Titi Rajo Bintang Melahirkan Anak Kedua, Ini Tanggungjawab Orang Tua Kepada Anak Dalam Islam

0
24

Titi Rajo Bintang – Melahirkan anak keduanya yang berjenis kelamin laki-laki pada tanggal 21 September 2020 kemarin. Titi Rajo Bintang memberi nama anaknya dengan Bhaskara Deva Purnomo Djokosoetono. Titi Rajo Bintang tampak sangat bahagia dengan kelahiran anak keduanya tersebut. Hal itu dibuktikannya dengan membagikan foto anaknya tersebut di instagramnya.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kita untuk berbakti kepada kedua orang tua kita. Mengapa? Karena tanggungjawab orang tua kepada anaknya sangat berat. Tidak hanya terbatas pada mengandung dan melahirkan, serta membiayai kehidupan si anak. bahkan, dalam islam orang tua memiliki tanggungjawab berat karena anak adalah titipan dari Allah yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Lalu, apa saja tanggungjawab orang tua kepada anak dalam islam?

Tanggungjawab Orang Tua Kepada Anak Dalam Islam yang Harus Dilakukan Oleh Titi Rajo Bintang

Menjadi orang tua, tentu merupakan suatu hal yang sangat diidam-idamkan bagi semua pasangan suami istri. Oleh karena itu, bagi suami istri yang belum punya keturunan dan mempunyai harta yang berlimpah. Mereka akan berusaha mendapatkan anak dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan bayi tabung.

Akan tetapi, bagaimana jika tidak mempunyai harta yang cukup untuk melakukan semua itu? ada yang tetap setia, ada yang berpoligami, dan ada juga yang melakukan adopsi. Maka, beruntunglah bagi pasangan suami istri yang bisa mempunyai keturunan tanpa perlu melakukan semua itu.

Akan tetapi, tahukah kita bahwa sebagai orangtua kita mempunyai tanggungjawab yang besar kepada anak dalam islam? Apa sajakah itu?

Tanggungjawab orang tua kepada anak dalam islam diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan Nama yang Baik untuk Anaknya

Hal tersebut dikarenakan selain agar enak didengar, juga membuat anak merasa tidak minder ketika menggunakan nama tersebut. Kemudian, nama juga merupakan sebuah harapan dari orang tua kepada anaknya.

Apabila orang tua memberikan nama yang buruk, maka dapat diartikan bahwa dia memberikan harapan yang buruk untuk anaknya di masa depannya.

  1. Bersikap Adil Kepada Semua Anaknya

Ini sangat sering sekali terjadi pada orang tua yang anaknya banyak. Salah satu contohnya, jika orang tua tersebut mempunyai 7 orang anak. jika si adik lebih pintar daripada kakak-kakaknya. Maka, orangtua akan cenderung lebih sayang kepada adiknya. Hal ini tentu saja dapat memicu rasa iri dan pertengkaran antara adik dan kakaknya.

  1. Mendidik Anak Dengan Baik

Mempunyai anak berarti kita juga harus siap untuk memdidiknya agar selamat dunia dan akhiratnya. Contohnya, selain kita memberikan pendidikan dunia yang baik, kita juga harus memberi pendidikan ahlak dan keagamaan yang baik juga.

Ingat, kita sebagai orangtua akan dituntut Allah mengenai amanah yang dia titipkan kepada kita, yaitu anak. hal tersebut senada dengan ayat yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (Q. S. At-Tahrim: 6).

  1. Memberikan Makanan Dari Rezeki yang Halal

Kita sebagai orang tua bertanggungjawab untuk memberikan anak makanan dan minuman dari rezeki yang halal. Bukan dari hasil mencuri, riba, atau mengambil harta anak yatim.

Mengapa? Karena jika anak kita memakan dari hasil yang haram, maka daging yang tumbuh di tubuh mereka juga haram. Ingat, doa orang yang makanannya dari hasil yang haram tidak akan dikabulkan oleh Allah dan mereka akan masuk neraka.

Itulah tanggungjawab orangtua kepada anak dalam islam yang harus dilakukan oleh Titi Rajo Bintang. Semoga kita yang mempunyai anak dapat mendidik anak kita dengan baik. sehingga anak kita tidak hanya berguna di dunia ini, tetapi juga menjadi anak yang sholeh dan sholehah yang akan selalu berbakti kepada kita selaku orang tuanya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!