Umar Bin Khattab: Kisahnya Membuat Tertawa dan Menangis

0
87
umar bin khattab

Umar Bin Khattab – Sahabat Rasulullah SAW ada banyak dan semuanya memiliki peran yang penting dalam mendukung dakwah Rasulullah SAW. Salah satu sahabat Nabi yang juga merupakan salah satu Khalifah dengan peran yang sangat besar adalah Umar Bin Khattab.

Kita tentu sudah sering mendengar kisah mengenai sosok Umar Bin Khattab. Beliau adalah sahabat yang memiliki ketegasan dalam memimpin namun begitu lembut hatinya sehingga sangat patut dicontoh oleh setiap pemimpin.

Dalam masa kepemimpinannya rakyat hidup dengan damai dan sangat diperhatikan sehingga sangat jarang orang yang kelaparan. Selain itu beliau juga sosok pemimpin yang tegas sehingga kriminalitas dapat ditekan.

Selain memiliki sisi yang tegas dan lembut hati, Umar Bin Khattab juga memiliki kisah yang mampu membuatnya menangis sekaligus tertawa. Pernah suatu ketika umar menangis dan kemudian tertawa dan bisa dikatakan melakukan dua hal yang berbeda secara bersamaan, ternyata ada kisah sedih dan lucu pernah dialami oleh Umar Bin Khattab.

umar bin khattab

Umar Bin Khattab Sebelum Memeluk Islam

Sebelum mendapatkan hidayah dari Allah, dahulu Umar Bin Khattab juga mengikuti tradisi orang jahiliyah yang sangat menyesatkan yakni membunuh anak-anak perempuan. Beliau juga pernah membunuh anak perempuannya.

Pada jaman jahiliyah sebelum Rasulullah mendakwahkan agama Allah orang-orang kafir membunuh anak-anak perempuannya karena anak perempuan dianggap tidak berguna karena lemah dan tidak bisa berperang. Bayi perempuan dikubur hidup-hidup dan para orang tua seolah tidak memiliki hati nurani terhadap anaknya sendiri.

Hal inilah yang membuat Umar menangis tersendu. Dia mengingat betapa menyesalnya dia telah mengubur bayi perempuannya hidup-hidup. Bahkan Umar sering membayangkan jika saat itu bayi perempuannya tidak dibunuh maka saat ini dia sudah bermain-main dengannya.

umar bin khattab

Umar Bin Khattab Pernah Membuat Berhala dengan Gandum dan Manisan

Pernah suatu ketika sebelum Umar Bin Khattab memeluk Islam, dia mebuat patung berhala yang tersebuat dari gandum dan manisan. Pada saat ia dilanda lapar, patung berhala tersebut diambil beberapa bagiannya lalui ia makan.

Ketika mengingat kebodohannya tersebut maka Umar akan tertawa. Betapa pada jaman sebelum memeluk Islam ada hal-hal konyol seperti memakan Tuhan yang dibuatnya sendiri. Berhala-berhala yang terbuat dari makanan kemudian diambil beberapa bagiannya kemudian dimakannya.

Saat itu Umar Bin Khattab menyembah berhala namun disisi lain tidak takut untuk memakannya. Betapa kebodohannya dikala belum mengenal Islam mampu mebuatnya tertawa. Bahkan ketika Rasulullah bertanya dan Umar menceritakannya, secara otomatis Rasulullah SAW ikut tertawa.

umar bin khattab

Kehidupan di Zaman Jahiliyah Penuh Kebodohan

Jaman Jahiliyah disebut dengan jaman kebodohan karena orang-orang pada zaman itu melakukan hal-hal bodoh dan tidak menggunakan akal serta hati mereka.

Pada zaman tersebut bayi perempuan seolah tidak ada harganya dan bahkan dianggap sebagai aib sehingga orang yang melahirkan bayi perempuan akan langsung dikubur hidup-hidup.

“Dan apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya, karena dosa apakah dia dibunuh.” (QS:At-Takwiir Ayat: 8-9).

Pada zaman jahiliyah manusia juga tidak berperikemanusiaan terhadap sesama manusia sehingga manusia diperjual belikan dan banyak perbudakan.

Betapa Rasulullah adalah pemberi cahaya bagi kehidupan manusia sehingga pada saat ini wanita sangat dimuliakan dan tidak ada lagi perbudakan. MashaAllah.

Sobat cahaya Islam, kisah Umar Bin Khattab ini bisa menjadi pelajaran agar kita semakin serius dalam mempelajari Islam karena Islam adalah cahaya sehingga kita tahu mana jalan yang benar.

Hidup tanpa ada pedoman akan membuat kita bingung dan tersesat. Namun jika kita berpegang tegung pada agama Allah maka inshaallah tidak akan tersesat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!