Suarakan Hak Pilih karena Itu Berarti, Muslim tidak Boleh Menyepelekan Hal yang Kecil, Ini Penjelasannya

0
141

Hak Pilih – Hak untuk memilih calon kandidat yang diajukan dengan persyaratan memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Dalam negara yang menganut paham demokrasi di mana kepentingan rakyat menjadi hal yang diprioritaskan, dan wakil rakyat dapat terpilih melalui hak yang diusung saat pemilu.

Tahun 2020, pemilihan umum diselenggarakan di masa pandemi, tetap bisa tetap terlaksana. Meski sebagian ada yang memilih golput dengan datang ke TPS. Di sisi lain, berkat adanya masyarakat yang sadar hak pilih perlu dilakukan, mengingat satu suara itu berarti.

Satu suara berarti? Terkesan sepele bukan? Hanya satu, namun bila dikumpulkan akan menjadi merambah banyak. Ibarat menabung dari sedikit-sedikit menjadi bukit. Itu berarti, sekecil apa pun itu berarti, maka kita dianjurkan untuk tidak menyepelekan hal yang kecil.

Sobat Cahaya Islam, menyepelekan hal yang kecil bukan merupakan cerminan seorang muslim sejati. Ingat, Allah SWT tidak akan menciptakan sesuatu secara sia-sia atau percuma, sekecil apa perbuatan itu.

Dalil tentang menganggap remeh suatu perbuatan yang tidak dibenarkan menurut agama telah tercantum dalam sumber hukum Islam yang utama yakni Al-Qur’an, tepatnya dalam surah An-Nur ayat 15.

وَتَحْسَبُونَهُ هَيِّنًا وَهُوَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيمٌ
“Dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar.” (QS.an-Nur:15)

Ayat di atas menunjukkan bagaimana manusia tidak mampu mengira secara tepat terkait suatu perbuatan di hadapan Allah SWT. Perbuatan yang ringan bisa jadi sisi Allah SWT adalah hal yang besar.

Satu Hak Pilih Berarti, Anjuran tidak Menyepelekan Hal yang Kecil dalam Islam

Anjuran untuk tidak menyepelekan hal yang ringan sudah sering disampaikan oleh ulama-ulama. Seringnya penyampaian itu, sejalan dengan sifat manusia yang sering lupa apabila tidak senantiasa diingatkan, karena dikhawatirkan akan terlena dengan dunia yang banyak tipu daya.

Salah satu ulama yang menyampaikan hal yang kecil untuk tidak disepelekan adalah KH. Maimun Zubair dari Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

Perbuatan Ringan yang Menurut KH. Maimun Zubair Bisa Memudahkan Masuk Surga

Ada beberapa perbuatan yang terkesan ringan, tetapi tidak boleh disepelekan karena bisa jadi perbuatan ringan itu yang memudahkan masuk surga, berikut penjelasannya.

  • Mengangkat Semut dari Kolam

Semut, hewan yang diabadikan dalam Al-Qur’an, dan umat Islam sendiri diharamkan membunuhnya. Apabila ada yang melihat ada semut tercebur kolam angkatlah, bisa jadi itu amalan yang mengiring masuk surga.

  • Menyingkirkan Batu di Jalan

Batu yang berserakan di jalanan ambil dan singkirkan, sebab batu yang berserakan di jalan bisa mengakibatkan terganggunya pengguna jalan, bahkan bisa membuat celaka apabila tidak segera disingkirkan.

Mencegah orang lain terkena musibah adalah perbuatan yang mulia dan tentunya punya nilai lebih di hadapan Allah SWT. Aamiin.

  • Mempertemukan Anak Ayam yang Terpisah dari Induknya

Tinggal di daerah yang masih banyak ditemukan unggas seperti ayam? Sering lihat anak ayam yang kebingungan terpisah dari induknya. Itu kesempatan, untuk berbuat baik dengan sesama makhluk Allah SWT.

  • Memberikan Tumpangan untuk Orang Tua

Apabila sedang berkendara lalu melihat ada orang tua yang membutuhkan tumpangan. Berikan ruang untuk orang itu ikut merasakan naik kendaraan untuk meringankan bebannya.

Itu empat perbuatan ringan yang tidak boleh disepelekan seperti halnya satu suara untuk hak pilih demi kemajuan negara. Semoga kita tidak termasuk orang yang lalai dan menganggap  remeh hal yang kecil. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY