SM Entertainment Mendirikan Sekolah Seni, Ketahui Peran Seni untuk Agama Islam  

0
20

SM Entertainment – Mendirikan SM Institut (SMI) yakni sekolah seni dan budaya Korea. Melihat antusiasme anak muda yang suka dengan K-POP sebagai media hiburan. Sehingga dapat melahirkan generasi seniman pop yang mampu menjadi bintang dunia.

Rencananya SM Entertainment akan membuka pendaftarannya Oktober 2020 mendatang yang terbuka untuk murid dalam negeri atau luar negeri. Serta akan beroperasi sekitar Maret 2021 dengan menghadirkan beberapa tokoh yang mumpuni dalam bidang fashion, entertainment, maupun lainnya.

Pencinta K-POP di Indonesia bisa dibilang banyak, banyak yang mengidolakan tokoh bintang Korea. Hal ini menunjukkan peran seni yang besar dalam kehidupan.

Sobat Cahaya Islam, seni dengan estetika saling memberi warna. Ada tokoh yang menyebutkan bahwa seni adalah sesuatu yang memiliki nilai estetik (keindahan). Keindahan tidak lepas dari pencipta-Nya Yang Maha Indah. Allah SWT mencintai keindahan sebagaimana hadis berikut.

((لا يدخل الجنة من كان في قلبه مثقالُ ذرة من كبر)). قال رجل: إن الرجل يحب أن يكون ثوبه حسناً ونعله حسنةً. قال: ((إن الله جميلٌ يحب الجمال، الكبر بطر الحق وغمط الناس)) رواه مسلم.

“Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada kesombongan seberat biji debu”. Ada seorang yang bertanya: Sesungguhnya setiap orang suka (memakai) baju yang indah, dan alas kaki yang bagus, (apakah ini termasuk sombong?). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan, kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain”   (HR. Muslim no: 91)

SM Entertainment Buka Sekolah Seni, Peran Seni dalam Islam

Islam agama yang cinta damai banyak menyuguhkan umatnya dengan cara yang lembut dan indah melalui seni. Seni mencangkup banyak hal ada seni rupa, seni kriya, seni musik, seni tulis, dan lain sebagainya.

Di bawah ini akan dijelaskan peran seni untuk agama Islam yang dapat kita temui sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat.

  1. Media Penyebaran Agama Islam

Teng tong teng dung, alunan gamelan menghiasi pelataran masyarakat dulu di zaman Sunan Kalijaga, Sunan Bonang, atau ulama lainnya yang dikenal sebagai golongan abangan (akulturasi budaya) untuk menggaet  masyarakat sekitar dengan tabuhan gamelan untuk menyebarkan agama Islam.

Mengingat pada waktu itu masyarakat Indonesia masih menganut kepercayaan, sehingga untuk membuat orang masuk Islam, harus dengan perlahan dan taktik yang bisa diterima yakni tidak langsung menetapkan Islam secara murni, tapi tetap menjunjung tinggi nilai-nilai lokalitas daerah.

  1. Sebagai Upaya Dakwah

Raja dangdut Rhoma Irama lewat senandungnya beliau juga melakukan dakwah lewat seni musik. Indonesia memang mayoritas penduduknya beragama Islam, namun tidak menutup kemungkinan banyak yang tidak eling marang Gusti Pangeran (ingat kepada Allah SWT).

Lewat lagu yang beliau rilis dengan grupnya Soneta mengajarkan banyak orang untuk tetap ingat dengan ajaran agama Islam. Indah bukan? Dakwah dengan lagu? Selain beliau, ada Nisa Sabyan, Syakir Daulay, Sulis, Fatin Shidqia, dan lainnya yang juga sama membawakan lagu bernafaskan islami.

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Dance K-POP hafal, apa kalian tahu tentang tarian nan indah yang diciptakan seorang ulama besar Jalaluddin Rumi? Tari sufi tepatnya, tarian ini mampu menjadi perantara mendekatkan diri kepada Allah SWT sembari fokus dalam putaran.

Bukan hanya tari dan musik saja, dari seni rupa ada kaligrafi yang berisi ayat Al-Qur’an atau hadis sebagai pengingat. Sedangkan dari seni tulis banyak, ada Ibnu Atha’illah As-Sakandari yang menulis kata-kata motivasi mendekatkan diri kepada Allah melalui kitabnya Al-Hikam.

Indonesia pun memiliki tokoh seni tulis yang sekaligus sebagai dakwah. Di antaranya ada Ahmad Tohari, Cak Nun (Emha Ainun Nadjib), Candra Malik, Musthofa Bisri, dan masih banyak ulama yang merangkap sebagai budayawan, sastrawan, dan seniman.

Peran seni dari penjelasan di atas sangat berperan dalam kemajuan agama Islam khususnya di Indonesia. Semoga umat Islam bisa mendirikan sekolah seni islami seperti SM Entertainment yang membuat sekolah seni. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!