Setelah Rachmawati Soekarno Putri, Siapa Lagi? Saatnya Negeri Mawas Diri

0
29
Rachmawati Soekarno Putri

Rachmawati Soekarno Putri – Beberapa hari yang lalu, bumi pertiwi kembali mendapat kabar duka dari kematian Rachmawati Soekarno Putri, adik dari Ibu Megawati. Beliau meninggalkan dunia yang fana ini juga karena setelah terpapar virus Covid – 19. Memang, kasus penyebaran Covid – 19 meningkat tajam sehingga banyak menyasar setiap elemen masyarakat.

Sobat Cahaya Islam, kematian Rachmawati Soekarno Putri bisa saja umat alami lainnya. Sebab, keganasan virus ini setelah satu tahun semakin menjadi. Tentu, ulasan ini bukan dalam rangka menakuti. Namun, agar umat dapat semakin mawas diri.

Bagaimana Cara Umat Agar Tak Mendapat Kasus serupa Dengan Rachmawati Soekarno Putri?

Rachmawati Soekarno Putri

Sobat Cahaya Islam, terpapar dengan covid-19 bukanlah hal nista. Sehingga tak perlu orang – orang memiliki stigma negatif terhadap si korban. Tentu saja, meningkatnya penyebaran virus ini bukan sebuha harapan. Sebab, fitrah manusia yakni tidak menyukai yang namanya musibah maupun bencana.

Sehingga, terpapar atau tidaknya merupakan takdir dari Allah SWT. Hanya saja, yang perlu umat waspadai yakni aktivitas yang dapat ia pilih. Misalnya, dengan senantiasa ikut menerapkan dan menjaga protokol kesehatan.

Sehingga tingkat penularannya dapat tereduksi. Selain itu, umat juga perlu untuk senantiasa meningkatkan imunitas dalam tubuh. Tidak hanya sekedar dengan suplemen namun juga dengan makanan dan minuman yang mengandung berbagai vitamin yang umat butuhkan.

Namun nampaknya umat yang menyadari urgensitas akan penjagaan protokol kesehatan sangatlah minim. Kemungkinan terbesar yang menyebabkan umat tak menjaga selain faktor kebutuhan juga faktor kepercayaan terhadap teori konspirasi.

Hari ini, umat dapat melihat begitu banyak fakta orang – orang yang masih menantang ada di ruas jalanan, warung maupun tempat wisata. Selain itu, ketidakpercayaan umat terhadap penyebaran virus covid -19 bisa jadi sebab terlalu jenuh dengan berbagai kebijakan yang ada namun pandemi tak segera usai.

Tips Agar Diri Bisa Tetap Sehat Selama Pandemi

Rachmawati Soekarno Putri

Khawatir dan takut akan pandemi boleh, namun ketakutan tersebut tak boleh menjadikan umat lepas kendali sehingga lupa akan beberapa aktivitas yang harus terselesaikan. Justru kondisi tersebut bisa menjadi wadah untuk evaluasi diri serta melakukan berbagai aktivitas kebaikan.

Beberapa aktivitas yang dapat umat lakukan yakni dengan menjaga keimanan dalam hati, meningkatkan imunitas tubuh serta menciptakan kebahagiaan sebanyak mungkin. Ketiga aspek tersebut penting untuk umat jalankan secara seimbang agar tak tumpang tindih.

Misal, salah satu hal yang dapat meningkatkan keimanan yakni dengan belajar mengaji serta menghafal Alqur’an. Tentu hal tersebut adalah hal yang sangat umat cintai bukan?

Kemudian, umat juga dapat meningkatkan imunitas dengan cara mengkonsumsi buah dan makanan yang mengandung beberapa vitamin serta protein. Sedangkan kebahagiaan, hal ini tergantung umat itu sendiri asalkan tidak bertentangan dengan syariat.  Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala melalui hadits Rasulullah SAW yakni :

اَ بَأْسَ بِالْغِنَى لِمَنِ اتَّقَى وَالصِّحَّةُ لِمَنِ اتَّقَى خَيْرٌ مِنَ الْغِنَى وَطِيبُ النَّفْسِ مِنَ النِّعَمِ

“Tidak mengapa seseorang itu kaya asalkan bertakwa. Sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kaya. Dan hati yang bahagia adalah bagian dari nikmat.” (HR. Ibnu Majah no. 2141 dan Ahmad 4/69, shahih kata Syaikh Al Albani)

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai kematian Rachmawati Soekarno Putri serta beberapa tips yang dapat umat lakukan untuk bertahan hidup di masa pandemi. Semoga beliau beserta umat – umat terdahulu yang telah mendahului mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan tempat terbaik di Sisi RabbNya, Allah Ta’ala. Aamin Yarobbal ‘Alamin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY