Cerminan Islam Dalam Berita Keputusan Korsel

0
61
Korsel Ekspor Alat Tes Virus Jadi Cerminan Islam Tolong Menolong

Cerminan Islam – terkait dengan berita yang sedang ramai dibicarakan, tentang Korsel yang diberitakan akan prioritaskan Indonesia untuk ekspor alat tes virus cornoa. Dalam kondisi seperti ini, negara-negara sedang mencoba untuk mencari jalan keluar. Terutama obat untuk bisa melawan virus corona ini. Korsel merupakan salah satu negara yang dikabarkan sedang mengupayakan hal yang tersebut dengan membuat alat tes untuk virus. Kabarnya juga Korsel akan memprioritaskan beberapa negara untuk ekspor alat ini, termasuk juga Indonesia.

Cerminan Islam Sikap Korsel Akan Prioritaskan Indonesia

Dalam berita juga disebutkan bahwa 117 negara lainnya berupaya untuk impor alat tes virus corona tersebut. Namun Korsel mempertimbangkan juga bahwa keputusan ekspor ini menjamin bahwa tidak akan menyebabkan kekurangan dalam negeri. Dalam kondisi seperti ini, kita memang membutuhkan dukungan dari negara lain. Guna membantu untuk berjalannya penyelesaian untuk wabah ini. Apalagi untuk vaksin itu sendiri hingga saat ini belum ditemukan. Lalu bagaimana bagaimana pandangan agama untuk hal ini?

Begini Cerminan Islam Terkait Korsel Prioritaskan Indonesia Untuk Ekspor Alat Tes Virus Corona

Cerminan islam dalam berita Korsel akan ekspor alat tes virus corona ini ke beberapa negara yang diprioritaskan, salah satunya Indonesia. Tentu menjadi perhatian bagi kalangan masyarakat. Dalam situasi yang genting sekarang ini, kita mengharapkan dukungan yang akan membantu negara ini untuk menyudahi wabah virus yang sudah semakin meningkat. Sehingga bisa menekan angka kasus positif dan juga kematian. Sebagai umat muslim, sikap Korsel ini bisa menjadi cerminan kebaikan untuk kita.

cerminan islam sikap tolong menolong perangi corona

Dalam agama islam, kita dianjurkan untuk berbuat kebaikan. Termasuk dalam situasi seperti ini. Dengan adanya lockdown dan juga social distancing, bukan berarti kita tidak bisa melakukan kebaikan. Justru pada situasi seperti ini, ada banyak celah kebaikan yang bisa kita lakukan. Sebagai contohnya adalah membantu sesama. Untuk membantu sesama pun tidak harus dengan melakukan kontak fisik, yang mana saat ini kita hindari. Dengan sikap Korsel ini, kita tahu bahwa masih banyak kebaikan yang kita dapat. Dalam bentuk dukungan guna menolong sesama seperti keputusan yang dibuat oleh Korsel.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُحِلُّوا شَعَائِرَ اللَّهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَائِدَ وَلَا آمِّينَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنْ رَبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۚ وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوا ۚ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ أَنْ صَدُّوكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَنْ تَعْتَدُوا ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.(1)

Cerminan islam – mengenai tolong menolong ini bisa dilihat dari ayat diatas. Dimana dalam ayat tersebut disebutkan bahwa kita dianjurkan untuk tolong menolong dalam kebajikan dan juga takwa. Dengan anjuran tersebut, sikap Korsel yang berupaya untuk membantu ekspor alat tes virus corona adalah sikap dalam kebaikan. Dengan memberikan dukungan kepada negara-negara yang kesulitan untuk menghadapi virus corona ini. Semoga wabah ini segera pulih ya, dan kita senantiasa dilindungi dan diberikan kesehatan.


Catatan Kaki:

(1) Surat Al-Maidah Ayat 2

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!