Gempa hari ini– Bencana alam berupa gempa bumi baru saja terjadi hari ini Rabu, 8 Januari 2020. Gempa hari ini yang terjadi ada di Tahuna, kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Kekuatan gempa yang terjadi hari ini adalah 5.0 SR.

Gempa Hari Ini Termasuk Sebagai Salah Satu Tanda Dekatnya Kiamat

Besar skala gempa tersebut memang tidak terlalu besar namun tetap saja mampu menyebabkan kerusakan. Berdasarkan informasi yang diumumkan oleh BPKG, gempa terjadi pada kedalaman 10Km dan di titik koordinat 5.06 LU 125.40 BT.

Gempa yang terjadi hari ini tetap saja membuat warga merasa ketakutan. Indonesia memang emerupakan negara yang rawan terjadi gempa. Siapa saja akan merasa takut apabila terjadi gempa mengingat sudah banyak sekali korban yang meninggal akibat gempa bumi yang pernah terjadi di Indonesia.

Gempa hari ini adalah kehendak Allah

Gempa hari ini merupakan bencana yang sebaiknya menajdikan kita ingat bahwa apapun yang terjadi adalah kehendak Allah SWT. Sobat cahaya Islam perlu untuk memahami bahwa bencana yang terjadi merupakan kehendak Allah dengan tujuan sebagai peringatan agar hambaNya segera kembali kepada Allah dan meninggalkan perbuatan maksiat. Namun selain itu, bencana yang terjadi juga bisa sebagai azab karena Allah hendak menghukum orang yang berbuat maksiat agar segera bertaubat. Selain itu bencana juga bisa menjadi ujian bagi orang-orang yang beriman agar semakin bersabar.

Dalam sebuah ayat al-Quran Allah telah berfirman:

“Jika Kami menghendaki menghancurkan suatu negeri, Kami perintahkan orang-orang yang hidup mewah (berkedudukan untuk taat kepada Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri tersebut, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya,” (Al-Isra'[17]: 16).

Dari ayat diatas dapat kita ambil pelajaran bahwa bencana yang menghancurkan suatu negeri memang merupakan kehendak Allah. Namun meskipun demikian, Allah tentu ada alasan yang kuat mengapa menurunkan bencana di sebuah negeri. Suatu negeri akan hancur apabila banyak orang kaya yang berkedudukan melakukan kemaksiatan dan juga kedurhakaan kepada Allah. Apabila pemimpin negeri sudah banyak melakukan kedurhakaan maka rakyatnya yang tidak bersalah ikut menjadi korban bencana yang Allah turunkan.

Firman Allah yang lainnya adalah :

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka akan dibiarkan begitu saja mengatakan: Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diujilagi?”( Al-Ankabut [29:2).

Dari ini bisa kita ambil kesimpulan lain bahwa bencana gempa bumi hari ini bisa jadi merupakan ujian dari Allah. Gempa bumi hari ini menajdikan seseorang merasa ketakutan sehingga tempat kembali untuk meminta pertolongan hanya Allah saja. Manusia hidup di dunia ini tidak hanya dibiarkan hidup begitu saja melainkan akan menghadapi rangakaian ujian agar bisa terlihat mana orang yang benar-benar beriman dan mana yang tidak beriman di hadapan Allah.

gempa tahuna

Bencana yang terjadi bukan hanya gempa bumi hari ini saja melainkan ada banyak bencana lain yang pernah terjadi di Indonesia seperti gunung meletus, tanah longsor, tsunami, banjir. Bahkan yang kemarin juga begitu mengerikan adalah bencana liquifaksi yang seolah-olah tanah menelan apasaja yang ada di atas permukaannya.

Banyak beristigfar

Dimanapun kita berada, seaman apapun tempat kita, jika Allah menghendaki turunnya bencana maka hal itu pasti akan terjadi. Jadi sebagai umat islam, kita perlu untuk belajar dan semakin mendekatkan diri kepada Allah. Jangan lupa juga untuk banyak beristigfar dan bertaubat kepada Allah karena istigfar merupakan salah satu dzikir yang mampu menjauhkan kita dari bencana.

Tanda kiamat

Lalu apakah benar banyak terjadi gempa bumi merupakan tanda kiamat sudah semakin dekat?

Pertanyaan ini memang sangat sering dipertanyakan namun memang pada kenyataannya, saat ini gempa sudah sangat sering terjadi. Hampir setiap hari terjadi gempat di berbagai belahan dunia. Skala besarnya gempa yang terjadi juga besar sehingga sangat terasa oleh orang-orang di sekitar terjadinya gempa. Berdasarkan sebuah hadis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 ‘Tidak akan tiba hari Kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi.” (HR. Bukhari)

Dari hadist sahih di atas telah disebutkan bahwa salah satu tanda bahwa kiamat sudah semakin dekat adalah banyak terjadi gempa bumi. Seolah bumi memberikan isyarat bahwa kehancurannya telah dekat kepada seluruh makhluk yang tinggal dia atas bumi. Saat ini bencana memang semakin sering terjadi seperti gempa hari ini. N

amun tetap saja masih ada banyak orang yang tidak menghiraukannya dan bahkan semakin banyak juga orang yang berbuat maksiat.

Sobat cahaya Islam, semoga dengan terjadinya bencana gempa hari ini kita semakin dekat dengan Allah dan juga semakin memperbaiki segalanya baik itu perilaku kita, ibadah kita dan lain sebagainya. semoga Allah senantiasa menurunkan rahmat dan pertolongan bagi orang-orang yang beriman. Inshaallah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!