Puasa Ayyamul Bidh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

0
106
Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh 1442 H – Puasa Ayyamul Bidh 1442 H jatuh pada bulan Maret 2021 ini. Puasa sunnah ini di laksanakan tiga hari berturut-turut pada tanggal 13, 14, hingga 15 Hijriah.

Di kenal dengan puasa hari-hari putih sebab bertepatan dengan bulan yang sedang terang. Umat muslim di sunnahkan berpuasa sunnah saat bulan sedang terang-terangnya.

Dalam kitab Umdatul Qari Shahihul Bukhari, nama Ayyamudl Bidh berangkat dari kisah Nabi Adam turun ke Bumi. Di ketahui saat turun ke bumi Nabi Adam terbakar matahari, tubuhnya menjadi gelap.

Allah SWT pun memberikan wahyu kepada Nabi Adam untuk berpuasa selama tiga hari. Saat Nabi Adam menjalankan puasa pada hati pertama, sepertiga badannya menjadi putih.

Kemudian pada saat menjalankan puasa hari kedua, setengah badan Nabi Adam menjadi bersih dan putih. Hingga pada hari ketiga, tubuh Nabi Adam menjadi putih.

Sementara itu jadwal puasa Ayyamul Bidh akan di laksanakan pada Sabtu 27 hingga Minggu 28 Maret 2021.

Puasa Ayyamul Bidh 1442 H Dilaksanakan Tanggal 27 Hingga 28 Maret 2021, Ini Bacaan Niatnya

Meski puasa ini termasuk puasa sunnah, namun siapa sangka, pahala yang Allah beri kepada yang melaksanakannya tidak kalah besar. Bahkan Nabi Muhammad SAW membiasakan dirinya untuk melaksanakan puasa tersebut.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، حَدَّثَنَا هَمَّامٌ، عَنْ أَنَسٍ، أَخِي مُحَمَّدٍ عَنِ ابْنِ مِلْحَانَ الْقَيْسِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَأْمُرُنَا أَنْ نَصُومَ الْبِيضَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ ‏.‏ قَالَ وَقَالَ ‏ “‏ هُنَّ كَهَيْئَةِ الدَّهْرِ ‏”‏ ‏.‏

Ibnu Milhan Al Qoisiy dari ayahnya ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Abu Daud no. 2449 dan An Nasai no. 2434. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Berikut ini bacaan niat puasanya:

Abu Hurairah untuk melaksanakan puasa sunnah ini. Berikut bacaan doa niat puasa Ayyamul Bidh: Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta’ala Artinya: Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta’ala.

Manfaat Puasa Ayyamul Bidh

Allah SWT sudah memberikan segala sesuatu kepada manusia tak lain karena bermanfaat bagi kehidupan di dunia dan di akhiratnya kelak. Salah satunya berpuasa Ayyamul Bidh. Berikut ini manfaatnya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam dunia medis, ketika seseorang berpuasa maka sistem imunitasnya akan meningkat. Namun tentunya dengan diimbangi makanan yang sehat dan bergizi.

Puasa Ayyamul Bidh

2. Meringankan Pekerjaan Pencernaan

Tidak hanya meningkatkan imunitas, berpuasa juga meringankan kerja saluran pencernaan. Sebab biasanya pencernaan bekerja untuk memproses makan dan minum setiap waktunya.

3. Detoksifikasi

Puasa akan mendetoksifikasi tubuh manusia secara alami. Racun dalam tubuh akan keluar, dan tubuh menjadi lebih sehat.

Puasa Ayyamul Bidh

4. Berumur Panjang

Karena detoksifikasi, maka tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Hal itu tentunya akan membuat umur menjadi lebih panjang.

Demikianlah manfaat puasa bagi yang menjalankannya. Mudah-mudahan kita semua bisa melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh 1442 dengan lancar, Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY