Tanpa Kesadaran Sosial dan Puasa Hanya Sebatas Menunda Waktu Makan Kita

0
268
Tanpa Kesadaran Sosial dan Puasa Hanya Sebatas Menunda Waktu Makan Kita

Kesadaran sosial dan puasa – Bulan puasa sudah tiba nih! Sobat cahayaislam pastinya sudah mulai merencanakan banyak jenis kegiatan ibadah yang beraneka ragam untuk menjemput pahala Allah sebanyak banyaknya dong? Mulai dari sholat tahajud, khatam Al Quran, membiasakan dzikir dan doa doa, dan banyak lagi. Itu bener bener bagus, hanya saja tetep jaga niyat dan secara spiritual harus bisa meneguk hikmah dari bulan Ramadan dengan ritual kita puasa sebagai orang islam: Tentang Kesadaran Sosial dan Puasa.

Puasa Ajarkan Empati & Kepedulian pada Masyarakat

Untuk memperjelas, Puasa seharusnya dapat meningkatkan rasa empati terhadap mereka yang kurang beruntung. Dengan merasakan lapar dan haus selama puasa, seseorang menjadi lebih peka terhadap penderitaan dan kebutuhan orang lain. Hal ini dapat mendorong seseorang untuk membantu mereka yang membutuhkan, seperti memberikan makanan kepada orang miskin atau berpartisipasi dalam program bantuan sosial.

حَدَّثَنَا عَبْدَانُ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ، أَخْبَرَنَا يُونُسُ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ـ رضى الله عنهما ـ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدَ النَّاسِ، وَأَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ، حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ جِبْرِيلُ ـ عَلَيْهِ السَّلاَمُ ـ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ، فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Puasa mengajarkan pentingnya membantu dan berkontribusi terhadap masyarakat secara keseluruhan. Seperti yang kita ketahui dari Hadits Bukhari 3554 diatas. Bahwa Rasulullah menjadi lebih dermawan di bulan Ramadan.

Maka dari itu, dalam bulan Ramadan, misalnya, umat Muslim dianjurkan untuk memberikan sedekah dan berbuat baik kepada sesama. Hal ini memperkuat kesadaran akan tanggung jawab sosial untuk membantu mereka yang membutuhkan dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang bermanfaat.

Perlunya Paham Tentang Kesadaran Sosial dan Puasa

Islam adalah agama terbaik semesta dan segala ajarannya selalu memiliki harmoni dengan praktiknya dalam kehidupan manusia. Dan kita semua tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa hadirnya orang orang disekitar kita. Kepekaan sosial pada dasarnya sudah menjadi Core value atau nilai utama peribadatan umat islam. Dan salah satunya yang paling gamblang adalah Puasa.

Kesimpulannya, dari pemaparan diatas sebenernya udah lumayan gamblang ya. Bahwa puasa adalah bentuk ibadah yang pada esensinya oleh Allah dan Rasulullah diajarkan kepada kita dalam rangka lebih peka sosial. Kita adalah manusia yang secara kodrati disebut makhluk sosial. Kita hidup berdampingan dan tidak mungkin kita bisa memisahkan diri dari kerumunan orang orang atau manusia lain disekitar kita. Jadi yuk kita sama sama membuat bulan puasa untuk memahat sosok yang lebih baik dan tanggap sosial dalam diri kita sebaik baiknya. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY