Zoom Meeting Bisa Digunakan Sebagai Sarana Silaturahim, lho!

0
37
Zoom Meeting

Zoom Meeting – Penggunaan zoom meeting saat ini gencar digunakan. Ternyata tidak hanya untuk webinar, sekolah online, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mempererat tali silaturahmi.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk memulai silaturahmi menggunakan aplikasi ini? Sobat cahaya islam perlu membuat link zoom terlebih dahulu. Caranya pun tidak sulit, silakan simak caranya di bawah ini.

Membuat Link Zoom Meetiing

Ya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat link Zoom Meeting, berikut ini caranya.

  1. Unduh aplikasinya melalui aplikasi Playstore/App store
  2. Buka aplikasi Zoom dan daftar menggunakan akun google Sobat Cahaya Islam
  3. Klik “New Meeting”
  4. Pilih “Participants”
  5. Klik “Invite” dan pilih “Copy Invite Link”
  6. Share link ke grup keluarga atau teman-teman yang ingin diajak bersilaturahmi.

Langkah-langkah di atas merupakan cara membuat link zoom menggunakan Hp. Bisa juga menggunakan Laptop dan langkahnya sama saja seperti di hp.

Menggunakan Zoom Meeting  sebagai sarana silaturahmi adalah hal yang tepat. Terutama menajalin tali silaturahmi dengan keluarga jauh atau sedang berada di luar kota. Mengapa harus terus bersilaturahim?

Sebelum membuat link zoom, Sobat Cahaya Islam juga perlu mengetahui apa saja keutamaan menjaga tali persaudaraan.

Keutamaan Menjaga Tali Silaturahim

Salah satu kewajiban umat muslim adalah menjaga tali persaudaraan. Bagaimana pun juga kita tidak bisa hidup tanpa bergantung kepada orang lain, maka dari itulah Allah memerintahakan manusia untuk saling bersaudara dan berbuat kebaikan satu sama lain.

Nah, keutaman menjaga tali silaturahim di bawah ini, bisa membuat Sobat Cahaya Islam lebih bersemangat dalam menjaga persaudaraan.

1.       Meningkatkan Rasa Kasih Sayang

Zoom Meeting

Dampak yang dirasakan ketika menjaga tali persaudaraan adalah meingkatnya rasa kasih sayang. Kita juga bisa saling membantu karena rasa tali persaudaraan yang kuat.

Tidak heran semakin eratnya persaudaraan akan semakin erat juga kasih sayang antar saudaranya.

2.       Memperpanjang Umur

Tidak hanya meningkatkan rasa kasih sayang, menjaga tali silaturahim juga bisa membuat panjang umur dan memperluas rezeki. Amalan satu ini juga menghasilkan pahala yang besar.

Sesuai dengan sabda nabi dalam hadits riwayat muslim berikut ini;

Dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaknya ia menyambung silaturrahminya (dengan kerabat).”

(HR. Bukhori no. 5985)

Tidak hanya berdampak di dunia, tapi prilaku ini juga berdampak di akhirat kelak.

3.       Dijauhkan Dari Api Neraka

Seperti yang diketahui sebelumnya, silaturahim juga menguntungkan di akhirat nanti yakni terjauh dari api neraka. Sebagaimana telah disabdakan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam.

“Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku amalan yang dapat memasukkan ku ke Surga serta menjauhkan diriku dari Neraka” Maka Nabi Muhammad SAW bersabda: “Hendaklah engkau beribadah kepada Allah dan janganlah menyekutukan-NYA dengan sesuatu apa pun, mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahim.” (HR. Bukhori No.261)

Itulah mengapa kita harus selalu menjaga persaudaraan dengan yang lainnya. Sebut saja jika saudara seiman atau kerabat dekat kita, merupakan ahli agama, di akhirat nanti bisa saja menjadi syafaat bagi kita untuk bisa memasuki surga.

4.       Menjadi Orang yang Mulia

Zoom Meeting

Tidak hanya mulia di hadapan manusia, tapi juga mulia dihadapan Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadits, menjaga tali silaturahim merupakan sifat terpuji yang dicintai Allah. Sedangkan sikap sebaliknya, dianggap sebagai perusak.

“Maka apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan berbuat kerusakan di bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dikutuk Allah; lalu dibuat tuli (pendengarannya) dan dibutakan penglihatannya.”

(QS. Muhammad: 22-23)

Itulah informasi terkait cara membuat link Zoom Meeting, yang bisa digunakan sebagai sarana bersilaturahim bersama teman dan keluarga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY