V Live: Aplikasi Bukti Keberhasilan Jimin, Ingat 5 Sikap  Muslim Saat Dapatkan Keberhasilan

0
23

V Live  – Melalui aplikasi ini terlihat ketenaran Jimin, keberhasilannya di kancah internasional. Pasalnya dengan durasi 30 menit Live di aplikasi ini, ia ditonton hingga 9 juta orang, sebagai pemenuhan janji kemarin saat ia berulang tahun 13 Oktober lalu.

Di samping kebahagiaan tayang di V Live, Jimin menangis lantaran tidak bisa bertatap muka langsung bergabung dengan ARMY karena sia-sia pandemi virus Corona, yang anggap sesuatu yang tidak adil.

Keberhasilan adalah dambaan setiap insan yang mempunyai harapan. Untuk meraihnya perlu niat, usaha, tekad, kesungguhan tidak lupa doa. Terkait kapan keberhasilan itu tergenggam adalah rahasia Sang Pencipta kehidupan.

Sobat Cahaya Islam, lantas apabila keberhasilan itu telah kita peroleh, tidak sepantasnya untuk meninggalkan amalan-amalan ketika selagi berjuang. Maka dari itu mengetahui bagaimana sikap muslim sebaiknya saat mendapatkan keberhasilan menjadi hal yang penting.

V Live Lewat Aplikasi ini Terlihat Keberhasilan Jimin, 5 Sikap Muslim Saat Mendapatkan Keberhasilan

Salah satu yang sering membuat orang lupa kepada Allah SWT yakni keberhasilan. Kebahagiaan yang bersifat duniawi ini tidak lepas dari ketetapan Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita terapkan sikap muslim saat mendapatkan keberhasilan agar tidak salah langkah.

  1. Bersyukur kepada Allah SWT

Siapa yang memberikan keberhasilan? Allah SWT jawabannya. Walaupun, untuk mendapatkan keberhasilan dibutuhkan sungguh-sungguh, tetapi hasilnya bukan mutlak usaha manusia. Bersyukur kepada Allah SWT, setidaknya dengan mengucap bacaan hamdalah.

  1. Tidak Membanggakan Diri (Sombong)

Sombong atau terlalu membanggakan diri tidak diperkenankan oleh agama Islam. Sombong diibaratkan seperti api yang melalap kayu bakar, meluluhkan amal kebaikan. Berikut dalil yang menunjukkan dilarangnya bersikap sombong.

وَلاَ تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَ تَمْشِ فِي اللأَرْضِ مَرَحاً إِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَجُوْرٍ {18}

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman:18)

Ayat di atas hanya salah satu dalil yang melarang berlaku sombong, sebenarnya ada banyak dalil terkait larangan ini baik dalam Al-Qur’an dan hadis nabi.

Dijelaskan bahwa orang yang sombong termasuk dalam orang-orang yang tidak disukai oleh Allah SWT. Muslim perlu melatih diri untuk terhindar dari sikap sombong yang membahayakan ini.

  1. Ingat Orang yang Ikut Berpartisipasi dalam Keberhasilan

Menjadi orang besar karena keberhasilan tidak luput dari uluran bantuan orang lain yang ikut serta, mulai dari guru, sahabat, orang tua, atau bahkan orang yang berada di balik layar, seperti kameramen, orang yang berkecimpung di media, maupun lainnya.

  1. Tidak Bahagia secara Hiperbola

Bahagia, boleh saja tapi tidak boleh hiperbola alias berlebih-lebihan. Berlebihan saja tidak dibolehkan oleh Islam, karena orang yang berlebih-lebihan tergolong sebagai teman dari syaitan.

  1. Memberikan Sebagian Perolehan Keberhasilan kepada Orang Lain

Keberhasilan disangkutpautkan dengan adanya rezeki yang berlimpah. Rezeki tersebut tentu ada hak milik orang lain, maka perlu membagikan kebahagiaan dengan menyedekahkan atau mengingatkan kepada orang lain.

Lebih utama lagi, dalam harta itu ada zakat mal (zakat harta) yang sudah ditetapkan nisabnya dalam syariat agama Islam.

Sobat Cahaya Islam, itu semua beberapa sikap yang perlu ditanamkan dalam diri seseorang ketika mendapatkan keberhasilan, seperti keberhasilan Jimin Live lewat aplikasi V Live. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY