Bulan Gus Dur, Menilik Beberapa Petuah Beliau

0
143

Bulan Gus Dur – Momen yang diperingati saban bulan terakhir tahun Masehi yakni Desember. Disebut dengan istilah demikian, pada bulan Desember, dikarenakan pada bulan ini Gus Dur wafat, tepatnya pada tanggal 31 Desember 2009.

Melihat bagaimana sosok Gus Dur yang berjasa bagi agama dan negara. Kiprah beliau yang pernah memegang kekuasaan tertinggi di Indonesia sebagai Presiden Republik Indonesia Ke-4 meski hanya berlangsung selama dua puluh tahun, waktu yang cukup singkat untuk menjalankan roda pemerintahan.

Sobat Cahaya Islam, kiprah seorang pemimpin tidak perlu menunggu seberapa lama menjabatnya, itu bisa kita telusuri dari kiprah Gus Dur yang tergolong dalam waktu singkat menjabat sebagai presiden dengan memberikan petuah dan nasihat untuk umat.

Gus Dur, pemuka agama Islam banyak memberikan nasihat-nasihat, meninjau agama Islam adalah agama yang penuh dengan nasihat. Hal ini sebagaimana tercantum dalam hadis nabi.

عَنْ أَبِي رُقَيَّةَ تَمِيْمٍ بْنِ أَوْسٍ الدَّارِي رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ قُلْنَا : لِمَنْ ؟ قَالَ للهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلِأَئِمَّةِ المُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ – رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Ruqayyah Tamim bin Aus Ad-Daari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Agama adalah nasihat.” Kami bertanya, “Untuk siapa?” Beliau menjawab, “Bagi Allah, bagi kitab-Nya, bagi rasul-Nya, bagi pemimpin-pemimpin kaum muslimin, serta bagi umat Islam umumnya.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 55]

Agama adalah nasihat berdasarkan hadis di atas, nasihat bagi Allah, kitab-Nya, rasul-Nya, pemimpin kaum muslimin, serta bagi umat Islam secara umum.

Sosok Gus Dur memang menjadi tokoh teladan yang bisa menjadi contoh bagi umat Islam, beberapa pencintanya yang menyebar di Indonesia terkenal dengan nama Jaringan GUSDURian.

Oleh karena itu, mari kita telusuri petuah Gus Dur di Bulan Gus Dur ini, agar bisa menjadi pedoman bagi kita dalam menata kehidupan yang beragam kejadian dan keadaan yang melingkupinya.

Menilik Petuah Gus Dur di Bulan Gus Dur

Berikut sebagian dari beberapa petuah Gus Dur yang bisa menjadi pembelajaran bagi kita umat Islam secara khusus, dan secara umum umat manusia.

  • Perbedaan dalam berbagai hal termasuk aliran dan agama, sebaiknya diterima karena itu bukan sesuatu masalah.

Gus Dur terkenal dengan Bapak Pluralisme Indonesia yang memandang Indonesia dengan baik atas keberagaman yang ada. Keberagaman adalah fitrah kehidupan, maka sudah sepantasnya untuk disyukuri keberagaman itu bukan malah saling mengadu karena perbedaan.

Hasil dari kiprah beliau yang terkenal yakni mampu mengayomi masyarakat Papua yang mulanya tertutup mulai terbuka. Serta beliau yang mengganti nama Irian Jaya menjadi Papua.

  • Humor tidak bisa menjatuhkan pemerintah. Tetapi humor bisa membantu membusukkan suatu rezim.

Menariknya dari Gus Dur yakni humornya yang memecahkan tawa, dan mampu mengkritisi pemerintahan untuk menuju taraf yang lebih baik. Humor ringan tapi memiliki nilai tinggi akan lebih mengena ke hati dari pada doktrin-doktrin yang mendikte.

  • Agama mengajarkan pesan-pesan damai dan ekstremis memutarbalikkannya. Kita butuh Islam ramah, bukan Islam marah.

Namanya Islam itu agama yang penuh kasih sayang tidak menginginkan kekerasan berkutat di dalamnya, sebagai muslim kita perlu bersikap ramah sesuai ajaran Islam, bukan marah-marah yang bisa membuat retak perdamaian.

  • Tidak penting apa pun agama atau sukumu, kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu.

Berbuat baik tidak memandang agama dan suku sekalipun terhadap orang yang tidak sama etnisnya. Hal ini dicontohkan oleh beliau yang tidak menginginkan diskriminasi terhadap etnis Tionghoa di Indonesia.

Sehingga, pada masa jabatannya beliau tokoh yang memutuskan adanya perayaan tahun baru Imlek yang bisa secara terbuka diperingati di Indonesia. Tidak khayal pada akhirnya beliau disebut sebagai Bapak Thionghoa Indonesia. Hebat bukan?

Sobat Cahaya Islam, itu sebagian dari petuah Gus Dur yang bisa kita ambil hikmahnya. Semoga di Bulan Gus Dur ini kita bisa meneladani sikap beliau dalam memandang kehidupan yang beragam adanya. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY