9 Nama Kuda Rasulullah yang Perlu Sobat Ketahui!

0
4455
Nama Kuda Rasulullah

Nama Kuda Rasulullah – Mencintai kekasih Allah memang memiliki banyak cara untuk memulainya. Misalnya jika sobat mencintai kuda, bisa memberi nama kuda tersebut dengan nama kuda Rasulullah.

Dengan begitu, Sobat Cahaya Islam akan merasa semakin dekat dengan Rasulullah. Menyamakan sesuatu dengan kesukaan nabi Muhammad, dapat menambah rasa cinta kita juga kepada Baginda yang menjadi panutan kita.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Qs. al-Ahzaab: 21).

Jadi, tidak ada salahnya menamai kuda yang kita miliki sama dengan nama kuda yang dimiliki Rasulullah.

Nama Kuda Rasulullah

Nama Kuda Rasulullah

Sobat Cahaya Islam, beberapa ulama berbeda pendapat mengenai jumlah dan nama kuda Rasulullah. Seperti Ahmad bin Ali Taqi berpendapat bahawa nama kuda nabi Muhammad diantaranya Al-Thorf, Al-Najib, Al-Karim, Al-Mandub dan Al-Bahjah.

Kemudian Al-Marqizi mengeluarkan pendapatnya, jumlah kuda yang dimliki nabi sebanyak 23 ekor dan beberapa diantaranya bernama; al-Ablaq, Dzul Lammah, Dul Iqal, Al-Sarhan, Al-Ya’ bub, Al-Ya’ Sub, Al-Syiha’, al-Murtajal dan Al-Sajal.

Sedangkan umhur ulama memiliki ksepakatan nama kuda Rasulullah ada tujuh. Tapi berikut ini akan diuraikan, sembilan nama kuda Rasulullah.

1.       Al-Lathif

Salah satu nama kuda Rasulullah bernama Al-Lathif. Memiliki nama demikian karena kuda ini memiliki ekor yang sang sangat panjang sampai menutupi tanah. Kuda bernama Al-Lathif ini menyerupai gunung, serta merupakan hadiah dari Farwa bin Amr Al-Jahdami. Ada juga yang menyebutkan pemberian dari Abu al-Baraa.

2.       Asyhab atau Al-Murtajaz

Kudaberikutnya, bernama Asyhab. Kuda ini terkenal memiliki sikap yang baik, berwarna putih, dan Rasulullah membelinya dari orang arab berasal dari Bani Marra.

3.       Al-Dzarib

Nama Kuda Rasulullah

Mendapatkan nama demikian, karena kuda ini sangat kokoh dan memiliki kekuatan yang besar. Bahkan Rasulullah menggunakan kuda ini untuk berperang melawan kaum kafir. Kuda ini merupakan hadah dari Farwa bin Amr Al-Jadhami.

4.       Lizaz

Berikutnya kuda bernama Lizaz. Merupakan kuda pemberian dari pemilik suci Alexandria. Yakni seorang penguasa koptik Mesir atau dikenal Al-Muqauqis,

5.       As-Sakaf

Memiliki nama demikian karena tubuhnya yang gemuk, kukunya keras dan memiliki tubuh yang kuat. Kuda ini merupakan kuda pertama yang dimiliki oleh Rasulullah. Baginda membelinya dari orang Badui berasal dari Bani Fazarah. Dan Rasulullah juga menunggangi kuda ini selama perang Uhud berlangsung.

6.       Al-Warad

Al-Ward berarti mawar. Rasulullah juga menggunakan kuda bernama Al-Warad untuk berperang. Kuda ini merupakan hadiah atau pemberian dari Tamim adari. Kuda ini memiliki warna merah pirang sehingga dinamai Al-Warad. Kemudian kuda ini diberikan kepada sahabat nabi, yakni Umar Bin Khattab.

7.       Subbah

Rasulullah membeli kuda ini dari orang Arab dari Bani Juhaina bersamaan dengan membeli 10 unta. Kuda ini memilik warna yang pirang sehingga dinamai Subbah. Tidak hanya itu, Subbah juga pernah diikut sertakan dalam pertandingan dan menjadi juara sehingga membuat Rasulullah senang.

8.       Al-Bahr

Rasulullah membeli kuda ini dari orang yang berasal dari Yaman.

9.       Al-Mallawah

Kuda berikutnya dinamai Al-Mallawah karena kuda ini selalu tampak begitu lesu, seperti kehausan dan kurus.

Dengan mengetahui nama kuda yang dimilki Rasulullah, seharusnya mampu menambah rasa cinta kita kepada nabi. Allah telah memerintahkan kita untuk mencintai Rasullullah.

“Tiga (perkara) yang apabila ada pada diri seseorang, ia akan mendapatkan manisnya iman: Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya dari selain keduanya. Dan siapa yang bila mencintai seseorang, dia tidak mencintai orang itu kecuali karena Allah azza wajalla. Dan siapa yang benci kembali kepada kekufuran seperti dia benci bila dilempar ke neraka”. (HR. Bukhari) [No. 21 Fathul Bari] Shahih.

“Katakanlah, ‘Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu’. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Ali Imran: 31)

Itulah informasi terkait nama kuda Rasulullah semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Sobat Cahaya Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY