Ibunda Denny Cagur Meninggal, Inilah Cara Berbakti kepada Orang Tua dalam Islam!

0
32

Denny Cagur – Belum lama ini, komedian yang cukup populer dengan sebutan Denny Cagur diselimuti duka. Dikabarkan bahwa ibundanya wafat pada hari Senin, tepatnya tanggal 18 Januari 2021. Kabar ini tentunya menjadi tamparan keras untuk sang komedian. Namun, setiap takdir tentunya harus diterima dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Lantas, sebagai anak yang shaleh hanya bisa mengirimkan doa agar bisa ditempatkan di surga-Nya.

Islam mengajarkan untuk senantiasa menghormati orang tua. Dalam dalil naqli maupun aqli banyak penjelasan terkait pentingnya berbakti pada orang tua. Tidak sedikit manusia yang meremehakn hal ini, hingga banyak yang berakhir durhaka kepada orang tua. Na’udzubillah!

Cara Berbakti Kepada Orangtua dalam Islam

Berbakti kepada orang tua dapat dilakukan dengan hal-hal yang sederhana. Salah satunya dengan senantiasa berkata yang lembut, tidak membentak serta mempermudah segala urusan yang sedang dilakukannya. Allah swt secara tegas mengingatkan untuk tidak berkata kasar kepada orang tua.

Firman Allah swt dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 23-24:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا

 “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Lalu, bagaimana cara Sobat Cahaya Islam untuk bisa berbakti kepada orang tua sesuai yang diajarkan Islam. Yuk simak informasi lengkapnya!

1.   Senantiasa Berbicara dengan Sopan

Cara pertama untuk bisa berbakti kepada orang tua yakni berbicara dengan penuh soapn santun. Islam melarang untuk mengatakan “Ah, Uh, Ih, atau kata lainnya yang serupa dengan kata tersebut. Ucapkan segala hal yang dapat menyenangkan hatinya serta perkataan baik lainnya yang dapat menenangkan.

2.   Mentaati Perintah Orang Tua

Selain itu, cobalah untuk senantiasa mentaati perintah orang tua. Hal ini tentunya merupakan hal yang sederhana, tetapi dalam parktiknya amat sulit dilakukan. Selama apa yang diperintahkannya adalah hal yang baik terhindar dari dosa, maka taatilah keduanya.

3.   Senantiasa Menjaga Nama Baiknya

Lalu, Islam juga mengajarkan untuk senantiasa menjaga nama baiknya. Sebagai anak yang berbanti tentunya harus membantu dengan segenap kemampuan guna menjaga nama baik orang tua ketika dicemarkan orang lain. Seorang anak hendaknya memebrikan penghormatan yang tinggi kepada kedua orang tuanya, maka segala urusan pun akan dipermudah. 

4.   Meringankan Beban Orang Tua

Lalu, sebisa mungkin ringankan beban orang tua. Hal ini bisa dilakukan dengan hal yang sederhana yakni dengan membantu pekerjaan rumah, seperti mengepel, memasak, mencuci dan sebagainya. Setiap pengorbanan orang tua yang disuguhkan demi anak-anaknya tentu tidak akan bisa terbayar dengan apa pun. Oleh karena itu, sedikitnya ringankan beban mereka dengan apa yang bisa dilakukan.

5.   Hindari Sikap yang Tercela Pada Orang Tua

Selanjutnya, hindari sikap yang tidak baik terhadap orang tua. Bertingkah cemberut, melotot hingga menyuguhkan wajah masam adalah tindakan tercela yang dibenci Allah swt. Tidak dapat dipungkiri, setiap anak tentunya amat merepotkan orang tua, tetapi mereka tetap sabar dalam menghadapinya.

6.   Dengarkan Setiap Ucapan dan Nasihatnya

Selain itu, dengarkan apa yang diucapkan orang tua serta nasihatnya. Secara umum, orang tua terkesan bawel dan cerewet, hal ini semata-mata sebagai bukti kasih sayangnya terhadap anak-anaknya. Tidak ada orang tua yang ingin anaknya terjerumus dalam kerusakan/ kesengsaraan.

7.   Senantiasa Mendoakan Orang Tua

Inilah hal yang amat penting yakni senantiasa mendoakan kebaikan untuk kedua orangtua. Baik masih di dunia yang sama atau pun berbeda, doakan selalu dalam setiap sujud yang dilakukan. Doa anak yang shalehah adalah salah satu doa yang diijabah oleh Allah swt.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah beberapa cara berbakti kepada orang tua dalam Islam. Kepergian ibunda Denny Cagur semoga senantiasa menjadi penguat dan kerap megirimkan doa terbaik untuknya. Setiap yang hidup pasti akan kembali kepada Sang Maha Pemilik.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY