Penghargaan Kemanusiaan Zayed Award untuk NU dan Muhammadiyah

0
62
Penghargaan-Kemanusiaan-Zayed-Award-untuk-NU-dan-Muhammadiyah

Penghargaan Kemanusiaan Zayed Award – Dua ormas Islam terbesar Indonesia, NU dan Muhammadiyah, meraih Zayed Award for Human Fraternity, yakni Penghargaan Zayed untuk Persaudaraan Manusia. Pasalnya, kedua ormas Islam ini punya andil besar mengatasi tantangan sosial yang begitu rumit. Bahkan, mereka juga mempromosikan perdamaian dan solidaritas internasional.

Penghargaan Kemanusiaan Zayed Award Simbol Hubungan Antarmanusia

Sebagai informasi, penghargaan ini mengakui entitas di dunia yang berhasil memimpin dan memberi contoh, berkolaborasi dengan tulus, tak kenal lelah menjembatani kesenjangan, serta menciptakan hubungan antar manusia yang baik. Dalam hal ini. Allah berfirman:

وَاَحْسِنْ كَمَآ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ

“Dan berbuat baik-lah (kepada orang lain) sebagaimana Allah berbuat baik kepadamu.” (1)

Jadi, NU dan Muhammadiyah telah memberikan teladan kepada kita semua tentang kemanusiaan. Maka, sudah seharusnya kita ikut andil dalam mewujudkan kemanusiaan yang adil dan beradab serta menjaga kelestarian alam semesta.

Islam Menjunjung Tinggi Persaudaraan

Seperti Namanya, Penghargaan Zayed 2024 ini ditujukan untuk persaudaraan manusia. Islam mengajarakan bahwa sesama umat muslim adalah bersaudara, sebagaimana firman Allah dalam ayat Al-Qur’an berikut ini:

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ

“Sesungguhnya orang mukmin itu bersaudara.” (2)

Allah telah mengingatkan kita semua bahwa sesama mukmin itu bersaudara. Oleh karena itu, kita hendaknya menjauhi perselisihan dengan sesama mukmin. Apalagi menjelang pemilu 2024 di Indonesia ini, perselisihan antar saudara, tetangga, dan teman sangat rawan terjadi. Maka, tugas kita semua adalah saling menjaga perdamaian.

Bahkan, jika ada orang yang berselisih, sebisa mungkin kita mendamaikannya. Dengan menjaga perdamaian, artinya kita membantu bangsa Indonesia untuk mewujudkan negara yang aman dan damai.

Umat Islam Wajib Mewujudkan Perdamaian

Di zaman akhir ini, perdamaian sangat mahal harganya. Faktanya, hingga kini masih banyak negara yang belum bisa menemukan titik damai. Dalam hal ini, Allah berfirman:

وَالصُّلْحُ خَيْرٌ

“Dan perdamaian itu lebih baik (bagi mereka).” (3)

Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak jenis perdamaian yang bisa kita usahakan. Misalnya adalah mendamaikan antara umat muslim dengan non-muslim. Selain itu, bisa juga dengan mendamaikan antara pemimpin dan pemberontak. Kemudian, mendamaikan suami dan istri juga termasuk menciptakan perdamaian. Atau, mendamaikan sesama manusia dalam interaksi muamalat pun termasuk salah satu contohnya.

Intinya, mewujudkan perdamaian adalah memutus perselisihan antara 2 pihak yang berkonflik atau berselisih. Dan, ini bisa kita lakukan mulai dari lingkungan terdekat atau terkecil dahulu seperti keluarga atau tetangga. Mudah-mudahan, NU dan Muhammadiyah semakin Berjaya, bukan hanya dalam dakwahnya tapi juga dalam misi kemanusiannya. Aamiin.


Referensi:

(1) Q.S. Al-Qashas Ayat 77

(2) Q.S. Al-Hujurat Ayat 10

(3) Q.S. An-Nisa Ayat 128

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY