Bersihkan Hati Dengan Amalan Ini Menurut Islam

0
334
Bersihkan Hati Dengan Amalan 2

Bersihkan hati – Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa hati merupakan pusat dari segala kontrol atas diri kita. Mulai dari emosi, perasaan dan hal-hal lainnya. Itu sebabnya apabila hati saja buruk, maka sudah pasti yang lainnya juga akan ikut buruk. Itulah kenapa ada istilah “penyakit hati”, hal ini karena diri kita berpusat pada hati. Untuk dapat baik semuanya maka hati juga harus baik dan bersih.

Hati yang bersih dapat membawa kita pada banyak kebaikan. Selain itu, hati yang bersih akan lebih mudah untuk mencapai ketaqwaan dan rasa cinta pada Allah SWT. Lalu bagaimana agar hati senantiasa bersih, terutama dari penyakit hati yang dapat merugikan diri sendiri? Begini pandangan menurut islam.

Bersihkan Hati Dengan Amalan Ini, Apa Saja?

Bersihkan Hati Dengan Amalan 1

Bersihkan hati dengan amalan yang dapat membuat hati menjadi baik. Ini merupakan anjuran dalam islam agar kita sebagai seorang muslim tidak memelihara penyakit hati yang dapat menjerumuskan ke dalam dosa besar. Namun, kita perlu mengetahui amalan apa saja sih yang dapat membersihkan hati agar menjadi manusia yang baik?

يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ

(yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih, (1)

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا

sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya. (2)

Ayat-ayat Al Quran diatas menggambarkan bahwasanya Allah menyukai orang-orang dengan hati yang bersih. Siapapun dengan hati yang kotor dianggap merugi. Hal ini karena penyakit yang ada dalam hati jauh lebih berbahaya dibandingkan penyakit-penyakit lainnya. Itulah kenapa hati harus terus dijaga agar jauh dari hal-hal yang dapat mengotorinya.

Lalu amalan apa saja yang dapat membersihkan hati?

Berdzikir

Salah satu amalan yang dapat membersihkan hati adalah dengan berdzikir. Dzikir itu sendiri dapat menenangkan hati kita karena sama halnya kita menghadirkan Allah dalam hati kita serta mengingat-Nya. Sehingga apabila kita berdzikir maka ini sama saja dengan proses untuk membersihkan hati. Kita akan lebih banyak mengingat Allah sehingga apapun yang ada dalam hati kita akan jauh lebih baik.

Riyadhatun Nafsi

Riyadhatun nafsi adalah pelatihan diri, yang mana kita berusaha untuk dapat mengolah diri dan hati kita. Dengan melakukan riyadhatun nafsi maka dapat membantu untuk membersihkan hati. Mulai dari melakukan introspeksi terhadap diri sendiri, belajar dengan hal-hal di sekitar kemudian merenunginya dan juga senantiasa menyertakan Allah dalam proses tersebut.

Membekali Diri Dengan Ilmu

Ilmu merupakan salah satu bekal yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Dengan adanya ilmu, maka kita akan tahu bagaimana bahayanya penyakit-penyakit dalam hati dan bagaimana untuk bisa membersihkan hati kita dari hal-hal buruk. Ini bisa dilakukan dengan menghadiri majelis, membaca pengetahuan tentang yang berkaitan dengan hati, atau belajar dengan orang yang jauh berilmu.

Bersihkan hati – Beberapa amalan dapat digunakan untuk membersihkan hati. Sehingga kita dapat terhindar dari penyakit hati atau hal-hal lainnya. Dalam hal ini, melatih diri untuk menjaga hati ternyata penting agar kita dapat mencapai ketaqwaan kepada Allah SWT.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Asy-Syu’ara’ Ayat 88-89

(2) – Surat Asy-Syams Ayat 8-9

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY