Surga Allah Bagi Suami Adalah Istri Yang Sholihah

0
858
Surga Allah

Surga Allah – Banyak yang menginginkan surga Allah, dan tidak sedikit pula yang mendambakan surga dunia. Surga dunia bagi seorang pria yang sudah berkeluarga adalah seorang istri yang sholihah.

Pria dewasa yang sudah matang pemikirannya tidak akan lagi mencari wanita yang hanya berparas cantik wajahnya saja, tetapi akhlak dan budi pekertinya lah yang akan dipertimbangkan. Namun jika harus memilih antara wanita cantik atau wanita baik dalam artian sholihah, maka lebih dari 80% pria akan memilih wanita sholihah.

Sobat Cahaya Islam, wanita sholihah yang dimaksud disini adalah seorang muslimah yang telah menjaga pandangan hanya untuk suaminya. Memakai baju yang sopan, menjaga aurat dengan jilbab cantiknya, serta tutur kata yang sejuk didengar. Tutur kata yang sejuk didengar itu seperti tidak pernah melontarkan kata-kata dengan nada tinggi. Maka setiap uacapan yang keluar dari mulutnya adalah sebuah obat bagi yang mendengarkan.

Wanita muslimah serta sholihah adalah dambaan setiap lelaki muslim. Pernah diceritakan pula bahwa wanita sholihah adalah pemimpin para bidadari di surga. Allah telah menjamin jika wanita yang baik atau sholihah hanya untuk pria yang baik pula. Begitu banyak keistimewaan yang diperoleh oleh wanita sholihah, baik didunia maupun di akhirat.

Surga Allah adalah Jaminan Bagi Wanita Yang Sholihah

Sobat Cahaya Islam, keistimewaan wanita sholihah bukan hanya akan diperoleh didunia saja, tetapi kelak di akhirat para wanita sholihah ini akan mendapatkan jaminan.

Apa saja jaminan yang akan diperoleh wanita sholihah, salah satunya adalah jaminan surga. Wanita sholihah yang taat kepada suami diberi keistimewaan oleh Allah bebas memasuki surga dengan melewati pintu yang mana saja.

Rosulullah S.A.W bersabda :

ذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا: ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Artinya : “Jika seorang perempuan melaksanakan shalat lima waktu, melaksanakan puasa pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka dia akan masuk surga dari pintu mana saja dia kehendaki,” (HR Ibnu Hibban, no 4163).

Begitu mulianya seorang wanita muslimah yang sholihah sehingga diberi kebebasan dalam memasuki surga. Wakil presiden pertama yaitu Moh. Hatta pernah berkata bahwa jika mendidik seorang laki-laki maka kamu hanya mendidik satu orang saja, tetapi jikamendidik perempuan maka kamu berhasil mendidik satu generasi. Begitulah keistimewaan yang diperoleh oleh wanita yang sholehah baik didunia maupun di akhirat

Surga Allah

Tetapi perlu diingat, neraka juga adalah tempatnya bagi kaum wanita. Yaitu bagi wanita pembangkang dan tidak pernah taat terhadap suaminya. Wanita yang ketika berucap tidak pernah membuat tentram, dan selalu meninggikan suaranya daripada suaminya. Maka wanita seperti ini boleh dipukul oleh suaminya, tetapi dengan pukulan yang tidak membekas serta tidak melukai wajah.

Rosulullah S.A.W. bersabda :

نِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنه ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أُرِيتُ النَّارَ فَإِذَا أَكْثَرُ أَهْلِهَا النِّسَاءُ، يَكْفُرْنَ قِيلَ: أَيَكْفُرْنَ بِاللَّهِ؟ قَالَ: يَكْفُرْنَ العَشِيرَ، وَيَكْفُرْنَ الإِحْسَانَ، لَوْ أَحْسَنْتَ إِلَى إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ، ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا، قَالَتْ: مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu , dia berkata, “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Neraka telah diperlihatkan kepadaku, ternyata mayoritas penghuninya adalah wanita, mereka kufur (mengingkari)”. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya, “Apakah mereka kufur (mengingkari) Allâh?” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Mereka mengingkari suami dan mengingkari perbuatan kebaikan. Jika engkau telah berbuat kebaikan kepada seorang wanita (istri) dalam waktu lama, kemudian dia melihat sesuatu (yang menyakitkannya-red) darimu, dia berkata, “Aku sama sekali tidak melihat kebaikan darimu!”. [HR. Al-Bukhâri, no. 29 dan Muslim, no. 884]

Urutan Surga Dari Yang Tertinggi

Sobat Cahaya Islam, alam akhirat adalah tempat kembali makhluk ciptaan Allah yang abadi. Didalam akhirat ada 2 pilihan sesuai dengan amal dan perbuatan makhluk selama hidup di dunia.

Pilihan tersebut adalah surga dan neraka, surga merupakan sebaik-baik tempat kembali. Sedangkan neraka adalah tempat yang paling buruk untuk kembali. Didalam surga terdapat kenikmatan, ketentraman dan kenyamanan. Tetapi didalam neraka hanya berisi dengan siksaan yang pedih.

Nama-nama surga berdasarkan urutan yang paling tinggi adalah:

1. Surga Firdaus

Surga firdaus adalah surga bagi orang-orang yang memiliki tingkat keimanan tertinggi. Seperti para nabi dan rosul. Orang yang selalu menjaga dirinya dari zina, serta yang selalu amanah juga dapat menempati surga firdaus ini.

Surga Allah

2. Surga ‘Adn

Surga ‘adn adalah surga dengan tingkatan kedua yaitu dikhususkan untuk orang-orang yang menginfakkan hartanya, serta umat muslim yang selalu berbuat sabar.

3. Surga Na’im

Surga dengan tingkatan ketiga in diperuntukkan untuk orang yang selalu beramal sholeh dan juga bertawakal kepada Allah.

4. Surga Ma’wa

Surga ma’wa adalah bagi kaum muslimin yang dapat menjaga hawa nafsu, beramal sholeh dan juga bertaqwa kepada Allah.

5. Surga Darussalam

Surga ini diperuntukkan untuk umat muslim yang selalu mengamalkan perbuatan sholeh dikehidupan sehari-hari karena Allah ta’ala. Serta umat yang selalu menjaga iman dan islam.

6. Surga Darul Maqomah

Surga ditingkatan ke-6 ini adalah diperuntukkan untuk orang yang selalu berbuat kebaikan dan jarang melakukan kemaksiatan

7. Surga Al Maqomul Amin

Surga Al-Maqomul Amin adalah surga untuk kaum muslim dengan benar-benar taqwa kepada Allah sehingga dapat dikatakan Al- Muttaqin

8. Surga Khuldi

Surga dengan tingkatan terakhir adalah surga yang diperuntukkan untuk orang-orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY