Al-Baqarah: Manfaat dan Keutamaan Membacanya

0
99
al-baqarah

Al-Baqarah – Membaca Al-Quran menjadi kebiasan orang-orang yang soleh. Di Bulan ramadhan ini sebaiknya jangan disia-siakan. Membaca Al-Quran  adalah amalan yang sebaiknya jangan sampai dilewatkan. Minimal dalam satu bulan kita bisa mengkhatamkan satu kali atau bahkan lebih. Dengan begitu Ramadhan akan lebih bermakna.

Membaca ayat-ayat Firman Allah memiliki banyak sekali manfaat. Siapapun akan merasa tenang dan tentram dengan membaca serta memahami Firman Allah. Setiap surat yang ada di dalam kitab suci Al-Quran memiliki keutamaan dan keistimewaannya tersendiri. Salah satu ayat yang juga memiliki banyak keutamaan adalah surat Al-Baqarah.

Keutamaan Surah Al-Baqarah

Al-Baqarah memiliki arti Sapi Betina yang di dalamnya terdapat banyak sekali hal yang mampu menambah keimanan, menambah ketengan dan kecintaan kepada Allah SWT. Selain itu juga terdapat sejarah mengenai umat terdahulu sehingga kita dapat mengambil pelajaran setelah membaca ayat surat tersebut beserta maknanya. Membaca surat Al-Baqarah memiliki banyak keuntamaan diantaranya :

al-baqarah

1. Melindungi rumah dan keluarga dari gangguan setan

Apabila rumah sering dibacakan Al-Quran terutama surat Al-Baqarah maka inshaallah rumah akan selalu terjaga dan keluarga akan terlindungi dari godaan atau tipu daya setan. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيْهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ

Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan shalat dan membaca al-Qur’an di dalamnya), sesungguhnya syaitan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah[1]

Dalam lafazh riwayat at-Tirmidzi: “…Sesungguhnya syaitan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah” [2]

Membaca Al-quran akan menjadikan rumah terasa lebih hidup dan penuh berkah. Sedangkan rumah yang tidak pernah dibacakan Al-Quran diibaratkan seperti kuburan yang sepi dan tidak ada kehidupan. Perbandingan ini merupakan perumpamaan yang luar biasa agar manusia melihat betapa rumah yang dibacakan ayat Allah dan yang tidak dibacakan ayat Allah jelas memiliki perbedaan yang sangat jauh.

Jangan sampai rumah kita menjadi rumah yang kosong dan sepi dari ayat-ayat Al-Quran agar selalu mendapatkan perlindungan dan dijauhkand ari tipu daya setan yang menyesatkan.

al-baqarah

2. Terdapat ayat al-Kursi (ayat paling agung dalam al-Qur’an)

Keutamaan yang selanjutnya adalah terdapat ayat Kursi. Ayat tersebut merupakan ayat yang paling agung di dalam Al-quran karena ayat tersebut berisi tentang keagungan Allah dan memiliki begitu banyak keistimewaan.

Dari Ubay bin Ka’ab Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (kepadaku):

Wahai Abul Mundzir, apakah kamu mengetahui ayat apakah yang paling agung dalam a-Qur’an yang ada padamu (yang kamu hafal)?”. Maka aku berkata: “(Ayat al-Kursi) Allah tidak ada sembahan yang benar kecuali Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri sendiri dan menegakkan makhluk-Nya…” (al-Baqarah: 255). Maka Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam menepuk dadaku dan bersabda: “Demi Allah, ilmu akan menjadi kesenangan bagimu, wahai Abul Mundzir!” [3].

Betapa ayat Kursi memiliki banyak sekali ekistimewaan. Bahkan ayat ini sangat dianjurkan dibaca setiap hari terutama setelah sholat, sebelum tidur, ketika meruqyah diri dan lain sebagainya.

al-baqarah

3. Dua ayat terakhir dari merupakan sebab seorang hamba dicukupkannya dan dimudahkan

Selanjutnya seseorang yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah akan mendapatkan anugerah yang luar biasa yakni dicukupkan dari segala keburukan dan di mudahkan dalm segala kebaikan.

Sobat cahaya Islam tentu ingin hidup ini mendapatkan banyak kemudahan. Oleh karena itu jangan melewatkan membaca surat Al-Baqarah.

Dari Abu Mas’ud al-Badri Radhiyallahu anhu bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْآيَتَانِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مَنْ قَرَأَهُمَا فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya: Dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah, barangsiapa yang membacanya di malam hari maka dua ayat tersebut akan mencukupi baginya” [4].

Catatan kaki:

[1] HR. Muslim (no. 780).

[2] HR at-Tirmidzi (5/157), dinyatakan shahih oleh Imam at-Tirmidzi dan Syaikh al-Albani.

[3] HR. Muslim (no. 810).

[4] HR. al-Bukhari (no. 3786) dan Muslim (no. 807 dan 808).

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!