Amalan Di Bulan Ramadhan Yang Sobat Muslim Harus Tahu

0
82
amalan di bulan ramadhan

Amalan di bulan ramadhan – Bulan ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu kedatangannya oleh kaum muslim di seluruh dunia. Bulan ramadhan begitu istimewa karena banyak keutamaan di dalamnya. Di bulan suci inilah setiap yang beragama Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa.

Selain puasa banyak amalan di bulan ramadhan yang disarankan untuk kaum muslim laksanakan. Di bulan ini Allah melipatgandakan pahala dan membuka pintu ampunan selebar-lebarnya. Inilah kesempatan bagi Sobat cahaya Islam untuk mengerjakan amalan-amalan di bulan ramdhan untuk mendapatkan ridho Allah Ta’ala.

Amalan di Bulan Ramadhan

Berikut adalah beberapa amalan yang bisa Sobat Cahaya Islam kerjakan selama bulan ramadhan.

1. Memperbanyak Baca Al -Quran

Membaca Al-Quran di bulan ramadhan mendatangkan kebaikan bagi siapapun yang membacanya. Allah juga akan melipatgandakan pahala membaca al quran di bulan puasa. Lebih afdhol jika Sobat Cahaya Islam bisa mengkhatamkan minimal 1 kali di bulan puasa.

amalan di bulan ramadhan

2. Memperbanyak Sedekah

Rasulullah sangat senang sekali bersedakah. Beliau memiliki kekayaan yang banyak tapi sebagian besar hartanya digunakan untuk bersedekah dan membantu jihad di jalan Allah. Rasulullah semakin banyak bersedkah saat bulan Ramadhan.

“Dari Ibnu Abbas r.a. ia berkata: Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadhan, ketika ditemui oleh Malaikat Jibril pada setiap malam pada bulan Ramadhan, dan mengajaknya membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Ketika ditemui Jibril, Rasulullah adalah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan.” (HR. Bukhari No. 4711 dan Muslim No. 2307)

Sebagai umat beliau, sudah sepantasnya kita meniru beliau. Mari perbanyak sedekah di bulan yang penuh rahmat dan barokah.

3. Shalat Tarawih

Shalat tarawih adalah amalah sunnah muakkad yang dikerjakan di malam hari saat bulan Ramadhan. Meskipun hukumnya sunnah, shalat tarawih apabila dikerjakan pahalanya sangat besar. Shalat tarawih bisa dilakukan di masjid atau di rumah. Tapi yang lebih utama jika dikerjakan secara berjamaah.

amalan di bulan ramadhan

4. Itikaf

Itikaf adalah mendekatkan diri kepada Allah. Itikaf dilakukan di masjid di 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Muslimin biasanya mengisi itikaf dengan membaca Al- Quran, berdizikir, atau mengerjakan shalat malam. Mendekatkan diri kepada Allah dengan berdiam diri di masjid supaya bisa mendapat malam Lailatul Qadar, malam yang istimewa dari 1000 bulan.

5. Dzikir

Selama bulan puasa, tingkatkan intensitas kita dalam berdzikir kepada Allah. Dzikir dapat dilakukan baik siang maupun malam hari di bulan Ramadhan. Siapapun yang hati dan mulutnya senantiasa melantunkan dzikir, maka orang tersebut akan diberikan perlindungan dan hidayah oleh allah Ta’ala.

6. Tertib Shalat 5 Waktu

Puasa wajib hukumnya dikerjakan di bulan Ramadhan. Tapi jangan lupakan ibadah wajib lainnya, yaitu shalat 5 waktu. Shalat fardhu 5 waktu sebaiknya selalu dikerjakan di awal waktu dan berjamaah. Nilai pahala ibadah wajib ini ditingkatkan selama bulan Ramadhan.

7. Menyampaikan Dakwah

Berdakwah adalah hal yang sangat mulia. Tujuan dari dakwah adalah menyebarkan ajaran Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. Setiap mukmin dianjurkan untuk menyampaikan dakwah meskipun satu ayat saja.

amalan di bulan ramadhan

8. Bayar Zakat

Amalan di bulan Ramadhan lainnya yaitu membayar zakat. Membayar zakat merupakan amalan untuk menyempurnakan amalan kita di bulan Ramadhan. Sobat Cahaya Islam jangan sampai melewatkan kesempatan untuk membayar zakat.

Beberapa amalan di bulan Ramadhan di atas memiliki keutamaan dan nilai pahala berlipat dari bulan-bulan biasa. Sangat rugi jika kita tidak menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai ladang pahala dan bekal di kehidupan akhiran kelak. Semoga Sobat Cahaya Islam dan kita semua selalu diberi rahmat serta hidayah-Nya di bulan penuh ampunan dan keberkahan ini.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!