Pentingnya Pelajari Konsep Pengasuhan Generasi Z Bagi Guru Era Sekarang

0
221
pengasuhan generasi Z

Pengasuhan generasi Z – Salah satu tantangan terbesar di era internet bebas yakni terkait konsep pengasuhan generasi Z. Sebagaimana yang diketahui, generasi Z adalah generasi yang lahir dalam kurun waktu 1997 – 2012. Serta merupakan generasi yang muncul setelah adanya millenial.

Sobat Cahaya Islam, pemahaman terkait konsep pengasuhan generasi Z tentunya merupakan hal yang perlu dipelajari oleh semua utamanya para guru era hari ini.

Manfaat Pengasuhan Generasi Z bagi Umat Muslim

Memahami konsep pengasuhan generasi Z tentu adalah tugas semua pihak khususnya para orangtua sebagai pemimpin dalam skala keluarga.

Selain itu, para pendidik juga memiliki andil untuk mempelajarinya agar tahu cara dan model pembelajaran yang bisa diterima mereka. Di masa sekarang, generasi Z sedang pada masa kepemimpinan dan kejayaan.

Di usia 26 – 27 tahun, ada yang sudah menjadi Kepala Daerah maupun pimpinan di sebuah instansi. Selain itu, ada juga para remaja yang sedang mencoba untuk mencari jati dirinya.

Sebagian berusaha mengepakkan sayap menjadi remaja sholih dan sebagian lainnya tak sadar malah merusak diri. Naudzubillah.

Di dalam Islam, usia sebenarnya bukanlah pemutus aktivitas pengasuhan. Hanya saja, aktivitas mengasuhnya yang berbeda. Kalau di masa balita, untuk menenangkan dan metode pengasuhannya dengan digendong dan dinyanyikan.

Sementara, bagi usia gen Z yang merambah dalam dunia kepemimpinan dan para remaja perlu dilakukan strategi khusus. Tujuannya agar gen Z tidak jauh bahkan menjadi garda terdepan untuk mensyiarkan Islam bagi calon pemimpin di masa depan.

Tentu strategi khusus juga membutuhkan keilmuan. Oleh sebab itu, Allah Ta’ala memberi keutamaan bagi umat muslim yang mengedepankan ilmu sebagaimana dalam firmanNya yakni surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Lantas, bagaimana untuk mewujudkan pengasuhan yang paripurna pada generasi Z?

Tips Mewujudkan Pengasuhan Paripurna bagi Generasi Z

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para senior untuk mengasuh gen Z bertumbuh ideal dan menjadi penggugah peradaban. Beberapa diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Menjelaskan Terkait Peran Generasi Bagi Perubahan

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni dengan menjabarkan peran generasi Z bagi perubahan. Terkadang, banyak yang tidak memahami bahwa setiap generasi tentu memiliki peran masing – masing.

pengasuhan generasi Z

Apalagi sebagai generasi Z muslim, sangat penting bagi mereka untuk menjadi pemimpin dan senantiasa berusaha untuk menempatkan diri sebagai pemimpin umat. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Imran ayat 110 :

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ وَلَوْ اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ

Artinya : Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.

2.    Mengadakan Pertemuan dan Komitmen Bersama

Hal selanjutnya yakni dengan mengadakan pertemuan dan komitmen bersama dalam menjalankan beberapa program kepemudaan.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan yakni dengan mengikuti beberapa komunitas untuk mengumpulkan para gen Z dan mengerjakan proyek positif.

pengasuhan generasi Z

Apalagi sebagai umat muslim, alangkah baiknya bila proyek tersebut berkaitan dengan dakwah dan syiar Islam. Dengan adanya kecanggihan teknologi sekarang, proyek dan syiar dakwah dapat dengan mudah dilakukan.

Selain itu, berdakwah juga merupakan anjuran bagi umat muslim walaupun hanya satu ayat saja. Perintah Allah Ta’ala terkait dengan berdakwah yakni termaktub dalam firmanNya surat Ali Imran ayat 104 yakni :

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya : Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan pengasuhan generasi Z dan beberapa tips untuk mewujudkan pengasuhan yang sempurna bagi gen Z. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY