Tips Islami Mendapat Derajat Surga Tinggi Di Akhirat

0
908

Bila di dunia ini kita kerap dibanding-bandingkan dan dikelompok-kelompokkan berdasar harta, tahta dan status kita. Tetapi berbeda halnya ketika di akhirat, karena ketika di akhirat yang membedakan kita hanyalah amal perbuatan kita selama di dunia. Amalan kita di dunia menjadi penentu bagaimana nasib kita di akhirat kelak, dapat diibaratkan bahwa dunia merupakan tempat kita menanam bibit-bibit kebaikan sehingga dapat kita petik hasilnya di akhirat kelak. Kita hanya sementara berada di dunia ini karena sesungguhnya kita akan hidup kekal abadi di akhirat, sehingga kita harus mencari bekal sebanyak-banyaknya untuk persiapan kehidupan di akhirat kelak. Untuk itu artikel kali ini akan membahas kajian islam mengenai Tips Islami Mendapat Derajat Surga Tinggi Di Akhirat

Tips Islami Mendapat Derajat Surga Tinggi Di Akhirat

Sesuai dengan kandungan Al qur’an :

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۖ وَلَلدَّارُ الْآخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya? [1]

Untuk itu seharusnya kita dapat menyadari kandungan dari ayat tersebut dan menjadikannya sebagai cambuk bagi kita agar senantiasa melakukan kebaikan sebagai benih-benih amalan yang akan kita petik hasilnya kelak ketika hari perhitungan tiba. Nah jadi sudah seharusnya kita menyiapkan untuk bekal di akhirat tersebut jauh-jauh hari, karena tentunya tidak ada yang mau menjadi orang yang merugi bukan? Untuk itu silakan simak tips-tips kajian islam untuk mendapat derajat surga tinggi di akhirat berikut ini.

Sebelum memasuki tips-tips Islami untuk mendapat derajat surga tinggi di akhirat sebelumnya kita harus memahami bahwa surga itu memiliki beberapa tingkatan sesuai dengan Hadits Riwayat At Tirmidzi nomor 3098. Sehingga kita harus bersungguh-sungguh agar dapat mendapatkan derajat tinggi di surga nanti. Nah, tips-tips kajian islam berikut semoga bisa membantu usaha kita dalam menaikkan derajat di akhirat kelak.

Taat kepada Rasulullah SAW

Tips yang pertama agar dapat meninggikan derajat kita yaitu dengan mentaati segala perintah Allah dan Nabi Muhammad SAW niscaya kita bisa mendapatkan derajat yang tinggi :

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَٰئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُولَٰئِكَ رَفِيقًا

Dan barang siapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. [2]

Jadi taat disini maksudnya adalah meniru dan melakukan amalan-amalan seperti yang dilakukan oleh Rasulullah, jadi bila kita ingin meningkatkan derajat kita harus meneladani Nabi Muhammad SAW

Memperbanyak amalan sholat sunnah

Tips-tips kajian islam untuk mendapat derajat surga tinggi di akhirat berikutnya adalah memperbanyak amalan sholat sunnah, tentunya bila kita ingin mendapatkan sesuatu kita harus berusaha untuk itu. Nah, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengamalkan sholat-sholat sunnah. Seperti halnya sholat dhuha, sholat sunnat rawatib dan lain sebagainya.

Memperbanyak membaca shalawat

Kemudian selanjutnya adalah bersholawat karena dengan bersholawat kita akan diberikan syafaat serta dilimpahkan kebaikan-kebaikan kelak pada hari kiamat.

Mengayomi anak yatim

Anak yatim merupakan anak-anak yang perlu kita kasihi dan sayangi karena dengan mengayomi anak yatim seperti merawat, menyantuni, mengurusi kebutuhan-kebutuhannya dapat memberikan keberuntungan di akhirat dengan mendapatkan surga yang tertinggi.

Memperbanyak berdo’a

Yang terakhir adalah dengan memperbanyak berdo’a karena Allah akan mengabulkan do’a siapa yang meminta dengan sungguh-sungguh dan dengan berharap hanya kepada Allah SWT saja.

Jadi itulah beberapa tips kajian islam untuk menaikkan derajat yang bisa diamalkan, semoga kita senantiasa beristiqomah di jalan Allah SWT dan melaksanakan segala perintahnya sehingga kita dapat menaikkan derajat kita kelak di surga. Dan juga tentunya dengan melaksanakan tips-tips kajian islam untuk mendapat derajat surga tinggi di akhirat di atas untuk semakin menambah kesungguhan kita dan menambah pula bekal kita untuk di akhirat kelak.

Seperti yang dikatakan di atas bahwa dunia ini hanyalah tempat mencari bekal untuk di akhirat kelak untuk itu semoga kita selalu mengingat tentang kehidupan yang lebih kekal yaitu di akhirat. Semoga tips-tips kajian islam untuk mendapat derajat surga tinggi di akhirat di atas dapat bermanfaat bagi sobat Cahaya islam semuanya dan semoga kita dapat digolongkan menjadi hamba Allah yang taat.

[1] QS Al-An’am 32

[2] QS. An-Nisa’ ayat 69

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!