Lisa BLACKPINK dari YG Entertainment Absen di Paris fashion Week, Bagaimana Hukum Menghadiri Undangan dalam Islam?

0
26
YG Entertainment

YG Entertainment – Personel dari BLACKPINK telah mendapatkan undangan untuk menghadiri Paris Fashion Week. Salah satu personel BLACKPINK yang juga mendapatkan undangan tersebut adalah Lisa BLACKPINK. Namun, meskipun pada saat itu Lisa BLACKPINK berada di Paris. Para penggemar Lisa BLACKPINK merasa sangat kecewa.

Buntut dari kekecewaan itu adalah penggemar Lisa BLACKPINK mengecam pihak YG Entertainment yang merupakan agensi dari BLACKPINK. Pihak YG Entertainment tidak ingin Lisa BLACKPINK berpartisipasi dalam acara Paris Fashion Week dikarenakan situasi pandemi covid. Oleh karena itu, Lisa BLACKPINK akan melewatkan beberapa sesi pemotretan disana.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kepada kita untuk memenuhi undangan selama tidak ada uzur. Sebab, memenuhi undangan juga merupakan salah satu kewajiban seorang muslim atas saudara seimannya yang harus ditunaikan. Tetapi, pada saat ini banyak sekali orang yang mengabaikan sebuah undangan. Lalu, bagaimana hukum menghadiri undangan dalam Islam?

Hukum Menghadiri Undangan dalam Islam yang Tidak Dilakukan Oleh YG Entertainment

Menghadiri undangan hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim. Sebab, memenuhi undangan merupakan salah satu hak yang wajib ditunaikan oleh seorang muslim atas saudara sesama muslim.  Salah satu undangan yang wajib dipenuhi adalah undangan resepsi pernikahan atau walimahan. Hal tersebut sebagaimana hadist yang berbunyi:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلعم إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ فَلْيُجِبْ فَإِنْ كَانَ صَائِمًا فَلْيُصَلِّ وَإِنْ كَانَ مُفْطِرًا فَلْيَطْعَمْ

Dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika salah seorang dari kalian diundang, hendaknya ia penuhi undangan tersebut, jika ia sedang berpuasa, maka hendaklah ia mendo’akannya, dan jika ia sendang tidak berpuasa, hendaknya ia memakannya.” (H.R. Muslim No. 2584)

Tetapi, ada juga beberapa undangan yang tidak boleh kita penuhi seperti memenuhi undangan orang kafir dan undangan dari orang yang fasik. Adapun alasan kita tidak diperbolehkan memenuhi undangan orang kafir karena kita tidak tahu makanan yang mereka hidangkan itu halal atau haram, kecuali jika kita memenuhi undangannya untuk mengajaknya masuk Islam.

YG Entertainment

Adapun alasan kita tidak boleh memenuhi undangan orang yang fasik karena dia melakukan perbuatan fasik secara terang-terangan. Contohnya seperti pemabuk, pezina, atau pencuri. Kita boleh memenuhi undangannya jika ada manfaat bila kita memenuhi undangan tersebut. Contohnya seperti mengajak dia supaya berhenti berbuat fasik dan menjadi manusia yang baik.

Lalu, hukum menghadiri undangan menurut para ulama diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Az-Zarqani

Hadir dalam undangan tidak diwajibkan apabila teks dalam undangan itu sendiri tidak bersifat mengikat atau mengharuskan seseorang wajib hadir. Contohnya seperti tulisan, ” apabila bapak/ibu berkenan untuk hadir”, maka datang atau tidak datang tergantung pada keputusan yang diundang ingin datang atau tidak.

Sama halnya pihak Lisa BLACKPINK dari YG Entertainment yang diundang untuk hadir di Paris Fashion Week. Apabila si pengundang mencantumkan tesk sebagaimana yang tertulis diatas, maka Lisa BLACKPINK atau dari pihak YG Entertainment berhak menentukan hadir atau tidak hadir dalam acara tersebut.

2. Ibnu Taimiyah

Memenuhi undangan hukumnya adalah sunnah. Pendapat ini berdasarkan jika seseorang menghadiri suatu undangan, maka ia harus mengambil makanan serta harta orang lain. Sedangkan, seseorang tidak diwajibkan dan dilarang memakan harta seseorang yang tidak ingin dimilikinya.

3.  Syekh Zakaria Al-Anshari

Menurutnya, memenuhi undangan resepsi pernikahan hukumnya adalah wajib, sedangkan memenuhi undangan yang selain itu hukumnya adalah sunnah. Jadi, menghadiri undangan selain resepsi pernikahan itu tidak diwajibkan bagi yang diundang.

YG Entertainment

Itulah hukum menghadiri undangan yang tidak dilakukan oleh YG Entertainment. Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah supaya ketika mendapatkan undangan kita dapat memenuhi undangan tersebut. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY