Viral Keributan Ondel-Ondel, Ini Anjuran Islam Untuk Tidak Mengganggu Sesama Muslim

0
63
Viral Keributan Ondel-Ondel dan Larangan Islam Mengganggu Sesama Muslim

Viral keributan ondel-ondel – Siapa yang tidak tahu ondel-ondel? ini merupakan salah satu kebudayaan khas dari Betawi yang biasanya dijadikan sebagai pertunjukkan untuk hiburan. Itu sebabnya pertunjukkan ondel-ondel sangat dinantikan dan juga sebagai simbol kebudayaan dari Betawi. Sayangnya, yang terjadi di kawasan Puribeta 1, Ciledug, Tangerang ini justru berbeda. Ondel-ondel bukannya menjadi hiburan yang menyenangkan, namun justru meresahkan masyarakat sekitar karena terjadinya keributan antar dua ondel-ondel.

Viral Keributan Ondel-Ondel dan Pandangan Islam Tentang Keributan

Keributan yang terjadi antara kedua pemain ondel-ondel ini diduga karena adanya persaingan antara keduanya. Sebelumnya ondel-ondel berwarna hitam dengan sengaja menyenggol ondel-ondel merah. Hingga timbul pertengkaran keduanya dan tubuh ondel-ondel merah ini ditarik hingga terkapar di jalanan. Keributan ini kemudian mengundang riuh dari masyarakat sekitar. Hingga akhirnya petugas keamanan datang untuk melerai keduanya dan menghentikan keributan. Video yang lalu viral di media sosial ini menuai banyak komentar karena dianggap merusak budaya Betawi.

Viral Keributan Ondel-Ondel, Ini Pandangan Islam Tentang Keributan dan Mengganggu Sesama Muslim

Viral Keributan Ondel-Ondel dan Keributan Dalam Pandangan Agama Islam

Viral keributan ondel-ondel ini seketika ramai diperbincangkan dan dikomentari oleh masyarakat. Banyak orang mengecam aksi kedua pemain ondel-ondel yang dianggap mempermalukan budaya khas Betawi ini. Jika dipandang dari segi agama islam pun, keributan bukanlah tindakan yang dianjurkan dalam agama. Apalagi jika dengan sengaja memancing keributan seperti yang dilakukan salah satu pemain ondel-ondel karena menyenggol pemain lainnya. Ini sama dengan mengganggu dan memancing keributan.

وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُبِينًا

Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.(1)

Dalam ayat diatas dijelaskan bahwa kaum muslim dilarang untuk menyakiti kaum muslim lainnya. Menyakiti disini bisa diartikan berbagai hal. Termasuk juga dengan mengganggu kaum muslim lainnya tanpa kesalahan yang diperbuatnya. Apalagi jika hanya dikarenakan persaingan atau rasa iri. Tentu saja ini bukan hal yang dianjurkan dalam agama islam.

Larangan Memprovokasi dan Anjuran Untuk Mendamaikan Yang Berselisih Dalam Islam

Viral Keributan Ondel-Ondel dan Anjuran Islam Untuk Mendamaikan Yang Berselisih

Dalam agama islam, berselisih atau membuat keributan sesama muslimsangat bertentangan dengan ajaran yang ada. Sehingga islam melarang adanya keributan atau perselisihan. Apalagi hingga menyebabkan kerugian dan menyakiti orang lain. Itu sebabnya, islam juga melarang keras tindakan provokasi. Karena tidak sedikit orang yang justru membuat perselisihan semakin memanas dengan kalimat-kalimat atau komentar provokasi. Lalu bagaimana seharusnya kaum muslim saat melihat perselisihan?

Seperti yang terjadi pada kasus keributan dari kedua ondel-ondel hingga membuat salah satu terkapar di jalanan. Sebagai seorang muslim, kita wajib untuk mendamaikan keduanya. Dan menghindari hal-hal yang justru bisa memprovokasi keduanya untuk semakin berselisih.

وَأَصْلِحُوا ذَاتَ بَيْنِكُمْ ۖ وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu; dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kamu adalah orang-orang yang beriman”.(2)

Viral keributan ondel-ondel – ini merupakan salah satu sikap yang bertentangan dengan ajaran agama islam. Itu sebabnya, wajib bagi muslim lainnya atau orang yang melihat keributan ini untuk mendamaikan keduanya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ahzab Ayat 58

(2) – Surat Al-Anfal Ayat 1

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!