Manfaat Sholat Tarawih yang Wajib Diketahui!

0
43
sholat Terawih

Sholat Tarawih – Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh seluruh kaum muslimin termasuk sholat tarawih. Bahkan di masa pandemi, shalat tarawih baik di masjid maupun di musholla masih banyak dijumpai.

Momen ini terjadi setahun sekali, maka dari itu banyak dari masyarakat yang tetap mematuhi protokol dan shalat tarawih berjamaah. Rakaatnya pun beragam, dari yang berjumlah 8 maupun 20 rakaat.

Sobat Cahaya Islam, perbedaan rakaat yang terdapat pada shalat tarawih adalah hal yang wajar. Pasalnya, di masa Rasulullah dan sepeninggalnya terdapat tambahan (ziyadah), yakni pada masa Umar bin Khattab RA. Namun, hal ini tidak menjadikan esensi dari shalat tarawih hilang. Justru, semakin banyak rakaat yang dipilih Insya Allah menjadikan seorang hamba lebih dekat dengan RabbNya.

Apa hukumnya meninggalkan sholat tarawih? Bagaimana umat menyikapinya?

Sholat tarawih sendiri dihukumi sebagai shalat Sunnah. Sunnah diartikan suatu ibadah jika dilakukan akan mendapat pahala, jika ditinggalkan umat akan merugi.

Namun, sebagian besar umat muslim hari ini tidak sefrekuensi dengan definisi yang demikian. Mayoritas lebih menganggap Sunnah merupakan sesuatu yang boleh saja ditinggalkan karena tidak meninggalkan dosa.

Persepsi yang demikian perlu untuk diluruskan supaya umat memahami esensi hukum Sunnah. Hal ini penting mengingat tidak semua umat dapat menjamin amalan wajibnya diterima oleh Allah SWT atau tidak. Sehingga Sunnah hadir sebagai pelengkap dari amalan wajib.

Tarawih sendiri dianggap sebagai Sunnah Muakkad, yakni Sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan. Allah SWT menjamin hambaNya yang secara kontinyu melakukannya dengan keberlimpahan manfaat.

Manfaat Shalat Tarawih

Lantas apa saja manfaat dari melaksanakan shalat tarawih?

1.   Pengampunan Dosa

Ibadah yang dilakukan oleh kaum muslimin secara tidak langsung adalah jalan agar manusia tidak berdosa. Demikian juga halnya dengan menjalankan ibadah tarawih di bulan Ramadhan. Shalat sunnah jika dilakukan semata karena Allah SWT, akan menjadikan seorang hamba diampuni dosanya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

2.   Pahala yang Berlimpah

Selain diampuni dosanya, Insya Allah seorag hamba tersebut akan diberikan pahala yang berlimpah. Menjalankan ibadah tarawih di malam hari, pahalanya sama dengan menjalankan shalat qiyamul lail semalam penuh.

Tentu hal ini merupakan suatu keistimewaan yang jarang sekali akan didapatkan. Pasalnya, bulan Ramadhan hanya berlangsung sekali dalam setahun saja. Maka sudah selayaknya umat muslim memanfaatkannya.

3.   Mendekatkan diri pada Ketaqwaan

Manfaat lain yang bisa didapatkan yakni menjadikan dirinya lebih dekat pada RabbNya. Banyakbya rakaat pada ibadah tarawih menjadi seleksi tersendiri bagi umat muslim.

Tak jarang ditemukan ada sebagian umat yang menyerah untuk beberapa rakaat saja atau bahkan membiarkan ibadah tarawih ditinggalkan karena hal sepele lainnya. Bahkan, fakta yang sering didapatkan momen tarawih selalu terabaikan manakala program buka bersama lebih diminati.

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menjalankan sholat tarawih. Adanya manfaat, tidak menjadikan fokus umat teralih hanya untuk mendapatkannya.

Fokus utama yakni menjalankan Sunnah, sedangkan manfaatnya hanya sebagai bonus saja. Semoga Allah melimpahkan keberkahan pada umatNya yang senantiasa berusaha menjalankan SunnahNya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY