Youtuber Muhammad Kace, Hentikan Wabah Para Penista Agama

0
66
youtuber muhammad kace

Youtuber Muhammad Kace – Beberapa hari yang lalu, media sosial sempat heboh dengan adanya pemberitaan Youtuber Muhammad Kace yang menistakan agama.

Ya, apa lagi kalau bukan Islam? Selama ini, keyakinan yang selalu menjadi bahan bully-an.

Sobat Cahaya Islam, fenomena Youtuber Muhammad Kace semakin hari menjadi semakin pelik.

Walaupun teknologi sudah semakin canggih tapi nyatanya beberapa umat malah mneyalahgunakan kecanggihan teknologi tersebut.

Bagaimana Umat Merespon Fenomena Youtuber Muhammad Kace?

youtuber muhammad kace

Sobat Cahaya Islam, kasus Youtuber Muhammad Kace bisa saja terjadi lagi jika tidak segera umat tangani secara langsung. Hasilnya pun tentu akan berimbas pada menurunnya aqidah umat.

Penistaan terhadap agama memang bukan hal yang baru. Malah dengan semakin meningkatnya teknologi akan menjadikan penghinaan tersebut semakin bertambah.

Model penistaannya pun bisa terjadi dari beragam sarana mulai dari media sosial bahkan selebaran. Trend penistaan sekarang yakni lebih melalui komunikasi verbal di chanel YouTube pribadi.

Motif mereka pun beragam, mulai dari ingin mendulang cuan sampai ingin menjatuhkan Islam.

Misal tujuannya untuk perbaikan ekonomi keluarga, tetap saja menistakan agama Islam merupakan tindakan tidak berkeperimanusiaan.

Selain itu, fakta penistaan agama yang semakin berkembang lambat laun menjadi sebuah kewajaran. Saking wajarnya, bahkan kadang umat merasa biasa jika Islam sedang dinistakan.

Misalnya, ketika ada penistaan pada simbol Islam seperti tauhid maupun bendera Liwa Royya’, hanya sebagian masyarakat yang geram akan tindakan tersebut.

Padahal, walaupun hal tersebut hanya sebagai simbolis Islam semata tetap saja maknanya menghinakan Islam. Apalagi jika sampai harus membakar maupun membuangnya dengan cara yang tak beradab.

Contoh penistaan agama yang tidak kentara yakni, manakala umat dengan sengaja melepas amalan ibadah seperti muslimah yang tak berhijab. Bukankah hal demikian juga termasuk dalam kategori penistaan?

Padahal Allah SWT telah jelas menyampaikan bahwa apapun yang umat lakukan akan membutuhkan pertanggungjawaban seperti yang ada dalam surat Al Isra ayat ke 36 :

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌ ۗاِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ اُولٰۤىِٕكَ كَانَ عَنْهُ مَسْـُٔوْلًا

Artinya : Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.

Bagaimana Cara Untuk Menghindarkan Diri Dari Jeratan Penista Agama?

youtuber muhammad kace

Sobat Cahaya Islam, trend kewajaran akan penistaan agama harus segera tersolusikan.

Salah satu penanganan yang dapat umat lakukan yakni dengan melakukan pemberdayaan aqidah. Pemberdayaan tersebut tentu tak sehari – dua hari melainkan membutuhkan waktu yang intensif.

Jika hanya umat raih dalam seminar penguatan aqidah maupun training sekalipun tetap saja umat akan merasa kurang bahkan tidak paham esensi aqidah Islam.

Selain itu, dalam meningkatkan pemberdayaan aqidah utamakan harus ada seorang guru. Guru adalah kunci agar umat dapat memahami makna akan aqidah Islam. Kriteria dari guru tersebut pun bisa beragam jadi tidak harus pada satu orang saja.

Namun, pastikan guru maupun ‘alim ulama’ yang umat pilih adalah golongan yang termasuk dalam Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Ahlus Sunnah Wal Jamaah adalah gelar yang Rasulullah SAW berikan pada umat yang mengikuti jalan Allah dan RasulNya.

Anggapan bahwa aswaja hanya gelar bagi umat tertentu, tidak bisa dibenarkan dan diikuti. Sebab, penilaian umat yang masuk dalam kategori tersebut kembali pada Allah SWT. 

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai kasus Youtuber Muhammad Kace dan bagaimana respon umat seharusnya.

Semoga artikel ini dapat menjadi rekomendasi bacaan terkait penistaan agama yang kerap menjadi trend untuk meningkatkan kestabilan ekonomi umat.

Jika hal ini terus dilakukan, maka bisa menjadikan rezeki umat tak menjadi berkah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY