Pentingnya Memelihara Niat Sebelum Bertindak

0
234
pentingnya memelihara niat

cahayaislam.id – Niat adalah perkara penting yang perlu diperhatikan dengan baik, terutama pada saat sebelum bertindak. Nah, Sobat Cahaya Islam, tahukah Sobat tentang pentingnya memelihara niat?

Niat adalah poros dari segala amal, nilai dari baik atau buruknya suatu amal perbuatan di mata Allah SWT akan dilihat dari niatnya.

Seharusnya penataan niat sejak awal adalah ikhlas, semata-mata hanya ditujukan pada Allah. Lalu dilengkapi dengan perbuatan dan perkataan di setiap keadaan.

Orang yang memiliki niat baik, maka Allah akan memberikan bentuk balasan sesuai dengan niat orang tersebut. Apapun niat yang ditujukan kepadaNya maka hasilnya pun atas anugerah dariNya.

Berbeda dengan seseorang yang niatnya hanya tertuju untuk dunia, maka yang didapatnya kelak adalah dunia saja, tanpa akhirat. Karena semua perbuatan itu tergantung bagaimana niatnya, setiap kkita melakukan sesuatu sadar atau tidak pasti melndasinya dengan suatu motif yang kita sebut niat.

Akan tetapi ada yang perlu ketahui yakni niat dari seseorang itu beragam. Ada sebagian orang yang memiliki niat benar-benar dengan hati yang ikhlas, serta ada juga sebagian orang yang niat dalam hatinya rusak hingga titik terendah.

Keduanya, merupakan perbedaan yang sangat jauh di mata Allah sama halnya seperti perbedaan antara langit dan bumi.

Pentingnya Memelihara Niat Sebelum Bertindak

Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi;

QS. Al-Isra’ Ayat 18

مَنْ كَانَ يُرِيْدُ الْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهٗ فِيْهَا مَا نَشَاۤءُ لِمَنْ نُّرِيْدُ ثُمَّ جَعَلْنَا لَهٗ جَهَنَّمَۚ يَصْلٰىهَا مَذْمُوْمًا مَّدْحُوْرًا

“Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di (dunia) ini apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki. Kemudian Kami sediakan baginya (di akhirat) neraka Jahanam; dia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.”

Dari ayat yang disebutkan di atas, ada tiga kemungkinan yang akan diterima oleh seseorang yang niat melakukan amal perbuatannya hanya ditujukan bagi dunia. Apa saja?

Meraih kenikmatan Dunia

Seseorang yang melakukan segala tindakan hanya demi mendapatkan keuntungan di dunia maka niat di dalam hatinya tidak hanya tertuju bagi Allah semata.

Mungkin saja, dia akan memperoleh kenikmatan sementara di dunia yang fana ini sebagaimana harapannya tersebut. Akan tetapi dia tidak akan mendapatkan apapun saat di akhirat kelak.

Meraih Sebagian Kenikmatan Di Dunia

Selanjutnya, apabila ada seseorang yang memiliki niat dalam hatinya untuk tujuan duniawi atau kehidupan saat ini, maka Allah SWT kemungkinan bisa memberinya sebagian darinya kenikmatan seperti halnya yang dia inginkan.

pentingnya memelihara niat

Namun, saat di akhirat nanti tidak ada harapan baginya untuk memperoleh kebaikan. Karena tempat yang paling tepat untuk orang-orang yang demikian adalah neraka jahanam.

Di mana mereka akan memasuki tempat tersebut dalam keadaan tercela dan juga terusir.

Tidak Memperoleh Kenikmatan Apapun

Yang terakhir, seseorang yang melakukan segala sesuatu dengan niat bukan untuk Allah SWT maka yang mungkin bisa terjadi kepadanya adalah kesia-siaan, yakni tidak memperoleh kenikmatan apapun atas perbuatannya tersebut.

pentingnya memelihara niat

Maka dari itu, dari kesimpulan di atas kita bisa mempelajari bahwa sangat penting untuk senantiasa menjaga niat yang ikhlas dan semata-mata untuk ditujukan oleh Allah SWT.

Karena setiap amal perbuatan akan dilihat oleh Allah, lalu balasan yang dilimpahkan pada kita itu tergantung pada niatnya.

Demikian di atas merupakan pentingnya memelihara niat sebelum bertindak agar mendapatkan ridho dari Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY