Allah.

Dengan demikian, tak hanya mendapatkan pahala, sobat juga telah Membangun Empati dalam diri. Saat kita berinteraksi dengan orang-orang yang kurang beruntung atau membutuhkan bantuan. Cobalah untuk membayangkan diri berada dalam situasi mereka. Ini dapat membantu kita menyusun building blocks empati dan lebih memahami tantangan dan perjuangan yang mereka hadapi sehari-hari.

***

Melalui partisipasi aktif dalam kemeriahan Ramadan dan berburu takjil, insha Allah kita dapat memperkuat kepekaan sosial Anda dan merasakan kehangatan serta kebersamaan dalam membantu sesama. Ini juga merupakan bagian penting dari nilai-nilai yang diajarkan dalam Islam, yaitu belas kasihan, solidaritas, dan tolong-menolong kepada sesama. Semoga kita selalu menjadi hamba Allah yang berhati dermawan, Aamiin

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY