Sikap Muslim Hadapi Meningkatnya Kasus Corona

0
111
Sikap Muslim Untuk Hadapi Situasi Wabah Corona

Sikap muslim – untuk menghadapi wabah virus corona yang sedang genting, sebaiknya memang diimbangi dengan berbagai upaya. Dalam hal ini, pemerintah berusaha melakukan hal terbaik untuk menekan penyebaran virus corona itu sendiri. Mulai dari membubarkan acara yang memungkinkan orang berkumpul, hingga didukung wilayah yang mulai menerapkan lockdown. Begitu meresahkannya wabah ini membuat banyak orang akhirnya memilih untuk tetap dirumah demi keamanan dan kesehatan diri. Lalu bagaimana sebagai umat muslim harus menyikapinya?

Sikap Muslim Hadapi Corona

Di Indonesia, kasus positif virus corona ini terus mengalami peningkatan. Saat ini angka positif corona ini mencapai 1.155. Sehingga ini juga membuat semua orang meningkatkan kewaspadaan. Beberapa daerah sudah menerapkan lockdown dan menutup akses untuk keluar masuknya kendaraan dari luar. Hal ini untuk menekan penyebaran virus corona. Jalanan saat ini menjadi tampak sepi, toko hingga tempat keramaian pun mulai ditutup. Sebagai umat muslim, kita juga harus memiliki sikap dan upaya untuk membentengi diri agar terhindar dari wabah ini.

Begini Upaya dan Sikap Muslim Seharusnya Untuk Hadapi Wabah Virus Corona Yang Semakin Meningkat

Pentingnya Terapkan Sikap Muslim Untuk Perangi Corona

Sebagai seorang muslim, tentu kita juga harus berusaha untuk bisa menghadapi wabah corona yang saat ini semakin meningkat. Ini bisa dicerminkan melalui sikap dan upaya yang tepat untuk menghadapi kondisi seperti ini. Dalam sebuah ayat, juga disebutkan bahwa sebagai seorang muslim kita wajib untuk berupaya dan berusaha. Bukan hanya menunggu pertolongan Allah tanpa melakukan apa-apa.

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(1)

Seperti yang disebutkan dalam ayat diatas, kita dianjurkan untuk melakukan usaha. Dalam hal ini, kita bisa melakukan banyak usaha untuk bisa terhindar dari wabah ini. Selain dengan mematuhi himbauan yang ada seperti tetap dirumah, menghindari keramaian, menjaga kebersihan. Hal yang terpenting dan tidak boleh diabaikan adalah berupaya melalui Allah SWT. Dengan adanya wabah corona ini, maka ibadah kita harus semakin baik. Apalagi semua hasil dari upaya yang dilakukan akan ditentukan dengan ketetapan Allah SWT.

Sikap Muslim Perangi Corona Yang Semakin Meningkat

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.(2)

Sikap muslim – selain berupaya, hal yang bisa kita lakukan untuk memerangi dan menghadapi wabah corona ini adalah dengan berdoa. Dengan terus meminta dan berdoa maka ini merupakan sikap seorang muslim yang tetap memegang teguh agama kita. Meski berada dikondisi yang cukup sulit dan meresahkan saat ini, sebagai umat muslim sangat penting menyadari bahwa satu-satunya penolong kita adalah Allah. Sehingga jangan lelah untuk terus berdoa dan meminta.


Catatan kaki:

(1) – Surat Ar-Rad Ayat 11

(2) – Surat Al- Mu’min Ayat 60

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!