Umat Muslim Capai 2 Miliar, Rasulullah Pasti Bangga

0
74
Umat-Muslim-Mencapai-2-Miliar

Muslim Capai 2 Miliar – Semakin hari, jumlah pemeluk agama Islam semakin banyak. Per tanggal 2 Februari 2024, populasi umat muslim di seluruh dunia mencapai 2,02 miliar, tepatnya 2.022.131.798. Artinya, presentase umat muslim adalah sekitar 25% dari seluruh penduduk di dunia. Dengan semakin banyaknya pemeluk agama Islam, tentunya Rasulullah akan bangga terhadap umatnya di hari kiamat kelak.

Muslim Capai 2 Miliar Orang: Kebanggaan Rasulullah di Hari Kiamat

Dalam sebuah hadits dari Ma’qil bin Yasar, Rasulullah bersabda:

تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ

“Nikahilah Perempuan yang pecinta (pada suaminya) dan bisa punya anak banyak. Sesungguhnya aku akan berbangga dengan (banyaknya) kamu di hadapan umat-umat (terdahulu).” (1)

Hadits di atas menjadi dasar dalil yang menganjurkan umat muslim untuk mempunyai banyak anak. Dengan begitu, umat muslim pun akan semakin banyak. Tentunya, Rasulullah akan membanggakan kita semua di depan umat-umat para Nabi yang terdahulu. Oleh karena itu, populasi muslim di dunia yang telah mencapai lebih dari 2 miliar harus kita syukuri dan banggakan juga.

Jadi, jika kita hidup di lingkungan pesantren misalnya, maka punya banyak anak adalah hal yang bagus karena berpotensi mencetak generasi-generasi muda muslim yang taat dan saleh.

Kewajiban Orangtua Mendidik Anak

Namun, yang tidak boleh kita lupakan adalah kewajiban orangtua untuk mendidik anak-anaknya. Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

يٰبُنَيَّ اَقِمِ الصَّلٰوةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوْفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ 

“Hai anakku! Dirikanlah shalat, suruhlah (manusia) berbuat makruf, dan cegahlah (mereka) dari (perbuatan) munkar.” (2)

Maka, hendaknya orangtua peduli dengan Pendidikan anak, terlebih Pendidikan agama Islam. Pasalnya, saat ini banyak sekali umat muslim yang tidak paham dengan ajaran agamanya sendiri. Untuk itu, didiklah anak-anak dengan Pendidikan agama yang baik agar menjadi generasi muda muslim yang berkualitas. Dengan begitua, banyaknya populasi umat muslim di seluruh dunia akan diimbangi dengan kualitas unggulan.

Pentingnya Punya Anak-Anak Shalih

Memiliki anak-anak yang shalih sangat penting bagi orangtua. Pasalnya, mereka-lah yang akan dapat menolong dan memberi manfaat, khususnya ketika orangtua sudah meninggal. Dalam hal ini, Rasulullah bersabda:

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ ‏

“Jika manusia telah mati, terputuslah semua amalnya, kecuali tiga: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, anak shalih yang mendoakannya.” (3)

Tentu saja, ini adalah puncak dari keutamaan punya anak. Pasalnya, anak yang shalih bukan hanya bermanfaat di dunia tapi juga di akhirat.

Umat Muslim Capai 2 Miliar, Apakah Banyak Anak Lebih Baik?

Masalahnya, Indonesia dan negara-negara dengan Tingkat populasi tinggi umumnya mempunyai program penekanan angka kelahiran. Dalam hal ini, kita harus lebih bijak dalam menyikapi masalah ini. Jika orangtua khawatir tidak dapat memberikan pendidikan agama dan nafkah yang baik, maka slogan ‘dua anak lebih baik’ bisa diikuti.

Namun, jika orangutan yakin mampu memberikan pendidikan agama dan nafkah yang baik kepada anak-anaknya, maka memiliki anak lebih dari dua juga menjadi hal yang baik. Namun, kita harus ingat bahwa semakin banyak anak, akan semakin berat tantangannya untuk menjadikan mereka menjadi anak-anak yang shalih. Mudah-mudahan, Allah memberikan sobat Cahaya Islam anak-anak yang shalih dan shalihah. Aamiin.


Referensi:

(1) Sunan Abi Dawud 2050

(2) Q.S. Luqman Ayat 17

(3) Sahih Muslim 1631

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY